Tokopedia Melalui Sistemnya Melakukan Pemotongan Saldo Lebih dari Seharusnya

Saya adalah penjual di Tokopedia yang sudah lama berjualan, dari semenjak Tokopedia masih baru release di Indonesia, hingga keadaan saat ini yang telah maju dengan sistem dan kinerja yang canggih. Selama ini saya merasa dan mengira sistem Tokopedia tidak pernah melakukan kesalahan. Namun akhir-akhir ini saya temukan Tokopedia entah sengaja atau tidak melakukan kesalahan. Saya temukan 2 kesalahan pada transaksi saya yaitu

  1. Pemotongan nilai asuransi yang melebihi dari yang pembeli bayarkan dan;
  2. Berat barang yang saya masukkan tidak sesuai dengan pembeli bayarkan (pembeli membayar ongkos kirim lebih murah dari seharusnya) di sini saya dirugikan.

Namun yang akan saya bahas pada surat ini adalah nomor pertama di mana pemotongan nilai asuransi oleh Tokopedia melebihi dari yang dibayarkan oleh pembeli dan telah saya lakukan laporan kepada pihak Tokopedia mengenai kesalahan ini. Dijanjikan 2 hari kerja yang dimana tanggal 11 Juni 2019 adalah waktu seharusnya sudah dikembalikan namun hingga hari ini tanggal 17 Juni 2019, nilai asuransi yang dilakukan kelebihan pemotongan oleh Tokopedia sebesar Rp10,- belum dikembalikan padahal sudah diakui oleh CS Tokopedia ada kesalahan pemotongan (kelebihan pemotongan biaya asuransi).

Saya bukan ingin menjatuhkan Tokopedia namun kalau saya beropini apabila 1 orang terdapat kesalahan pemotongan senilai Rp10,- dan atas kesalahan tersebut tidak dipersoalkan oleh pengguna tersebut, pengguna Tokopedia berapa banyak? 1 juta user? 10 juta user? Apabila banyak user tersebut dikumpulkan dan per satu user di potong Rp10,- berapa besar penghasilan yang didapatkan atas kesalahan yang dilakukan?

Melalui surat terbuka ini saya ingin mengkomplain akan sistem Tokopedia dan internal Tokopedia yang seharusnya lebih cepat tanggap dan menurut saya hal seperti ini tidak perlu memakan waktu lama dengan cara mengulur waktu menggunakan CS yang memiliki template jawaban yang kaku. Tolong dapat diperbaiki dan diselesaikan atas masalah ini.

Handy
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Penilaian Rata-rata: 4]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Tokopedia Melalui Sistemnya Melakukan Pemotongan Saldo Lebih dari Seharusnya

  • 18 Juni 2019 - (19:04 WIB)
    Hahaha SISTEM CANGGIH nya kok ternyata bisa salah juga?

    Ini untung2an ada bukti nyata terang & jelas, sehingga (terpaksa?) harus mengakui ada error di SISTEM CANGGIH nya. Tapi itu pun follow up nya di-tunda2 & sudah lewat jangka waktu yang DIJANJIKAN & DITETAPKAN SENDIRI secara sukarela.

    Bandingkan dengan kasus2 yang kebanyakan muncul di sini, SISTEM memutuskan bahwa ada pelanggaran s&k lah, gestun lah, usaha mencari keuntungan lah, tapi sayangnya bukti yang diminta oleh konsumen “tidak bisa” diberikan karena sistem lah, internal lah, dsb.

    Bagaimana tidak dibilang arogan?
    Cuma yah memang sebagai pengguna bebas sih, mau pakai tokopedia dengan SISTEM nya yang super canggih & tidak bisa salah (katanya), atau pakai platform lain.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Melalui Sistemnya Melakukan Pemotongan Saldo Lebih dari Seha…

Bapuk's Motor 1 menit
1