Tagihan Telkom Indihome Tidak Sesuai Pemakaian 3 Bulan Berturut-turut

3 bulan berturut-turut tagihan Telkom Indihome tidak sesuai. No ID 123363200668 a.n. Handayana. Biasanya tagihan hanya Rp300 ribuan. Namun di bulan September saya menerima notifikasi tagihan sebesar Rp600 ribu lebih. Bulan Oktober kembali melonjak menjadi Rp700 ribu lebih dan bulan November tagihan menjadi Rp800 ribu lebih.

Setiap saya konfirmasi pihak Telkom menyatakan bahwa layanan Usee TV, Catchplay, HQQ aktif dan banyak melakukan pembelian. Padahal di tempat saya hanya ada router untuk internet dan tidak ada alat untuk layanan TV tersebut. Di tempat saya pun tidak ada TV hanya laptop. Dan saya tidak pernah mengaktifkan layanan TV tersebut.

Tiap bulan hanya dibuatkan laporan saja oleh Telkom, tapi tidak pernah diinvestigasi siapa yang melakukan pengaktifan TV menggunakan data suami saya. Pihak Telkom terkesan menyepelekan masalah ini. Karena terjadi 3 bulan terus menerus dan tidak ada follow up apapun ke saya perihal ini. Penyelesaian yang dilakukan hanya menyesuaikan tagihan saya. Namun di bulan berikutnya terjadi lagi hal yang sama.

Setiap saat saya buang-buang pulsa menelepon pihak Telkom. Tagihan pulsa jadi membengkak tapi pihak Telkom tidak pernah tuntas menyelesaikan masalah ini. Saya yakin di luar sana pasti ada yang mengalami sama seperti saya.

Sangat disayangkan pihak Telkom tidak menindaklanjuti serius perihal ini. Karena teknisi kalian asal mengisikan data konsumen akhirnya jadi saya yang dirugikan. Sungguh mengecewakan.

Merryana Christiani
Cibinong, Bogor
Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom Indihome:
[Total:283    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan PT Telkom untuk Ibu Merryana Christiani

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Ibu Merryana Christiani pada tanggal 07...
Baca Selengkapnya

Loading...

51 komentar untuk “Tagihan Telkom Indihome Tidak Sesuai Pemakaian 3 Bulan Berturut-turut

    • 7 Desember 2019 - (10:25 WIB)
      Permalink

      Kalau anda membaca dengan teliti keluhan saya disitu saya sebutkan no pelanggan dan nama nya. Terlihat kan kalian itu menyepelekan laporan karena suara saya disini aja ga kalian baca sampe kalian bertanya lg soal no dan nama pelanggan.

      • 7 Desember 2019 - (19:39 WIB)
        Permalink

        Barusan saya coba cek bayar di toko online tagihan internet 123363200668 atas nama HANDAYANA, untuk tagihan desember(pemakaian november) hnya Rp 322,853 ,

        • 8 Desember 2019 - (00:43 WIB)
          Permalink

          Iya setelah saya post kaya gini. Ga lama dihubungi sama mereka. Dan tagihan diturunkan/disesuaikan kembali. Saya punya buktinya sebelum saya komplain dan post disini tagihan saya 869.00 dan tagihan2 sebelumnya jg lebih dari 500rb. Disesuaikan setelah saya komplain.

    • 9 Desember 2019 - (04:17 WIB)
      Permalink

      Sepertinya di berbagai daerah rata2 mengalami hal yang sama, yaitu ketidak siapan pihak telkom untuk bekerja maksimal dalam memberi layanan yang memuaskan kepada konsumen, mulai dari informasi pemasangan yang simpang siur, di kantor slot untuk pemasangan jaringan masih tersedia ehh ketika di cek oleh teknisi udah full semua soketnya, informasi deteil pembayaran yang tidak di berikan lewat email, untuk berhenti layanan yang harus ke plasa dlu yang kebanyakan lambat di proses dsb.. padahal telkom jd perusahaan monopoli di jaringan fiber

  • 7 Desember 2019 - (10:43 WIB)
    Permalink

    Waduh, sya mlah baru pasang yg satu paket dgn tv.. ?, mwu pasang yg cma khusus internet katanya sdh nda tersedia lagi, adanya cm yg satu paket dgn tv.. Jadi takut bengkak juga ini tagihannya ???

