Masalah Potongan Biaya Layanan “Super Seller” di Bukalapak

Saya sebagai seller di Bukalapak melakukan penjualan barang dengan nomor transaksi 192433372010 dan 192433476520. Setelah transaksi beres, uang pun masuk ke Bukadompet saya. Namun alangkah terkejutnya saya, ketika memeriksa detail, saya menemukan ada potongan biaya sebesar Rp1.670 dan Rp1.250, dengan keterangan untuk pemotongan biaya layanan super seller.

Lho saya tidak pernah merasa mendaftar untuk fitur menjadi super seller ini, kenapa saya tetap dipotong biaya langganan ini? Saya coba menonaktifkan fitur ini. Namun saya kembali dibuat terkejut, karena meski sudah tidak berlangganan, hasil penjualan saya tetap dipotong biaya super seller yang tidak jelas ini. Saya mencoba mengontak CS Bukalapak via Twitter di @bukabantuan, namun sama sekali tidak ditanggapi. Lalu apa gunanya ada customer service jika tidak memberi tanggapan atas masalah yang dialami konsumennya?

Karena kecewa, saya membuat surat di Media Konsumen ini. Beginikah cara Bukalapak mendapat keuntungan dari seller-nya, dengan memotong diam-diam hasil penjualan dengan alasan untuk biaya fitur khusus? Saya tunggu penjelasan Bukalapak dan saya ingin uang saya dikembalikan. Sebagai tambahan, saya lampirkan screenshot lapak saya di Bukalapak. Terlihat jelas bahwa saya tidak menjadi member super seller (tidak ada badge super seller di lapak saya).

Hary Gimulya
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:30    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

22 komentar untuk “Masalah Potongan Biaya Layanan “Super Seller” di Bukalapak

  • 14 Mei 2020 - (08:01 WIB)
    Permalink

    ane juga gitu gan. malah lebih parahnya lagi, ane baru tau kalo otomatis super seller itu selalu jalan. jadi ane uda pernah kejadian kaya agan, terus ane matikan super seller. ane uda lama ga jualan, terus pas sempat jual barang, tiba2 tanpa notifikasi atau persetujuan dari ane, bukalapak bakal bikin toko ane jadi super seller besoknya, padahal barang baru aja masuk transaksi.

    • 16 Mei 2020 - (22:13 WIB)
      Permalink

      begitulah, kita sebagai penjual maupun pembeli harus lebih teliti lagi dengan kebijakan dari pihak toko karena seringnya kita ga diberitahu dan tahu2 layanan aktif padahal kita sendiri tidak mengaktifkannya. Jadinya malah dirugikan.

      • 1 Desember 2020 - (14:05 WIB)
        Permalink

        Saya pun mengalaminya dan skrg sy sdh keluar dari program superseller.
        Program super seller kelihatannya hanya untuk menarik minat pembeli saja,karena jika kita order dari toko yg sdh ada label super seller nya itu akan ada banyak opsi voucher,mulai dari gratis ongkir,cashback dll
        Namun yg disayangkan ternyata biaya yg gratisan itu seakan dibebankan kpd pihak seller.

      • 25 Desember 2020 - (05:48 WIB)
        Permalink

        Biaya nya emang ga masuk akal,tp bnyk jg blogger dan utuber yg masi bwt content tandingan bwt bagus2in,sales mgkn.
        Knp sy bilang ga masuk akal,karna potongan nya terlalu besar dan ga begitu efektif.
        Dia motong nya dari total nilai barang,bukan nilai dari tiap ke untungan,kan ga fair,dy kira tiap penjualan orang di sono mgkn di atas 100% kali ya dr nilai barang,kan pemikiran bego,wkwkwk.
        Padahal ada jg orang yg jual nilai barang berjuta2 untung cm 100K.
        Tp kena palak nya bisa hampir 2 kali lipat dr untung,itu untuk varian paket super seller termurah.
        Kl sy dah lama sy tinggalkn BL,bnyk marketplace yg skrg lbh fair.
        Dan BL jg skrg dah mulai di tinggalkan sm pembeli jg kok 😁,udah sepi pengunjung.

