JNE YES Terlambat Lagi untuk Ke-7 Kalinya dan Makin Tidak Profesional

Saya sudah lama menggunakan online shopping dari berbagai situs, baik dalam dan luar negeri, dan sering bermasalah dengan pengiriman menggunakan kurir JNE. Dari semua kurir, menurut saya JNE yang paling parah. Sudah 7 kali saya komplain ke JNE karena JNE YES terlambat. Itu baru komplain yang lewat email. Masih ada komplain lain lewat telepon entah berapa kali sudah, dan ada yang tidak saya komplain karena malas berurusan dengan JNE. Asal barangnya bukan makanan basah yang cepat rusak dan keterlambatannya tidak menghambat urusan saya, kalau JNE YES cuma terlambat 1 biasanya saya diamkan.

Namun semakin lama semakin parah saja, padahal tarif JNE YES sudah naik 27% lebih tahun ini, lebih mahal dari TIKI ONS, padahal tarif reguler tidak ada kenaikan. Dengan kenaikan tarif sebanyak ini, masuk akal kan kalau sebagai konsumen saya mengharapkan perbaikan pelayanan.

Pada tanggal 24 Mei 2019, saya membeli kulit siomay dari salah satu seller Tokopedia di Jakarta. Karena saya di Surabaya, tidak ada pengiriman instant dengan Gojek/Grab jadi saya memilih pengiriman JNE YES, dikarenakan penjual tidak memberi pilihan pengiriman dengan TIKI ONS. Kulit siomay ini harus dikirim dengan pengiriman sehari sampai karena mudah rusak bila terlalu lama diluar lemari es.

Hari itu juga pesanan saya dikirim oleh seller. Seharusnya dengan JNE YES kalau dikirim tanggal 24 Mei, tanggal 25 Mei sudah sampai kan. Tetapi sampai jam 7 malam tanggal 25 Mei masih belum sampai. Akhirnya jam 19.21 WIB saya menelepon call center JNE di nomor: (021) 2927 8888 untuk menanyakan status kiriman tersebut karena saya cek tracking online, status terakhirnya masih “Departed from Transit Gateway Jakarta – 01.37” (terlampir). Itu sudah hampir 18 jam berlalu tidak ada update tracking.

Memangnya dikirim pakai apa paketnya? Pesawat 1 jam Jakarta-Surabaya sudah sampai. Lewat jalan darat pun sekarang dengan tol Jakarta-Surabaya hanya 12 jam. Ini kan keterlaluan. CS Renau hanya bisa minta maaf dan mengatakan batas pengiriman JNE YES jam 23.59 WIB. Jadi masih ada waktu. Ya sudah, saya suruh pastikan dikirim kemaren sebelum jam 23.59 WIB. Saya sudah pesan ke CS supaya tidak bel pintu karena sudah malam. Kalau kurir sampai, tolong telepon HP saya, nanti saya keluar ambil barangnya.

Jam 19.50 saya mendapat SMS dari nomor HP tanpa nama (terlampir), bahwa paket JNE saya tersebut akan dikirim, mohon menunggu. Sudah saya jawab OK.

Kemudian jam 20.55 ada telepon dari call center JNE Jakarta (021) 2985 8333 bahwa keluhan sudah ditindaklanjuti dan status paket akan terus dipantau agar sampai hari itu juga. CS tersebut juga menanyakan apakah ada pihak JNE yang menghubungi sebelumnya, saya jawab hanya ada SMS terseut di atas.

Saya tunggu hingga jam 22.48 WIB belum ada perkembangan apapun, maka saya reply SMS tadi untuk menanyakan kenapa belum dikirim juga. Tidak ada tanggapan.

Ternyata paket saya dikirm tanggal 26 Mei jam 01.05 dini hari, sambil bel pintu rumah saya berkali-kali, padahal sudah melewati waktu yang disepakati, yaitu jam 23.59, sehingga banyak orang rumah saya yang terbangun. Padahal saya sudah pesan supaya telepon dan jangan bel. Ini tidak sopan sekali ya.

Tiap kali saya komplain JNE YES terlambat, JNE selalu menjanjikan refund, tetapi tiap kali saya mau klaim refund, sering dijawab harus pengirim yang komplain. Nah ini kan aneh, karena selaku pembeli dari toko online, yang membayar ongkir adalah saya selaku penerima. Pengirim jelas tidak mau mengajukan komplain, karena kalau banyak pembeli yang komplain, waktu penjual akan habis untuk mengurus komplain dan mentransfer uang refund ke pembeli.

Kalau memang niat memberi refund, ya langsung saja ke penerima, dengan komplain dari pihak penerima. Tidak usah dibuat ruwet, kecuali JNE memang mau ingkar janji dan tidak menyelesaikan tanggung jawabnya. Padahal selain kerugian ongkir, saya masih rugi waktu untuk komplain dan kerusakan bahan makanan pesanan saya.

Mohon tanggapannya. Terima kasih.