    • 7 Desember 2019 - (10:59 WIB)
      Permalink

      Kudu teliti klo nerima tagihan. Harus diliat rinciannya apa aja klo engga keenakan mereka tuh nagih2 yg ga pernah kita pakai

      • 7 Desember 2019 - (21:51 WIB)
        Permalink

        Setuju, baru tahu kalo d telkom ada addon siluman, yg meskipun g kita aktifkan, secara otomatis aktif sendiri!

        • 7 Desember 2019 - (22:23 WIB)
          Permalink

          Kayanya tuh. Wong ga ada alat yg nyanbung ke tv tp Catchplay bisa kebeli terus menerus. Siapa coba yg make.

      • 8 Desember 2019 - (20:43 WIB)
        Permalink

        Selamat Malam Bu.Barangkali bisa saya bantu.siapa tw berminat dengan First Media.
        Terima kasih

    • 7 Desember 2019 - (18:35 WIB)
      Permalink

      Kalo mau downgrade dari 2p ke 1p doang, minimal harus langganan selama 3bulan dulu baru bisa downgrade.
      Pengalaman bulan kemaren soalna abis downgrade ke p1,

      • 8 Desember 2019 - (01:59 WIB)
        Permalink

        saya jga gtu.. saya pilih paket yg yg internet 10mbps + useetv dengan harga 350ribuan..
        saya daftar via aplikasi indihome malahan sekarang tagihan nya malah menjadi Rp 427.600..
        knp bsa sgtu y?? apakah g ada penjelasan secara detail nya kelebihan dr biaya tersebut??

        • 13 Januari 2020 - (08:44 WIB)
          Permalink

          Coba dicek rincian tagihannya … barangkali ada biaya ADD-ON yg dibebankan tanpa konfirmasi ke anda … awalnya ADD-ON diaktifkan sbg gimmick (ngakunya), tp klo kita gak ada respon, kita dianggap setuju utk pengaktifan ADD-ON yg awalnya gimmick tsb. Dan celakanya, klo kita tdk menyadari hal ini pada bulan2 berikutnya ADD-ON yg diaktifkan akan bertambah, artinya tagihan jg akan naik seiring jml ADD-ON yg diaktifkan. Celakanya yg kedua, kita kadang2 tdk menyadari hal ini, dikarenakan kenaikannya sedikit demi sedikit (+/-30rb.an). Contohnya yg saya alami, tagihan normal saya di kisaran 390rb.an, baru sy sadari ada kenaikan tagihan setelah mencapai angka kisaran +/- 500rb.an. Artinya saya telah “didzalimi” sebesar : 30rb.an (bln 1) + 60rb.an (bln 2) + 100rb.an (bln 3) = 190rb.an (TOTAL). MENJENGKELKAN !!!, rasanya persis seperti kalau uang kita diambil “TUYUL”.

    • 7 Desember 2019 - (19:42 WIB)
      Permalink

      Insaallah gak akan bengkak pak/bu, kalaupun bengkak dan tdk sesuai dgn paket yg sdah d spakati,bisa di klaim dan mnta di benerin tagihannya,telkom tdak akan merugikan pelanggannya,kalaupun ada mgkin oknum,knpa saya brni bcara bgtu yakin,saya sdah lama brlangganan, dan pmbayarn selalu sama,ad pun beda paling 5 ribu,

      • 7 Desember 2019 - (21:55 WIB)
        Permalink

        Yg dibetulkan cuma untuk tagihan setelah kita komplain, tapi tagihan2 sebelumnya tidak ada kompensasi. Punya saya ada addon siluman dari useetv, dan saya tidak pakai useetv, besarnya 40rb, dan ternyata sudah ada d tagihan saya dari januari! Itu 440rb kalo ditotal!!!

