JNE YES Terlambat Lagi untuk Ke-7 Kalinya dan Makin Tidak Profesional

Saya sudah lama menggunakan online shopping dari berbagai situs, baik dalam dan luar negeri, dan sering bermasalah dengan pengiriman menggunakan kurir JNE. Dari semua kurir, menurut saya JNE yang paling parah. Sudah 7 kali saya komplain ke JNE karena JNE YES terlambat. Itu baru komplain yang lewat email. Masih ada komplain lain lewat telepon entah berapa kali sudah, dan ada yang tidak saya komplain karena malas berurusan dengan JNE. Asal barangnya bukan makanan basah yang cepat rusak dan keterlambatannya tidak menghambat urusan saya, kalau JNE YES cuma terlambat 1 biasanya saya diamkan.

Namun semakin lama semakin parah saja, padahal tarif JNE YES sudah naik 27% lebih tahun ini, lebih mahal dari TIKI ONS, padahal tarif reguler tidak ada kenaikan. Dengan kenaikan tarif sebanyak ini, masuk akal kan kalau sebagai konsumen saya mengharapkan perbaikan pelayanan.

Pada tanggal 24 Mei 2019, saya membeli kulit siomay dari salah satu seller Tokopedia di Jakarta. Karena saya di Surabaya, tidak ada pengiriman instant dengan Gojek/Grab jadi saya memilih pengiriman JNE YES, dikarenakan penjual tidak memberi pilihan pengiriman dengan TIKI ONS. Kulit siomay ini harus dikirim dengan pengiriman sehari sampai karena mudah rusak bila terlalu lama diluar lemari es.

Hari itu juga pesanan saya dikirim oleh seller. Seharusnya dengan JNE YES kalau dikirim tanggal 24 Mei, tanggal 25 Mei sudah sampai kan. Tetapi sampai jam 7 malam tanggal 25 Mei masih belum sampai. Akhirnya jam 19.21 WIB saya menelepon call center JNE di nomor: (021) 2927 8888 untuk menanyakan status kiriman tersebut karena saya cek tracking online, status terakhirnya masih “Departed from Transit Gateway Jakarta – 01.37” (terlampir). Itu sudah hampir 18 jam berlalu tidak ada update tracking.

Memangnya dikirim pakai apa paketnya? Pesawat 1 jam Jakarta-Surabaya sudah sampai. Lewat jalan darat pun sekarang dengan tol Jakarta-Surabaya hanya 12 jam. Ini kan keterlaluan. CS Renau hanya bisa minta maaf dan mengatakan batas pengiriman JNE YES jam 23.59 WIB. Jadi masih ada waktu. Ya sudah, saya suruh pastikan dikirim kemaren sebelum jam 23.59 WIB. Saya sudah pesan ke CS supaya tidak bel pintu karena sudah malam. Kalau kurir sampai, tolong telepon HP saya, nanti saya keluar ambil barangnya.

Jam 19.50 saya mendapat SMS dari nomor HP tanpa nama (terlampir), bahwa paket JNE saya tersebut akan dikirim, mohon menunggu. Sudah saya jawab OK.

Kemudian jam 20.55 ada telepon dari call center JNE Jakarta (021) 2985 8333 bahwa keluhan sudah ditindaklanjuti dan status paket akan terus dipantau agar sampai hari itu juga. CS tersebut juga menanyakan apakah ada pihak JNE yang menghubungi sebelumnya, saya jawab hanya ada SMS terseut di atas.

Saya tunggu hingga jam 22.48 WIB belum ada perkembangan apapun, maka saya reply SMS tadi untuk menanyakan kenapa belum dikirim juga. Tidak ada tanggapan.

Ternyata paket saya dikirm tanggal 26 Mei jam 01.05 dini hari, sambil bel pintu rumah saya berkali-kali, padahal sudah melewati waktu yang disepakati, yaitu jam 23.59, sehingga banyak orang rumah saya yang terbangun. Padahal saya sudah pesan supaya telepon dan jangan bel. Ini tidak sopan sekali ya.

Tiap kali saya komplain JNE YES terlambat, JNE selalu menjanjikan refund, tetapi tiap kali saya mau klaim refund, sering dijawab harus pengirim yang komplain. Nah ini kan aneh, karena selaku pembeli dari toko online, yang membayar ongkir adalah saya selaku penerima. Pengirim jelas tidak mau mengajukan komplain, karena kalau banyak pembeli yang komplain, waktu penjual akan habis untuk mengurus komplain dan mentransfer uang refund ke pembeli.

Kalau memang niat memberi refund, ya langsung saja ke penerima, dengan komplain dari pihak penerima. Tidak usah dibuat ruwet, kecuali JNE memang mau ingkar janji dan tidak menyelesaikan tanggung jawabnya. Padahal selain kerugian ongkir, saya masih rugi waktu untuk komplain dan kerusakan bahan makanan pesanan saya.

Mohon tanggapannya. Terima kasih.

Grace Tanudjaja
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai JNE Express:
[Penilaian Rata-rata: 2.3]
Tanggapan JNE atas Surat Ibu Grace Tanudjaja

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 26 Mei 2019 berjudul “JNE YES Terlambat Lagi untuk...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “JNE YES Terlambat Lagi untuk Ke-7 Kalinya dan Makin Tidak Profesional

  • 27 Mei 2019 - (01:10 WIB)
    Setahu saya memang ada persyaratan bahwa klaim YES mesti dilakukan oleh pengirim.
    Jadi jelas dalam konteks online shopping, boleh dikata gak berguna sama sekali opsi klaim YES tersebut. Buyer yang memilih pengiriman YES = hoki2an berharap “minimal lebih diprioritaskan dibanding reguler.” Sukur2 bener2 1 hari, tapi kalau kelewat, yah harus lapang dada alias gak ada kompensasi apa pun…

    Saya juga kemarin YES Sby-Mlg 2 hari. Saya syukuri saja bahwa barang pembelian saya tidak hilang & sampai dengan utuh.
    Kalau bahan makanan memang bisa runyam.

    Btw, tuh dibalas, diminta bawa KTP pengirim. Good luck aja minta KTP nya si seller wkwkwkwk.

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

JNE YES Terlambat Lagi untuk Ke-7 Kalinya dan Makin Tidak Profesional…

Grace Tanudjaja 2 menit
6