Hati-hati dengan Pembajakan Kartu Kredit di Bukalapak

Pada tanggal 18 April 2019 saya dikejutkan oleh adanya e-mail notifikasi dari Kartu Kredit Bank BRI, terkait dengan adanya transaksi di BUKALAPAK sebesar Rp4.822.000 dengan menggunakan Kartu Kredit BRI Mastercard saya. Transaksi ini terjadi tanpa adanya notifikasi OTP (One Time Password) yang masuk ke HP saya.

Pada tanggal yang sama saya langsung menghubungi Call Centre Kartu Kredit BRI untuk melaporkan kejadian tersebut, dan dari pihak Kartu Kredit BRI telah dilakukan pemblokiran Kartu Kredit saya. Kemudian saya disuruh membuat laporan sanggahan transaksi tersebut, yang akan membutuhkan waktu investigasi selama 20 hari kerja.

Setelah itu pada tanggal yang sama juga, saya menghubungi CS BUKALAPAK dan melaporkan kejadian tersebut. Pihak CS BUKALAPAK menginformasikan bahwa laporan saya akan ditindaklanjuti dan pihak CS BUKALAPAK juga menyuruh saya untuk selalu mengecek e-mail guna untuk mengetahui perkembangan terkait dengan laporan saya yang akan diinformasikan melalui e-mail.

Kemudian pada tanggal 19 April 2019 jam 12.08 WIB saya menerima e-mail dari CS Anti Fraud BUKALAPAK, dimana pihak BUKALAPAK menyatakan bahwa pihak BUKALAPAK memohon maaf atas ketidaknyamanan terkait terbajaknya Kartu Kredit BRI saya, serta menyarankan untuk menghubungi Bank penerbit Kartu Kredit. Pihak BUKALAPAK tidak dapat menjanjikan pengembalian dana karena setelah dilakukan pengecekan, transaksi tersebut sedang dalam proses pengiriman barang dan Bukalapak hanya dapat menonaktifkan akun pihak pelaku.

Pada 20 Juni saya mendapatkan hasil investigasi dari pihak kartu kredit BRI yang menyatakan bahwa saya tetap harus membayar tagihan sebesar Rp4.822.000. Belum selesai permasalahan tersebut, saya dikejutkan lagi dengan adanya dua e-mail notifikasi dari Kartu Kredit Bank BRI terkait adanya dua transaksi di BUKALAPAK pada tanggal 27 April 2019 sebesar Rp6.422.000 dan sebesar Rp6.470.000, dengan menggunakan Kartu Kredit BRI VISA. Transaksi ini juga terjadi tanpa adanya notifikasi OTP (One Time Password) yang masuk ke HP saya.

Selanjutnya saya juga melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Call Centre BRI dan CS BUKALAPAK, dan hingga tulisan ini saya buat masih dalam proses investigasi dari Bank BRI. Yang saya sayangkan dari pihak BUKALAPAK adalah dari ketiga transaksi yang terjadi, tidak satupun SMS kode OTP (One Time Password) yang masuk ke HP saya. Padahal di website BUKALAPAK, di halaman panduan pembayaran dengan kartu VISA/Mastercard tertulis bahwa bukalapak.com menerima pembayaran dengan menggunakan kartu yang mendukung fasilitas keamanan 3-D secure.

Saya juga konfirmasi ke CS BUKALAPAK bahwa pembayaran melalui kartu kredit harus menggunakan kartu yang mendukung 3-D secure. Selain itu saya juga menyayangkan lambatnya proses penanganan fraud kartu kredit di BUKALAPAK.

Saya meminta pihak BUKALAPAK untuk pro aktif dan sigap menindaklanjuti pembajakan kartu kredit BRI saya di BUKALAPAK, dan saya juga meminta pihak BUKALAPAK untuk bertanggungjawab dengan mengembalikan dana yang sudah terdebet di kartu kredit saya.

Slamet Waluyo
Gowa, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Slamet Waluyo

Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat Pembaca di...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Bukalapak?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Hati-hati dengan Pembajakan Kartu Kredit di Bukalapak

oleh Slamet waluyo dibaca dalam: 2 menit
29