      • 7 Desember 2019 - (22:26 WIB)
        Permalink

        Ya harusnya memang ga bengkak. Yg saya permasalahkan disini adalah 3 bulan berturut-turut kejadian terus. Dari bulan pertama tagihan saya bengkak katanya useetv nya sudah di non aktifkan. Tp ternyata di bulan kedua tertagih lg. Pun itu terjadi lg dibulan ke 3. Ya cape lah saya terus2an komplain dan konfirmasi masalah yg sama dan berturut turut terjadi.

      • 7 Desember 2019 - (22:32 WIB)
        Permalink

        Ya harusnya memang ga bengkak. Yg saya permasalahkan disini adalah 3 bulan berturut-turut kejadian terus. Dari bulan pertama tagihan saya bengkak katanya useetv nya sudah di non aktifkan. Tp ternyata di bulan kedua tertagih lg. Pun itu terjadi lg dibulan ke 3. Ya cape lah saya terus2an komplain dan konfirmasi masalah yg sama dan berturut turut terjadi. Aneh kan

  • 7 Desember 2019 - (10:49 WIB)
    Permalink

    Sudah bukan rahasia umum klo masalah tagihan indihome. Saya pernah kejadian didatangi oleh pihak telkom. Ada tagihan sekian juta. Padahal saya tidak pernah pasang indihome, ternyata memang ada yg pakai ktp saya untuk langganan. Bahkan setelah saya pasang sendiri, untuk cabut saja dipersulit. Ada gangguan juga tidak tanggap, bayar telat di isolir. Tp tagihan bulan bulan berikutnya tertagih… Saran saja untuk pihak indihome. Jika memang di isolir ya distop semua layanan, jangan terus ditagih ke pelanggan, kalau bisa dipakai tp speed turun gpp. Ini sudah di iaolir semua tidak bisa dipakai, tp tagihan jalan terus

    • 7 Desember 2019 - (11:01 WIB)
      Permalink

      Yaaap bener banget 3 bulan tagihan dari 600, 700, skrng naik jd 800 lebih. Pdhal pake useetv jg engga. Biasa hanya 300an karena pakai tlp.

  • 7 Desember 2019 - (11:27 WIB)
    Permalink

    saya saja berhenti mba pakai indihome, saat berhenti pun kena tagihan juga. cape urusannya kalau sama indihome mba. mending pindah ke provider lain kalau ada.

    • 7 Desember 2019 - (15:13 WIB)
      Permalink

      Emang cape bngt sih saya jg tiap bulan kudi buang2 pulsa nelponin pihak telkom. Cuma laporan aja dibuat. Tp ga ada penyelesaian apa2. Karena bulan dpn akan terjadi lg hal yg sama.

  • 7 Desember 2019 - (14:25 WIB)
    Permalink

    Saya pun sama biasanua bayar 300 an kmrin tagihan 415 rbu dan bulan ini saya tidak pakai sama sekali ad tagihan 370 an… ini gmna ya baiknya? Binggung juga saya

    • 7 Desember 2019 - (15:15 WIB)
      Permalink

      Saya aja lg berusaha cari2 provider lain. Cape jg soalnya klo harus terus2an buat laporan tp pihak telkom ya ga berusaha investigasi kenapa masalah kaya gini bisa muncul

      • 7 Desember 2019 - (16:06 WIB)
        Permalink

        Mental BUMN emang gitu, bisa berlaku semau mereka terhadap konsumen. Andai semua pelanggan nya hilang pun, perusahaan mereka gak bakalan tutup, pasti diselamatin pemerintah. Makanya kerja dan pelayanannya asal2an.