  • 26 Mei 2020 - (15:44 WIB)
    Permalink

    Saya juga begitu masuk .6108k potongan 240k katanya biaya super seller. Padahal saya tdk pernah menyetujui atau mendaftar . Parah kelewatan ribanya.

    Btw toped apakah gitu?

  • 3 Juli 2020 - (19:28 WIB)
    Permalink

    Ya saya juga baru saja mengalaminya.. pada intinya adalah dari pihak buka lapak tidak memberikan opsi di awal apakah kita mau menjadi superseller atau tidak. Dan sepertinya masalah ini mau saya bawa ke meja hukum karena ada unsur penipuan terhadap para pelapak yang tidak tau apa apa mengenai program superseller ini..

  • 6 Juli 2020 - (08:23 WIB)
    Permalink

    Bukalapak yang tidak FAIR…
    1. Hati2 bagi user … semakin banyak jebakan. Saya sbg user lama yg sering belanja tidak pernah tahu sudah menjadi Super Seller yg katanya di promote tengah malam jam 00.01 pas ultah
    2. Status super seller hanya terlihat di iklan anda dan bukan di account anda. Gag tahu juga bisa downgrade atau enggak
    3. Ada potongan x% yg tidak muncul saat transaksi
    4. Komplain akan sia2… krn BL bukan seperti dulu lagi
    5. Jika BL melakukan transaksi keuangan, apakah bebas pajak ?

    Hati2 bagi user yg hanya hobi belanja dan nyari yg simple2… saatnya punya alternatif

  • 21 Juli 2020 - (09:01 WIB)
    Permalink

    wah bukalapak mulai GILA, saya tak mendaftar super seller, ada penjualan barang Pribadi teman minta via BL. eh kena potongan sampe 590.000 ribu, cashback potongan 221.250 = Rp. 368.750 ribu terbuang gara gara Bukalapak CURANG, BUKALAPAK CURANG, BUKALAPAK CURANG

    • 22 Juli 2020 - (01:31 WIB)
      Permalink

      Gw juga jualan di bukalapak dri tahun 2013, skrng makin parah potongan superseller ya merugikan, gw ada transaksi jumlah nominal 1.6 juta, gw cuma untung 100rb ,buset kena potongan superseller 64rb, gw JD cuma untung 36rb wow fantastis bukan biaya superseller ya,akhirnya skrng gw nonaktifkan..parahhh..untung gw ga untung 50rb, yg ada rugi berat..

    • 3 Oktober 2020 - (11:17 WIB)
      Permalink

      saya juga jadi korban. jual barang seharga 5.9 jt terpotong 295 rb. gila saya sudah lama jadi user bukalapak, baru kali ini kena tipu mentah2

  • 30 Juli 2020 - (10:57 WIB)
    Permalink

    SAYA SETUJU, SEHARUSNYA DIBAWA KE MEJA HIJAU AJA INI SI BUKALAPAK. TERNYATA GA SEDIKIT YANG KENA
    HARUSNYA ADA YANG BERANI BIAR UANG KITA SEMUA BISA BALIK ATAS GUGATAN YANG ADA

  • 6 Agustus 2020 - (11:39 WIB)
    Permalink

    Sama kejadian nya gan, saya merasa ga pernah daftar jadi superseller karena memang saya jualanya jarang, kalo ada barang aja saya pasang di BUKALAPAK, sudah beberapa kali saya transaksi begitu remit saya cek dibukadompet tidak sesuai dengan harga penjualan saya, begitu saya cek katanya ada biaya langganan superseller, parahnya harga jualan 1,350.000, dipotong biaya SS 67,..ribu diikuti dengan adanya cashback 20,.. Ribu, gila parah bukalapak,..

    • 6 Agustus 2020 - (21:02 WIB)
      Permalink

      hal ini memang bikin kesel mas. Padahal kita tidak pernah mendaftarkan fitur tsb, tapi tahu2 fitur ini aktif dengan sendirinya dan memotong hasil penjualan kita. Harus lebih teliti lagi mengecek saldo hasil penjualan, dan langsung komplain biar fitur ini dinonaktifkan dan uang kita dikembalikan.

