Pencairan Dana Digagalkan lalu BukaDompet Dibekukan

Terima kasih kepada Media Konsumen yang menayangkan surat pembaca ini.

Halo selamat siang tim Bukalapak, saya seller di Bukalapak dan termasuk baru berjualan di Bukalapak,

  • Pada tanggal 27 Juli 2019 saya melakukan pencairan untuk hasil penjualan saya, tetapi tanggal 27 dan 28 tidak dapat melakukan pencairan karena sedang pembaruan sistem, dengan sabar saya menunggu.
  • Tanggal 29 Juli 2019 saya coba untuk melakukan pencairan lagi dan ternyata bisa dilakukan dan statusnya pending. Saya pun beranggapan masalah ini selesai, tapi nyatanya sampai tanggal 30 Juli masih pending.
  • Saya pun mulai komplain via call center dan live chat, keduanya memberi jawaban yang berbeda-beda. Saya jadi tambah bingung ada apa sebenarnya. Ya sudah saya tunggu lagi saja mungkin masih dalam proses antrian.
  • Tanggal 31 Juli 2019 pagi saya cek status masih pending dan saya komplain lagi, dan katanya suruh melakukan pencairan ulang. Tapi ketika saya cairkan ulang BukaDompet saya dibekukan. Saya kaget bukan kepalang, ada apa ini sebenarnya kenapa malah jadi dibekukan?

Saya langsung detik itu juga telepon lagi call center, kata CS-nya BukaDompet saya dibekukan dengan alasan keamanan dan saya disuruh tunggu 4×24 jam. Saya jadi heran, keamanan? Apakah bukalapak kena hack? Soalnya saya tidak pernah meng-klik link apapun.

  • Tanggal 3 Agustus 2019 saya dapat email dari customer service di mana isinya seperti ini:

CS Aixx(Bukabantuan)
Aug 3, 11:21 +07

Hai amelia.adrian105

Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Terkait kendala pencairan Anda, untuk pengecekan lebih lanjut silakan lampirkan dan konfirmasikan hal berikut via e-mail :

1. Foto bukti barang atas transaksi nomor : 192280975783, 192280978823, 192281006558 (sebelum pengiriman)
2. Foto bukti resi fisik pengiriman atas transaksi nomor : 192280975783, 192280978823, 192281006558
3. Foto swafoto/selfie pembeli/buyer sambil memegang kartu identitas dan bukti barang (tidak dibungkus/ terlihat barang) atas transaksi nomor : 192280975783, 192280978823, 192281006558

Demikian informasi dari kami. Jika ada pertanyaan lebih lanjut silakan hubungi kami kembali.
Terima kasih atas perhatiannya dan selamat beraktivitas. 🙂

Saya berpikir terheran-heran, bagaimana saya foto barang yang sudah dikirimkan? Untuk poin no 2 saya sudah lampirkan, dan untuk poin 3 saya sudah minta kepada buyer-nya tapi buyer malah memaki saya, lalu saya bisa berbuat apa? Apakah saya harus paksa orangnya?

Ya sudah saya balas saja email CS tersebut dan saya lengkapi yang saya bisa, dan untuk yang tidak bisa saya lengkapi saya beri penjelasan.

  • Saya tunggu dan tiap hari saya komplain jawabannya selalu sama disuruh tunggu dan menunggu ada email balasan tim terkait 1×24 jam.
  • Tanggal 5 Agustus saya dapat email dari CS Hidaxxx yang memberitau bahwa no laporan saya sudah merged menjadi 1 laporan.
  • Tanggal 8 Agustus akhirnya dapat email lagi, tapi dari tim fraud yang isinya disuruh menjelaskan kronologinya, saya sudah mengirimkan penjelasan hari itu juga agar dapat segera terselesaikan.
  • Sampai detik surat ini saya buat tanggal 15 Agustus belum ada balasan terkait penyelesaian dari masalah saya. Sudah tiap hari saya komplain call center hanya disuruh menunggu 1×24 jam, kendala sudah kami terima dan segera dikonfirmasikan ke pihak terkait.
  • Nomor laporan saya yang terakhir #15201893 dan #15440176.

Kenapa pihak Bukalapak tidak segera merespon terhadap komplain, malah seakan-akan sengaja dibuat lama dan diundur-undur? Tiap telepon call center selalu balasannya “kendala Anda sudah kami terima dan sedang kami konfirmasikan kepada tim terkait mohon menunggu 1×24 jam”. Sudah hampir 3 minggu balasannya sama, saya sudah cukup bersabar dan menunggu harus berapa lama lagi menunggu kejelasan masalah saya.

Saya berharap dengan dibuatnya surat di Media Konsumen ini dapat segera ditanggapi dan segera diselesaikan oleh pihak Bukalapak.

Terima kasih sebelumnya pada tim Bukalapak yang membaca surat ini, semoga bisa segera dan cepat terselesaikan.

Nico Kusuma
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Penilaian Rata-rata: 3]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Nico Komala

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

Loading...

4 komentar untuk “Pencairan Dana Digagalkan lalu BukaDompet Dibekukan

  • 15 Agustus 2019 - (19:31 WIB)
    Hahaha, asli dibuat-buat lah itu permintaan/konfirmasi dari CS nya, khususnya yang berhubungan dengan buyer/pembeli.
    Kejadian/problem dengan BL ini sudah berlangsung cukup lama (bisa dicek berapa banyak SP yang tayang di sini, belum lagi yang komplen via media lain).
    Kemungkinan besar sih BL sedang kesulitan likuiditas, sehingga bikin alasan macam2 yang merepotkan pihak yang mau menarik dana. Ngeri memang.
  • 15 Agustus 2019 - (19:40 WIB)
    Ia benar,seperti mengulur2 waktu agar masalah menjadi lama terselesaikan dan uang kita semakin lama juga ngegantung di saldo bukadompet yang hanya tulisan nominal saja…
  • 20 Agustus 2019 - (09:40 WIB)
    Terima kasih untuk media konsumen dan pihak bukalapak, kendala saya sdh selesai ,bukadompet sdh dibukakan kembali,tim bukalapak sdh memberikan tanggapan atas masalah saya dan terselesaikan…

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Pencairan Dana Digagalkan lalu BukaDompet Dibekukan

Nico Komala 2 menit
4