Kebijakan Pengembalian Barang “No Question Asked, Full Refund Policy” Dekoruma.com Tidak Sesuai Ketentuan Tertulis

Jadi saya jelaskan dari awal saya mengetahui Dekoruma dari booth di Pondok Indah Mall sekitar 2 mingguan yang lalu. Saya lalu bertanya tentang kasur beserta ukurannya. Stafnya di sana mengatakan bahwa silakan cek di website dan tidak perlu khawatir apabila membeli barang dari Dekoruma karena ada jaminan 14 hari retur “NO QUESTION ASKED FULL REFUND POLICY”.

Lalu saya mengecek di website Dekoruma untuk bertanya masalah pembelian dan CS-nya menginfokan bahwa beli di Tokopedia official store sama aja dan ada promo kupon. Jadi saya langsung membeli lewat Tokopedia begitu sampai kasurnya tidak muat dan orang delivery-nya pergi begitu saja. Jadi saya ingin proses retur karena kasur tidak bisa digunakan.

Ini balasan dari pihak Dekoruma:

Dekoruma telah memberikan prosedur pengembalian produk di Catatan Toko, bahwa kami tidak menerima pengembalian produk kasur dan sofa dengan alasan pengembalian produk berikut: Tidak Sesuai Ekspektasi Tidak Suka Tidak Puas Dalam kasus ini, keluhan termasuk dalam kategori “tidak sesuai ekspektasi”, karena customer berekspektasi kasurnya bisa cukup untuk dinaikkan ke lantai 2, namun nyatanya tidak bisa karena ketebalan kasurnya 32cm. Untuk keterangan spesifikasi ukuran produk sudah diinformasikan melalui deskripsi produk, dengan harapan customer kami mengetahui ukuran detail produknya. Produk pun diterima customer dalam keadaan baik, tidak ada kecacatan ataupun kerusakan. Berikut kami lampirkan bukti screenshot keterangan detail dari customer via chat, dan bukti screenshot prosedur retur yang kami letakan pada Catatan Toko.

Padahal kalau kita lihat bersama di return policy-nya: https://www.dekoruma.com/artikel/29/pengembalian-uang-penuh-2

Sama sekali tidak ada note berlaku untuk kategori tertentu atau ada syarat tertentu atau apapun itu. Note-nya terselubung sekali.

Menurut saya ini sangat merugikan konsumen. Buat apa beli mahal-mahal kalau barangnya tidak bisa dipakai. bahkan pihak Dekoruma tidak menawarkan ganti produk atau menawarkan solusi, hard selling sekali 🙂 Yang penting laku, tak peduli bisa dipakai atau enggak.

Victor Raymond Liwongan
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Dekoruma:
Tanggapan Dekoruma atas Surat Kak Victor Raymond Liwongan

Hai Kak Victor, Terima kasih banyak atas masukannya. Kami sangat menghargai waktu dan perhatian yang telah diluangkan Kak Victor untuk...
Baca Selengkapnya

Loading...

2 komentar untuk “Kebijakan Pengembalian Barang “No Question Asked, Full Refund Policy” Dekoruma.com Tidak Sesuai Ketentuan Tertulis

  • 22 November 2019 - (17:50 WIB)
    Artikel-nya not found, entah salah tulis URL atau sudah dihapus oleh adminnya.
    Yang saya temukan cuma ini: https://www.dekoruma.com/artikel/54477 (Perlindungan Pembeli). Itu pun jelas2 bukan “no questions asked,” tapi malah “many questions being asked.” LOL

    Saya heran saja kalau ada perusahaan yang pake gaya2 ikut2an perusahaan di Eropa/Amrik yang jelas2 regulasi dari pemerintahnya (perlindungan terhadap produsen maupun konsumen secara setara) serta juga etos kerja para pelaku usahanya (secara umum) tidak/belum bisa dibandingkan dengan di sini.
    Ngapain juga pake return policy: no questions asked? Cuma untuk gaya2an supaya beda sendiri? Bentuk lain dari iklan kecap nomor 1?
    Toh di sini hal seperti ini tidak umum, yang umum kan: barang yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan dengan alasan apa pun.
    Akhirnya sekarang jadi bikin masalah sendiri.

    Btw, kalau barang rusak baru boleh return/refund, itu mah sudah biasa kaleee…
    Kalau gak punya kebijaksanaan macam itu, mana ada yang mau beli, apalagi kalau barang mahal.
    Justru yang no questions asked itu utamanya untuk orang yang berubah pikiran, termasuk juga tidak sesuai ekspektasi. Kalau dalam hal ini ternyata “kasur tidak muat naik di tangga,” yah itu termasuk kategori berubah pikiran kan? Lah masak pembeli tidak akan berubah pikiran kalau barang yang dibeli tidak bisa masuk ke rumahnya? Terus dibuat apa barangnya, dijual kembali gitu?
    Bahkan KALAU PUN ternyata konsumen kurang jeli melihat spek (saya tidak yakin apakah benar demikian), “no questions asked” ya artinya “no questions asked,” selama barang tersebut masih sesuai dengan aslinya (baca: barang terima rusak ya kembali rusak, barang terima baik/normal ya kembali dalam keadaan baik/normal, tidak dirusak dulu…).

  • 23 November 2019 - (18:59 WIB)
    Miris rasanya melihat platform online tidak dapat memberikan kecepatan respon keluhan dibandingkan kecepatan pada translaksi.

    Belanja instan = Good
    Keluhan = Oh My God

 Apa Komentar Anda mengenai Dekoruma?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Kebijakan Pengembalian Barang “No Question Asked, Full Refund Po…

oleh victor_lee dibaca dalam: 1 min
2