        Ntar kalau uda pindah ke provider baru, hati2 Mba. Minta tanda bukti dari Telkom bahwa tagihan anda semua uda lunas. Saya pernah ngalamin, beberapa bulan setelah berhenti langganan, saya dihubungin ama mereka, dibilang blm lunasin tagihan. Untung tanda buktinya belum saya buang. Ngeri banget berurusan ama mereka.

  • 7 Desember 2019 - (16:47 WIB)
    Permalink

    Jika sobat ingin tau penyebab nya, khususnya wilayah bandung dan sekitarnya, saya kemungkinan tau penyebabnya, bukti juga ada, silahkan wa saya 0822770691** jika ingin info lebih jauh..

  • 7 Desember 2019 - (19:46 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yg sama, tagihan awal yg 355rb di tawari untuk menaikkan ke 20mbps dengan tambahan biaya 70rb, harusnya jadi flat 425rb tapi tagihan bulan november naik jadi 450rb dan trakhir bulan desember untuk pemakaian november kemarin tiba tiba naik jadi 485rb. Saya protes ke plasa telkom katanya ada kemungkinan saya menambah channel usee tv, padahal saya tidak melakukan nya, akhirnya saya minta downgrade lg ke 10mbps dgn tagihan 355rb untuk bulan depan, semoga bisa sesuai. Mau pindah provider tp masih binggung mau ganti apa

  • 7 Desember 2019 - (19:48 WIB)
    Permalink

    Minta detailnya apa saja yg d bayar,dan apa yg bikin tagihan naik, jika mnggunakan telpon,mnta printout pemakain,untuk yg sdah tdk dpakai tpi msih muncul tagihan, y pasti mncul,pakai gk d pakai tetap bayar,kecuali di tutup resmi ke plasanya

  • 7 Desember 2019 - (21:45 WIB)
    Permalink

    Sama, punya saya juga, ada addon siluman yg otomatis aktif meskipun kita tidak pakai useetv. Selama in ga pernah ngecek addon, sampai suatu saat ngobrol sama sepupu, dan dia punya masalah yg sama. Ada addon siluman!

  • 7 Desember 2019 - (22:35 WIB)
    Permalink

    Akhirnya td ada pihak telkom yg konfirmasi. Dan tagihan saya dikembalikan ke tagihan semula tanpa ada embel-embel useetv. Janjinya dih ga akan terjadi lg di bulan depan. Semoga bisa dipegang ya. Dan beneran ga terjadi lg utk bulan berikutnya. Cape dan wasting time bngt ngurusin ginian mulu.

  • 7 Desember 2019 - (22:59 WIB)
    Permalink

    Dari Pengalaman sy Pribadi..
    Indihome GAK ADA YANG BENER.. Semua AKAL AKALAN… sy juga tdk tau Siapa yg harus bertanggung jawab dalam hal ini..

    Belum lama ini sy pasang indihome via Registrasi online, kemudian di hr berikutnya dihub pihak Indihome. Dengan janji bayar 280rb FLAT.. tanpa biaya apapun perbulannya..

    Setelah terpasang 1.5 mggu saya Disuruh bayar TAGIHAN.. (Gilaa ini) dgn alasan ongkos pasang dan alatnya..

    Setalah pemakaian 1 bulan.. Sy ditagih 355 rb.
    Fuckk INDIHOME… !!!

    ahirnya sy CLOSED dan berat hati membayar tagihan yg terlewat..

    SARAN saya..
    Harus Berhati hati kalau mau pasang..
    Dan datangilah ke Kantor TELKOMnya..

    KAPOKKKK….

  • 8 Desember 2019 - (09:01 WIB)
    Permalink

    Indihome mulai tdk jelas. Tanpa pemberitahuan tagihan awal yg biasa 350 rb/bln naik menjadi 426.500 rb/bln. Kenaikan sdh berjalan 3 bln ini. Padahal tdk ada mengaktifkan apa pun. Hanya di pakai utk internet utk 2 hp dan nonton tv lokal.. mhn indihome menjelaskan kpd konsumennya.