  • 7 Agustus 2020 - (17:05 WIB)
    Permalink

    Ini modus PENIPUAN yg dilakukan Bukalapak terhadap pelapak, karna saya juga mengalami hal yg sama dari ketidak tahuan saya mengenai system otomatis ini… saya kena potongan hampir 1juta.. dari fitur yg tidak pernah saya minta ini. Kemana saya bisa mengadu??? Saya cuma bisa bertaruh nyawa saya kepada bangsat intelek ini

    • 7 Agustus 2020 - (20:09 WIB)
      Permalink

      Sebagai saran, komplain terlebih dahulu ke media sosialnya mereka. Jika tidak didengarkan, buat surat pengaduan di Media Konsumen ini. Jika masih tidak didengarkan, lanjutkan proses selanjutnya dengan membuat pengaduan ke BPSK. Gratis dan masalah bisa lebih mudah terselesaikan.

      • 1 September 2020 - (00:12 WIB)
        Permalink

        Saya baru sadar setelah kena 7x transaksi. Jual kamera sama laptop, total hampir kena 350ribu bgsd!
        CS Bukalapak gak ngasih solusi apa2, fix ini yang namanya penipuan!

  • 10 Agustus 2020 - (16:37 WIB)
    Permalink

    Saya sangat terkejut dengan banyaknya komentar yang ada di media konsumen ini soal bukalapak. Berawal dari di hack nya akun toko saya tadi pagi (10 agustus 2020). Link palsu sama persis penampakannya dengan tampilan awal seller center ketika login, kami tertipu, ternyata link phising. Dana di akun hilang senilai total 3,2 juta dan muncul tiba2 sebagai transaksi pembelian pulsa axis senilai 1jt x 3 dan 200 ribu. Entah komplain kami di bukabantuan akan diproses atau tidak oleh mereka. Ternyata kasus penipuan pengurasan uang di saldo dan berubah menjadi transaksi pembelian pulsa ke no HP orang lain banyak terjadi di marketplace ini. Sangat sangat mengagetkan!!!!!! Karena peristiwa ini saya mempunyai wacana untuk menghentikan super seller yang sudah sejak dulu bagi kami merugikan. Kenaikan biaya tidak diinfokan terlebih dahulu ke seller, tiba2 naik dan potongannya besar sekali, belum lagi banyak transaksi yang statusnya sudah diterima oleh pembeli tidak bisa ganti menjadi pesanan selesai padahal sudah berminggu2, setiap kali harus komplain minta pencairan dana. Ternyata banyak sekali di luar sana seller2 maupun buyer yang mengeluhkan market place merah ini. Harusnya segera ditindak untuk mencari kebenaran. Jangan sampai tiba2 pengumuman resmi resesi, uang kita di sana tak ada critanya….. amit amit!!!

  • 4 September 2020 - (05:52 WIB)
    Permalink

    Saya jual laptop 4,9jt. Tadinya akan Untung 200rb. Ternyata malah rugi krn di potong 350rb oleh si B****** Bukalapak.

    • 19 September 2020 - (15:51 WIB)
      Permalink

      Sama gan saya senasib. Jual parts sepeda. Buyer minta rekber sy bikinkan rekber. Penjuakan 9jt gila tiba2 potongan 450 rb anjirr. Sueeeee bangetm kirain cuma gw aja yg merasa dirugikan

  • 28 September 2020 - (08:04 WIB)
    Permalink

    Wah sama gan. Bukalapak potongannya gila2an. Dulu saya aktif sekali di BL. Barang2 saya lengkap lebih Lengkap di BL daripada di shopee dan tokped. Tapi lama kelamaan potongannya tambah parah. Kadang pembeli saya arahkan beli di marketplace saya yg lain karena di BL sungguh merugikan

  • 22 Desember 2020 - (00:41 WIB)
    Permalink

    J******* maling uang pelapak dengan biaya superseller. Untung ga seberapa kena potongan lg sudah gila ini bukalapak.

  • 30 Desember 2020 - (12:13 WIB)
    Permalink

    BUKALAPAK NGAMBILIN UANG ORANG LAIN, #HAPUSBUKALAPAK, GW DOAIN SEMOGA BANGKRUT BUKALAPAKA, BANGS…….TTTTT

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Masalah Potongan Biaya Layanan “Super Seller” di Bukalapak…

oleh Hary Gimulya dibaca dalam: 1 min
22