Tagihan Telkom Indihome Dua Kali Dinaikkan Secara Sepihak

Saya adalah konsumen Telkom Indihome untuk paket Dual Play Netizen 2 dengan biaya abonemen sebesar IDR 315,000. Pada tagihan Juni 2019 tiba-tiba tagihan abonemen naik menjadi IDR 355,484 secara sepihak. Saya menghubungi 147 mengenai kendala ini dan dikatakan bahwa masalah tagihan hanya dapat diselesaikan di Plasa Telkom. Pada tanggal 17 Juni 2019, saya ke Plasa Telkom untuk menyelesaikan kesalahan tagihan tersebut.

Menurut staf Plasa Telkom, kenaikan dikarenakan saya ada permintaan upgrade paket, padahal saya sama sekali tidak pernah meminta upgrade paket. Saya minta bukti bahwa saya pernah konfirmasi upgrade paket. Karena tidak bisa menunjukkannya, akhirnya tagihan abonemen saya dikembalikan ke semula sebesar IDR 315,000.

Namun, untuk tagihan bulan Juli 2019 kembali terjadi kenaikan secara sepihak dan kali ini abonemen saya naik lebih besar menjadi IDR 379,501. Pada 5 Juli 2019, saya coba hubungi Telkom Care lewat Facebook Messenger tetapi mereka ngotot mengatakan bahwa saya tetap harus membayar karena ada permintaan upgrade paket. Padahal mereka tidak punya bukti bahwa saya pernah minta atau konfirmasi upgrade paket.

Kemudian saya dipaksa harus bayar dulu agar nanti untuk tagihan bulan Agustus akan dikurangi sebagai penyesuaian kelebihan bayar bulan Juli. Namun, melihat rekam jejak Telkom Indihome yang secara sepihak beberapa kali menaikkan tagihan, apakah para pembaca sekalian bisa percaya bahwa tagihan saya di bulan Agustus akan ada penyesuaian untuk kelebihan bayar bulan Juli ?

Dan sebagai konsumen saya keberatan bila setiap bulan saya harus cuti kerja pergi ke Plasa Telkom hanya untuk menyelesaikan kesalahan pihak Telkom yg berulang. Mohon kerja sama dan solusi yg nyata dari pihak Telkom untuk menyelesaikan hal ini.

Terima kasih atas perhatiannya.

Fandri Irfan
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom Indihome:
[Total:8    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan PT Telkom untuk Bapak Fandri Irfan

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terimakasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Fandri Irfan pada tanggal 06 Juli...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Tagihan Telkom Indihome Dua Kali Dinaikkan Secara Sepihak

  • 20 Agustus 2019 - (00:41 WIB)
    Permalink

    Kasus anda sama seperti kasus saya, tagihan membengkak tanpa sebab. Sebelumnya tagihan saya cuma 300 ribu lalu pada bulan juli 2019 tagihan menjadi 380 ribu. Kenaikan 80 ribu terletak pada Add On Usee Tv yg aktif dengan sendirinya. Saat saya mengkonfirmasi ke Telkom care, mereka bilang saya mengaktifkan Add On pada bulan juni 2019 di plaza telkom. Namun saya membantah, dikarenakan saya tidak pernah memakai Usee TV-nya. Kemudian CS menuding pihak keluarga saya yg mengaktifkannya, lalu saya bantah lagi dikarenakan tidak ada satu pun pihak keluarga yg mengetahui no tlp / internet milik saya. Karena saya merasa kesal dengan tuduhan-tuduhan yg mereka berikan. Keesokan harinya saya ke plasa telkom hendak mencabut serta menanyakan Add On Usee TV yg aktif dengan sendirinya. Setelah saya berbicara dengan CS plasa telkom ttg Add On tersebut, CS plasa telkom juga beranggapan saya menerima telepon dari telemarketing. Ketika CS plasa telkom menuduh saya begitu kemudian saya marah bahkan bentak-bentak, gak peduli CS plasa telkom yg cantik, berjilbab dan suka berbohong itu kena semprotan ludah saya. Hahaha….
    Jadi di era jokowi saat ini, telkom indihome sudah melewati batas aturan mereka yaitu menyalahgunakan wewenang untuk merugikan para customernya demi keuntungan semata.
    Saya akan kasih solusi untuk kalian. Apabila selama pemakaian indihome lancar & minim gangguan maka sebaik dibayar saja. Dan jika selama pemakaian indihome tidak lancar & sering gangguan kemudian ditambah dengan tagihan naik, alangkah baiknya ditinggalkan saja (jangan dibayar). Jangan takut… jika kalian benar maka saya akan dukung, jika kalian salah maka urus saja sendiri. Jika kalian salah dalam artian selama pemakaian indihome lancar & minim gangguan tiba-tiba anda berhenti berlangganan dikarenakan ekonomi.

  • 10 Maret 2021 - (07:28 WIB)
    Permalink

    Hal yg sama terjadi pada saya secara sepihak dan saya tidak mengiyakan upgrade dari 10mbps ke 20mbps. Saya mohon lembaga konsumen bertindak karena saya kira banyak konsumen seperti saya

  • 10 Maret 2021 - (09:40 WIB)
    Permalink

    Bagi yg menggunakan useetv kasus spt spt diatas biasanya terjadi krn tidak sengaja memilih chanel tv yg tidak aktif dan kepencet sampai 2x, atau mungkin ada anak2 yg menonton chanel yg memang tidak aktif. Toh untuk upgrade/tambah channel cuma butuh 2x klik tombol ok di remot sudah upgrade. Saya beberapa kali mengalaminya, bisa di cek di setting, layanan lwt useetv. Jadi sebelum komplain cek dulu penggunaan layanna anda bagi yg menggunakan usetv. Kl minta bukti di plasa telkom atau call center tidak bakalan bisa membuktikan, tp bisa dibuktikan di perangkat tv anda.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indihome?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Tagihan Telkom Indihome Dua Kali Dinaikkan Secara Sepihak

oleh Fandri dibaca dalam: 1 menit
5