Grace Tanudjaja
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan JNE atas Surat Ibu Grace Tanudjaja

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 26 Mei 2019 berjudul “JNE YES Terlambat Lagi untuk...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “JNE YES Terlambat Lagi untuk Ke-7 Kalinya dan Makin Tidak Profesional

    • 10 Januari 2021 - (08:28 WIB)
      Permalink

      ****** mana bisa minta ktp sama resi pengirim jaraknya aja jauh,
      Terus klo ada kehilangan barang yg disuruh ganti pegawai jne nya ,kasihan padahal mereka cuma pekerja upahan,terus gunanya uang asuransi itu buat apa??? Pembohongan publik dgn modus asuransi yg disuruh ganti para pegawainya,klo sy ngerti hukum sy usut modus asuransi di jne atau jnt,,ga ada yg bener

  • 27 Mei 2019 - (01:10 WIB)
    Permalink

    Setahu saya memang ada persyaratan bahwa klaim YES mesti dilakukan oleh pengirim.
    Jadi jelas dalam konteks online shopping, boleh dikata gak berguna sama sekali opsi klaim YES tersebut. Buyer yang memilih pengiriman YES = hoki2an berharap “minimal lebih diprioritaskan dibanding reguler.” Sukur2 bener2 1 hari, tapi kalau kelewat, yah harus lapang dada alias gak ada kompensasi apa pun…

    Saya juga kemarin YES Sby-Mlg 2 hari. Saya syukuri saja bahwa barang pembelian saya tidak hilang & sampai dengan utuh.
    Kalau bahan makanan memang bisa runyam.

    Btw, tuh dibalas, diminta bawa KTP pengirim. Good luck aja minta KTP nya si seller wkwkwkwk.

  • 6 Agustus 2019 - (00:16 WIB)
    Permalink

    @jne-customer-care Telat Lagi, barang statusnya udh Shipment dari hari minggu jam 11, sampai detik inipun masih belum ada perkembangan, udah komplain 2 kali dan tetap tidak ada hasil. Padahal cuma jarak JKT-Tangerang. Pas kirim hari sabtu malam pake jasa reguler malah sudah sampai di hari minggu.. Gunanya JNE YES apa dong jadinya??
    Mantap memang.
    Terima Kasih JNE Yes.

  • 10 Mei 2020 - (16:18 WIB)
    Permalink

    Saya juga beberapa kali mengalami hal serupa. Kalo pengiriman Sabtu-Minggu ke alamat Kantor, pasti keterangannya kantor kosong (padahal ada piket 24 jam di tiap lantai, 4 pintu masuk ada penjagaan. Alamat ke rumah juga begitu, keterangan tracking: rumah kosong. Telpon ke CS selalu dibilang: akan diantar. Endingnya selalu diantar Senin siang minggu berikutnya.

    Kejadian terakhir: pesan barang ke tokopedia jumat 8 Mei 2020, dari Jakarta utara ke jakarta pusat. Pengakuan seller sdh diserahkan ke JNE (harga NEXT DAY) Jumat siang. Tapi setelah ditracking terlihat diinput Sabtu dini hari 00.36 (resi 011430252427520). Tracking di tokopedia dan di JNE tracking hasilnya beda. Ada yg bilang: Sabtu siang; proses pengiriman kurir, tapi di tracking resi; forward ke jakarta sabtu malam,,, Masyaallah, percuma bayar mahal2 pake JNE NEXT DAY. Yg jelas sekarang sudah Minggu sore 10 Mei 2020 barang belum diantar. Sy hampir yakin barang akan diantar Senin siang, seperti biasa.
    Nyesal juga pake JNE lagi, sayangnya di opsi seller tidak ada provider lain yg 1 hari. Padahal pengiriman yg sama pake TIKI dari Garut Jumat jam 10 pagi, nyampe Jakpus Sabtu jam 10 pagi.

    • 5 Mei 2021 - (13:33 WIB)
      Permalink

      Persis.. pakai YES jakarta ke jakarta, terlambat dong.. katanya rumah/toko tutup.. HAHAHA.. itu alamat proyek yg on 24jam ramai orang… security 24/7 on.

      Kegoblokan JNE ini terulang lagi hari ini.. udah lama saya ga pernah pakai JNE, ini terpaksa pakai karena seller hanya kasih opsi JNE.. dan setelah berbulan2 ga pernah pakai JNE.. ternyata masih aja goblok team nya..

  • 26 Mei 2021 - (18:38 WIB)
    Permalink

    saya sangat kecewa ya sudah mempercayakan jne yes ini kirim bahan makanan ttp saja telat. jkt-jogja 24 jam ga nyampe2, jalur darat aja 8-12 jam sampai, apa lagi pake pesawat ya 2-5 jam. Ini nyatanya sampe skrg blm diterima. parah sekali.

  • 11 November 2022 - (17:10 WIB)
    Permalink

    Saya juga amat sangat kecewa sama jne yes, janji 1 hari aja ke bdg, tapi sampainya hampir 2 stgh hari belum sampai.. ga akan pernah lagi pake jne yes !!!

  • 21 Januari 2023 - (18:39 WIB)
    Permalink

    Dah makin parah JNE YES ,2 kali order peake yes telat semua..mending ga usah ada sistem yes lah

    PARAH !!!

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

JNE YES Terlambat Lagi untuk Ke-7 Kalinya dan Makin Tidak Profesional…

oleh Grace Tanudjaja dibaca dalam: 2 menit
13