Barang Hilang di JNE, Klaim Asuransi dari Tokopedia Sudah Sebulan Belum Juga Cair

Tanggal 12 Maret 2019, saya melakukan transaksi pembelian handphone di Tokopedia dengan nomor invoice INV/20190312/XIX/282649943 dan menggunakan pengiriman JNE YES dengan resi 012330073616719 yang dikirimkan hari itu juga setelah transaksi menuju Kota Medan. Menggunakan JNE YES, saya berharap setidaknya barang diterima paling lambat tanggal 14 Maret 2019. Namun sampai tanggal segitu, status resi masih juga DEPARTED FROM TRANSIT [GATEWAY JAKARTA].

Dari situ saya mulai telepon CS JNE berkali-kali untuk mengetahui status pesanan saya. Kemudian pada tanggal 18 Maret 2019, saya ditelepon oleh JNE Pusat Jakarta yang memberitahu bahwa pesanan saya kemungkinan hilang di bandara Jakarta. Dan pada 19 Maret 2019, barang resmi dinyatakan hilang.

Setelah itu, saya dan penjual langsung membuka pusat resolusi dan komplain masalah barang saya yang hilang. Karena saya menggunakan asuransi dari Tokopedia, penjual diberikan waktu sampai 26 Maret 2019 untuk melengkapi data data form klaim, dan sebelum tanggal segitu penjual sudah memberikan form klaimnya. Kemudian setelah form klaim diberikan, Tokopedia segera memproses dan dari perjanjiannya di web, bahwa untuk proses nya 3×24 jam dan seharusnya waktu investigasi asuransi 1×24 jam setelah dokumen klaim diserahkan.

Sudah ditunggu 2 mingguan, informasi dari Tokopedia mengatakan bahwa pencairan dana sedang menunggu konfirmasi dari asuransi. Di situ saya merasa tenang. Namun tiba-tiba saja pada 9 April 2019, Tokopedia mengatakan bahwa pesanan saya masih menunggu surat BAP dari pihak ekspedisi (JNE). Kemudian karena tahu bahwa BAP pesanan saya belum juga selesai, saya komplain melalui twitter ke @JNEcare untuk menanyakan perihal berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurus BAP. Namun informasi yang saya dapatkan dari @JNEcare mengatakan bahwa BAP pesanan saya sudah diberikan dari tanggal 4 April 2019 ke marketplace (Tokopedia) dan di minta untuk mengkonfirmasi lagi ke pihak Tokopedia.

Di situ saya langsung melalui pusat resolusi dan twitter @TOKOPEDIAcare untuk menanyakan tentang proses pencairan dana saya, di mana informasinya masih menunggu BAP dari JNE. Padahal dari JNE sudah mengirimkan dari tanggal 4 April 2019. Bahkan saya kirimkan screenshot informasinya ke Tokopedia. Namun pihak Tokopedia masih ngeyel dan keukeuh mengatakan bahwa mereka MASIH menunggu BAP dari JNE.

Sampai surat ini dibuat (15 April 2019), proses di pusat resolusi masih dengan jawaban robotnya, untuk disuruh menunggu lagi dan masih mengurus BAP nya. Di sini saya merasa sangat amat kecewa dengan sistem Tokopedia. Di mana untuk barang hilang, pencairan dana terkesan berbelit-belit. Dan pembeli diminta untuk menunggu juga proses klaim asuransi yang tidak diberikan estimasi waktunya berapa lama. Mohon konfirmasinya kepada JNE dan terutama TOKOPEDIA untuk masalah pencairan dana saya.

Ririn Permata Sari
Medan – Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Pusat Resolusi Tokopedia:
[Penilaian Rata-rata: 1.9]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

21 komentar untuk “Barang Hilang di JNE, Klaim Asuransi dari Tokopedia Sudah Sebulan Belum Juga Cair

