Kecewa Belanja iPhone XS di Blibli.com, Garansi 15 Hari Hanya “Gimmick”

Saya kecewa belanja di Blibli, karena tidak merasa dilindungi sebagai konsumen yang dirugikan oleh produk yang dijual di Blibli. Saya membeli handphone iPhone XS pada tanggal 28 April 2019 dengan nomor pesanan 12028625479. Saya sudah membaca-baca laman diskusi yang menerangkan bahwa iPhone dalam kondisi baru dengan kondisi masih terbungkus segel resmi dari Apple yaitu segel greenpeel. Beberapa pembeli menanyakan hal itu kepada Blibli bahwa dalam kondisi segel greenpeel, dan diberi keterangan saja.

Saya juga membaca beberapa ulasan pembeli sebelumnya, bahwa mereka membeli iPhone XS ada yang kondisi bekas dengan garansi yang sudah mau habis. Saya ketar-ketir akan hal itu, tapi saya percaya e-commerce sebesar Blibli bisa melindungi konsumennya dengan baik, apalagi dengan tagline-nya garansi 15 hari kerja.

Pada hari itu saya memutuskan untuk membeli produk iPhone XS, karena tertarik juga dengan promo diskon 5% pada hari itu. Saya belilah produk tsb dengan saya kasih keterangan bahwa produk baru segel greenpeel. Prosesnya lama ternyata, dari waktu 2 hari kerja yang diberikan Blibli untuk proses barang ke status dikirim, ternyata melebihi estimasi tsb. Lebih dari 2 hari kerja statusnya, masih belum berubah dari proses ke dikirim.

Saya sudah follow up agar barang dikirim secepatnya, karena akan dibawa ke luar kota juga. Tiga kali saya follow up hanya dijanjikan akan ditindaklanjuti terus, sampai akhirnya barang saya terima terlambat. Saya berekspektasi tinggi atas barang yang akan saya terima, tapi saya juga berharap kejadian pembeli yang lain menerima iPhone XS yang tidak sesuai, tidak terjadi di saya.

Saya bukalah paketnya, sambil saya videoin buat jaga-jaga. Alangkah terkejutnya ternyata iPhone XS yang saya pesan sudah terbuka segelnya, dan dengan packing yang kurang aman, tidak dengan kayu selayaknya barang elektronik lainnya untuk mencegah terhadap benturan di kargo, kardusnya juga penyok.

Sungguh saya kecewa dengan apa yang saya dapat. Sudah menungguh lama dan tidak bisa digunakan pada waktu yang diharapkan karena akan dibawa luar kota, iPhone XS yang saya terima tidak sesuai dengan kondisinya, yaitu baru dan segel greenpeel. Karena kesibukan kerja, jadi saya masih menunda pengajuan pengembalian barang yang dikasih garansi sampai 15 hari kerja. Saya baru ajukan tanggal 10 Mei 2019, dengan pengajuan kembali langsung saya antarkan ke gudangnya dengan janjinya 30 menit solusi.

Nyatanya saya menunggu 1.5 jam lebih belum ada solusi, dan akhirnya saya pulang. Saat saya pulang itu juga belum ada solusi, diberitahu 3 hari kerja akan diberi solusi. Saya tunggu 3 hari kerja, ternyata 3 hari kerja lebih juga belum ada solusi. Akhirnya pada tanggal 18 Mei 2019 saya dapat kabar bahwa barang yang dikirim sudah sesuai. Padahal barang yang saya terima tidak sesuai. Saya lampirkan juga bukti video waktu buka packingnya, kalau sudah bukaan gitu kardusnya. Apa Blibli jamin 100% yang di dalamnya masih 100% original termasuk aksesoris yang ada? Apalagi sekarang kualitas KW sudah 11-12 dan susah dibedakan oleh orang awam. Wong janjinya 15 hari garansi aja tipu-tipu.

Saya adalah pelanggan setia di Blibli dgn dibuktikan mencapai tier premier dan sedikit lagi sudah mencapai level infinite member. Saya double-double kecewa dengan Blibli, perlindungan konsumen buruk, quality check-nya juga buruk, kapok deh belanja di Blibli. Apalagi kalo handphone, beberapa handphone yang dijual di Blibli dengan label baru tapi ada yang kondisi seken/refurbish yang saya baca di ulasan-ulasan pembeli yang lain. Jangan tertarik juga dengan gimmick promo, karna iPhone XS yang saya beli itu seharga Rp15.270 juta, sewaktu gak promo harganya jauh lebih murah yaitu 13.8 jutaan saja. Be smart buyer.

Adam Muhammad
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Blibli.com:
[Penilaian Rata-rata: 2]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

Satu komentar untuk “Kecewa Belanja iPhone XS di Blibli.com, Garansi 15 Hari Hanya “Gimmick”

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli.com?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Kecewa Belanja iPhone XS di Blibli.com, Garansi 15 Hari Hanya “G…

Adam Muhammad 2 menit
1