Barang dari Tokopedia Hilang via JNE, Satu Bulan Lebih Belum Ada Kabar

Tanggal 22 Mei 2019, saya melakukan transaksi pembelian handphone di Tokopedia menggunakan split bill, yaitu menggunakan cicilan kartu kredit dengan nomor invoice INV/20190522/XIX/V/318998941, dan sisanya dengan transfer tunai dengan invoice INV/20190522/XIX/V/319002037. Pengiriman via JNE dengan nomor resi 470130021784419 tujuan Jayapura.

Pengiriman dari penjual dilakukan tanggal 25 Mei, yang menurutku tidak masalah karena sudah disampaikan penjual sebelumnya. Namun, hingga tanggal 31 Mei saya lacak status pengirimannya stuck di tanggal 27 Mei 2019 DEPARTED FROM TRANSIT [GATEWAY JAKARTA].

Tanggal 3 Juni saya lapor ke call center JNE, katanya dibuatkan tiket dulu dan akan dilakukan pengecekan. Saya tanya penjual, katanya karena masih overload di Jakarta. Oke, saya tunggu lagi beberapa hari. Tanggal 11 Juni saya lapor ke call center JNE lagi, katanya tiket saya sebelumnya ditutup, tanpa sepengetahuan saya, dan tanpa penyelesaian, tiba-tiba tiket ditutup dan harus buat tiket ulang.

Dari situ saya merasa ada yang tidak beres, saya mulai hubungi penjual dan disarankan agar saya membuat komplain ke Tokopedia dengan solusi ‘Cek Kurir’. Selang seminggu, jawaban yang saya dapatkan masih sama yaitu dalam proses investigasi. Saya pikir sudah sebulan barang saya tidak kunjung datang, pasti sudah hilang, oleh karena itu saya ganti komplain saya meminta uang saya kembali.

Tanggal 26 Juni (1 bulan 4 hari sejak saya transfer uang), admin Tokopedia mengatakan bahwa barang saya dinyatakan hilang. Dan yang membuat saya heran, hingga hari surat ini dibuat tanggal 29 Juni 2019 saya selalu mendapatkan jawaban yang sama dari Admin Tokopedia bahwa ‘masih dalam proses investigasi dimana keberadaan barangnya’.

Maksud saya kenapa tidak langsung diproses refund, malah terus menjawab dengan hal yang sama bahwa masih dalam proses investigasi?

Saya sangat berharap tim Tokopedia bisa lebih cepat menangani masalah ini. Uang yang saya transfer tidak sedikit buat saya, dan saya sangat butuh untuk membeli handphone baru.

Sabda Untajana
Jayapura, Papua

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia dan JNE Express:
[Total:3    Rata-Rata: 1/5]
Tanggapan JNE atas Surat Bapak Sabda

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 01 Juli 2019 berjudul “Barang dari Tokopedia Hilang via...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Barang dari Tokopedia Hilang via JNE, Satu Bulan Lebih Belum Ada Kabar

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia dan JNE Express?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Barang dari Tokopedia Hilang via JNE, Satu Bulan Lebih Belum Ada Kabar…

oleh Sabda Untajana dibaca dalam: 1 menit
2