    • 15 April 2019 - (18:16 WIB)
      saya baru saja mengalaminya, paketan yang saya beli via tokped dinyatakan hilang oleh JNE. Saya sudah membuat komplen pembeli dan masuk ke resolusi Tokopedia. Penjualnya sangat tidak responsif. Semoga tokopedia bisa menjadi penengah yang bijak dan tidak merugikan konsumen.
    • 16 April 2019 - (19:38 WIB)
      Terima kasih JNE sudah memberikan waktu dan informasi tentang klaim BAP saya. SEMOGA tidak kejadian lagi ke konsumen yang lain. Dan coba periksa pegawai bandara JNE yang mengurus barang ke medan. Karena banyak kehilangan barang di laporkan dari jakarta menuju medan.
  • 15 April 2019 - (14:12 WIB)
    Lagi-lagi terjadi kasus seperti ini penangannya bertele-tele. Tidak ada koordinasi yg baik antara tokopedia dengan jasa pengiriman. Saling lempar alasan. Dimana tanggungjawab kedua belah pihak. Lagi-lagi konsumen yg rugi waktu dan materi.
    KOK Barang bisa hilang. Dimana profesionalisme dan pengawasan jasa pengiriman. Tidak bisa menjaga barang.
  • 15 April 2019 - (14:16 WIB)
    Pernah punya pengalaman serupa ini ketika beli HP di Shopee. Setelah seminggu status di JNE gak juga bergerak, sy komplain ke JNE via Twitter. Seminggu kemudian JNE declare barang tsb “lost by system”. Beberapa hari kemudian, JNE melakukan penggantian langsung ke seller. Setelah itu Shopee memproses pengembalian dana ke saya. Ini kok Tokopedia ribet banget urusannya? Apa mereka pake asuransi dari pihak ketiga? 🤔
    • 15 April 2019 - (16:57 WIB)
      Tokopedia sekarang menggunakan asuransi dari Tokio Marine, kak. Pembeli dan penjual tidak diperbolehkan memakai asuransi dari ekspedisi. Makanya jadi bertele tele karena pihak tokopedia menunggu BAP jne lagi, abis itu ngasih ke tokio marine. Kalo ga jelas, mereka balik lagi minta BAP.
      • 16 April 2019 - (07:48 WIB)
        kebetulan yang sama bangeud ya, saya pun pesan hp dari market di tokped dan minta dikirim ke kerabat di belawan, medan. Sampe 4 hari status paketan tetap Departed from transit ( Gateway Jakarta. ) dan hari ke 8 dinyatakan ” HILANG “. Sekarang sedang ada di resolusi tokopedia. Membaca surat kaka di media konsumen ini, jadi bertanya koq bisa sebesar Tokopedia gak punya sistem yang memudahkan uang kita di kembalikan. Bertele2 bangeud.
        • 16 April 2019 - (19:37 WIB)
          Dengar-dengar dari seller toko handphone tempat saya beli bilang kalo pengiriman JNE ke medan memang sering hilang, mas. Dalam kasus saya toko berasal dari jakarta. Bahkan penjual juga mengatakan bahwa mereka beberapa kali mengalami kehilangan barang menuju ke medan. Kemungkinan orang JNE untuk mengurus barang ke medan di bandara jakarta rada “nakal”.
          Saya sarankan masnya untuk push JNE tentang kapan BAP kehilangan dan BAP kepolisiannya di minta. Jadi biar lebih tau informasi tentang klaim asuransi mas.
  • 16 April 2019 - (19:44 WIB)
    UPDATE!
    Pencairan dana sudah selesai pada tanggal 16 april 2019. Satu bulan lebih 4 hari.
    Terima kasih banyak JNE sudah membantu informasi saya, walaupun saya juga kecewa berat barang saya bisa bisa nya hilang tak tau dimana. Ini pelajaran buat saya untuk tidak lagi sembarangan mengirimkan barang yang mahal ke JNE 🙂
    Terima kasih juga Tokopedia yang sudah “menabung” uang saya selama sebulan ini, dengan kesabaran yang sangat tinggi dikarenakan tidak ada nya call center dan jawaban yang itu-itu saja di pusat resolusi dan twitter nya. Walaupun untuk pencairan dana nya saya acungi jempol karena saya dapat info pagi untuk pencairan dananya, dan siang dana sudah masuk ke saldo bank saya.
    Sekali lagi, terima kasih Tokopedia dan JNE. Mohon tingkatkan kenyamanan konsumen kedepannya agar tidak terjadi peristiwa seperti apa yang saya alami, yaitu menunggu 1 bulan lebih untuk pergantian duitnya.

    CASE CLOSED.

