Korban Penipuan Modus Meminta OTP di Tokopedia, Klaim Asuransi Pengiriman Tidak Berlaku

Yang terhormat Redaksi Media Konsumen,

Semoga surat pembaca ini berkenan diterbitkan, untuk menghimbau pihak Tokopedia terkait klaim asuransi pengiriman yang tidak berlaku melindungi konsumen yang mengalami kerugian fisik dan materi akibat tindak penipuan dengan modus meminta OTP Tokopedia pada transaksi invoice INV/20190813/XIX/XIII/353815976. Dana senilai Rp3.942.833 untuk pembelian 1 unit mesin cuci EWF.7555 dengan penjual toko Raya Elektronik Shop Sawah besar Jakarta yang mengaku bernama Bapak Hendra, HP: 0812.5387.10**.

Saya kaget penjual tahu akun saya di Tokopedia ini berani menghubungi saya dan menjanjikan akan memberikan bonus Rp400 ribu dan discount 2%. Dia bilang “Nanti saya kirim SMS 6 digit lalu sebutkan sekarang cepat-cepat!!!”. Saya tolak sebab hp saya jadul tidak bisa baca SMS sambil bicara, harus stop bicara terlebih dahulu. Lalu saya baca ternyata SMS itu dari Tokopedia 0811.9211.129 tanpa tulisan OTP, hanya “15 XXXX WASPADA PENIPUAN JANGAN MEMBERIKAN KESIAPAPUN TERMASUK ADMIN TOKOPEDIA”.

Jeda 1 menit si penjual sudah menghubungi saya kembali: “MANA???!!! BERAPA???!! CEPAT!!!!!”

Saya seperti tersengat listrik mengucapkan 6 digit itu secara spontan. Ketika transaksi selesai, saya panik. Saya hubungi pesan bantuan, lambat respon, call center tidak tersedia. Sistem keamanan Tokopedia tidak dapat melindungi konsumen, malah berpihak ke penjual dengan memperlambat proses bantuan, berbelit-belit dan tidak memuaskan!

Apa alasan Tokopedia mengeluarkan SMS dari 0811.9211.129 kepada saya sebagai pembeli? Silakan berurusan dengan penjual. Saya sebagai pemilik akun dan rekening data di Tokopedia, tidak setuju transaksi ini selesai dipenggal seperti ini, sebab Tokopedia turut terkait memberikan akses pemberian data akun saya ke penjual dan penjual dapat mengirimkan OTP tanpa sepengetahuan Tokopedia.

Kasus kejahatan IT seperti ini akan semakin menggurita dan merajalela. Semoga pemerintah akan melindungi hak konsumen yang dirampas teraniaya. Patut dicurigai ada kerja sama antara pemberi kemudahan dan peluang kejahatan mencari pembeli lengah terjebak di perangkap penipuan dengan iklan hebat. Saya mohon dikembalikan dana pembelian saya di rekening saya untuk berobat stroke, lemas sekujur badan saya.

Demikian penuturan saya apa adanya. Terima kasih.

Titin Watini
Cibinong, Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Sistem Keamanan Tokopedia:
[Total:9    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

3 komentar untuk “Korban Penipuan Modus Meminta OTP di Tokopedia, Klaim Asuransi Pengiriman Tidak Berlaku

  • 28 Agustus 2019 - (08:40 WIB)
    Permalink

    Kalau sepengetahuan saya dari apa yang anda ceritakan, jadi Akun Tokped anda sepertinya di hack oleh penjual.
    Dan penjual butuh akses OTP agar bisa masuk dan menguasai akun anda, dan parahnya lagi anda memberikan Digit OTP itu yg seharusnya itu adalah rahasia anda.

    Overall dari pengamatan saya, disini kayanya kesalahan User sendiri.

    Mungkin itu saja yg saya bisa katakan, mohon maaf jika salah penilaian. He

  • 28 Agustus 2019 - (12:00 WIB)
    Permalink

    Sekarang masih bisa login ke akun Tokopedianya gak Bu? Coba dicek apakah transaksinya dibatalkan atau gimana. Kalo dibatalkan, dananya akan dikembalikan ke saldo OVO cash. Semoga belum sempat ditarik sama penipunya. ?

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Tokopedia?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Korban Penipuan Modus Meminta OTP di Tokopedia, Klaim Asuransi Pengiri…

oleh Watini dibaca dalam: 1 menit
3