    • 16 April 2019 - (20:13 WIB)
      waw, tokped beneran ribet. Proses pengembalian dana saja sampai satu bulan 4 hari dengan penjual yang juga aktif. Seller tempat saya beli handphone via tokped, slow respon bangeud, ka, dichat cuma bisa jawab ” oke ” & ” ya ” saja. Gemez!
      • 16 April 2019 - (20:23 WIB)
        Memang utk marketplace ini jika tidak dibuatkan surat pembaca atau di share ke twitter , , @hak_bersuara. Mka ybs tetap bergeming. Sampai2 ada Hashtag #KorbanTokopedia
      • 16 April 2019 - (22:35 WIB)
        Selagi penjual sudah memberikan berkas klaim barang kehilangan, sepertinya tugas penjual juga menunggu. Walaupun kita sebagai pembeli juga inginnya penjual mempush tokopedia juga agar segera mencairkan dananya.
        Semoga mas dananya bisa segera cair juga,ya. Saya sarankan mas untuk buat surat pembaca mediakonsumen juga sepertinya. Karena proses saya jadi lebih cepat. Saya gatau emang ini ada hubungannya karena saya mempublikasi masalah saya di media konsumen, atau memang waktunya pencairan dana saya untuk keluar. Karena tanggal 15 april, pesan terakhir sebelum pengembalian dana adalah “menunggu BAP dari asuransi”.
  • 16 April 2019 - (22:36 WIB)
    Dan terimakasih sebanyak banyaknya kepada media konsumen yang sudah mempublikasi keluh kesah saya tentang Tokopedia dan JNE.
    • 3 Mei 2019 - (07:00 WIB)
      Halo Mbak Ririn, saya mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang sedang melakukan studi mengenai kehilangan barang yang dibeli melalui aplikasi Tokopedia oleh jasa pengiriman barang. Apakah Mbak Ririn bersedia untuk diwawancarai mengenai kasus yang telah diceritakan? Terima kasih sebelumnya.
    • 7 Juli 2019 - (20:37 WIB)
      Halo Kak Ririn, saya mahasiswi Fakultas Syariah dan Hukum Uinsu yang sedang melakukan studi atas asuransi tokopedia. Apakah kak ririn bersedia saya wawancarai juga mengenai kasus yang diceritakan? Terimakasih sebelumnya kak.
  • 11 Mei 2019 - (18:15 WIB)
    wah, persis ni ceritanya,
    tgl 25apr19, saya beli 2 paket shopee, 2paket tokopedia, hanya 1paket tokopedia yg berisi handphone yang hilang, dengan cerita yang sama dengan Mbak Ririn Permata Sari.

    hari ini tgl 11may19 resolusi tkpd :
    Hai Toppers, Dengan senang hati kami bantu cek kendala ini karena tidak ada yang tekan tombol “Minta Bantuan”. Mohon maaf kami sampaikan kepada kedua pihak. Kami baru saja menerima BAP kehilangan dari JNE sehingga kendala tidak kami tutup terlebih dahulu. Saat ini klaim sudah dalam proses pengecekan lebih lanjut oleh pihak asuransi kami. Harap kesediaan kedua pihak menunggu hingga proses klaimnya selesai. Kami akan segera infokan pada diskusi ini apabila sudah ada perkembangan. Tekan “Minta Bantuan” untuk perkembangan selanjutnya. Terima kasih, Tim Tokopedia Care.

    padahal tgl 10may19 uda dinyatakan
    Hai Toppers, Dengan senang hati kami bantu cek kendala ini. Mohon maaf atas keterlambatan penyelesaian kendalanya. Karena saat ini sudah melebihi batas waktu investigasi Pembuatan BAP. Maka dari itu kami akan bantu tutup kendala ini dengan penerusan dana kepada Penjual dan penggantian dana ke saldo Tokopedia Pembeli senilai Rp 1.732.000‬ Proses penggantian dana tersebut akan diproses maksimal 3×24 jam di hari kerja setelah kendala ini ditutup sehingga Pembeli bisa menunggu terlebih dahulu serta cek saldo Tokopedia secara berkala. Kami akan memberikan batas waktu penyelesaian kendala ini pada 13 May 2019 pukul 09.00 WIB dengan solusi penerusan dana kepada Penjual dan penggantian dana ke saldo Tokopedia Pembeli. Terima kasih. Tim Tokopedia Care.

  • 11 Mei 2019 - (18:25 WIB)
    Tanggal 25 apr 2019, saya melakukan transaksi pembelian handphone di Tokopedia dengan nomor invoice INV/20190425/XIX/IV/303133843 dan menggunakan pengiriman JNE YES dengan resi 010230091577119 yang dikirimkan hari itu juga setelah transaksi menuju Kota Medan. Menggunakan JNE YES, saya berharap setidaknya barang diterima paling lambat tanggal 26 apr 2019.
    Namun sampai tanggal segitu, status resi masih juga DEPARTED FROM TRANSIT [GATEWAY JAKARTA].

    persis nih, beda tanggal aja, dan isinya handphone redmi 7

  • 27 Juni 2019 - (10:56 WIB)
    selamat siang mba ririn ijin mau bertanya saya ada kasus serupa tp bedanya pengiriman via gojek.. sudah masuk ke komplain diskusi tp masih proses asuransi..
    pada komplain itu saya memilih opsi pengiriman ulang barang tersebut dan pertanyaannya apa bisa saya merubah opsi dari pengiriman ulang barang jadi pengembalian uang? dan kalo bisa prosesnya brp lama ya? terimakasih

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Tokopedia?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Barang Hilang di JNE, Klaim Asuransi dari Tokopedia Sudah Sebulan Belu…

Ririn Permata Sari 2 menit
21