  • 8 Desember 2019 - (09:37 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah dapat tagihan mengejutkan dari Indihome, padahal dirumah cuma langganan telpon doang, tapi pas bulan mei kemarin tiba” tagihan yg saya terima adalah tagihan Indihome, hebat bukan Telkom. Saya coba komplen tlp 147, katanya akan segera menangani keluhan anda. Setelah ditangani ternyata tagihan tlp saya yang naik jadi 2x lipat… Astaga… Karena saya gak mau pusing akhirnya saya bayar. Tapi yg terjadi di bulan Juni dan Juli tagian yg saya terima sama seperti di bulan mei. Akhirnya karena gak mau pusing saya putus sambungan aja, udh cape urusan Ama Telkom. Lagian juga telp rumah gak terlalu penting-penting amat.

  • 8 Desember 2019 - (13:58 WIB)
    Permalink

    Sama juga.. saya berlangganan add on untuk anak2 disney. aktifasi pada saat ada promo 20rb atau 15rb saat promo. tapi kenyataannya dari awal sampai skr yg ditagih 60.000.

  • 8 Desember 2019 - (14:56 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah, melonjak dari yg biasa 300an sampai 400an. Ternyata pihak telkom yg melakukan penambahan add on tanpa konfirmasi. Mantap kan? Serem yah… Mending install app my indihome buat control penggunaan internet. Untungnya pihak telkom mau mengganti kelebihan biaya sih, tp kok gini ya provider besar sampah bgt mentalnya

  • 8 Desember 2019 - (15:35 WIB)
    Permalink

    Indihome sistem.tagihannya sejak lama memang terkenal kacau, atau mungkin sengaja dibikin kacau. Dan ini bukan rahasia umum lagi. Sudah tak terhitung pihak yang dirugikan di samping dibikin setress akibat ulah pihak Indihome dan mungkin Telkom pada umumnya.

    Menurut hemat saya hanya ada satu jalan keluar dari problem yang ditimbulkan oleh Indihome PT Telkom Indonesia yaitu segera berhenti atau keluar dari segala jenis langganan Indihome. Hanya ini solusinya, tidak ada jalan lain.

  • 8 Desember 2019 - (18:30 WIB)
    Permalink

    Iyaa saya juga sama mbak. Saya pakai paket yang 50mbps. Bulan ini tagihan tiba2 naik dr 550rb ke 750rb.
    Saya binggung, operator bilang persis seperti di keluhan mbak. Ada pemakaian usse tv dan hooq. Padahal indihome yang pakai hanya saya sendiri dan saya gak merasa buka kedua aplikasi itu.

    Udah kecewa dengan sinyal yg kadang suka down, di tambah masalah begini. Lama2 saya bisa copot seperti nya indihome nih. Kesal saya.

    • 9 Desember 2019 - (05:40 WIB)
      Permalink

      Mba harus lapor. Saya setelah nulis kaya gini akhirnya kmrn ada yg kunjungan ke rmh dr pihak telkomnya utk menelusuri siapa yg pake data saya. Karena ternyata ada keluar alat utk useetvnya itu tp dipasang dialamat yg berbeda. Saya kesel banget udah 3 bulan kejadian kaya gini. Lapor cuma di sesuaikan aja tagihan nya abis itu bulan depan kejadian lg

  • 9 Desember 2019 - (01:15 WIB)
    Permalink

    Pengalaman indihome, dua kali g enak
    1. Pasang sdh pakai hampir 3 th, karena pindah mnt d cabut semua nya, ternyta telp msh belum d cabut, selalu ada tagihan tiap bulan dan tiap bulan selalu hub 147 jawabannya sama, g tau itu nasibnya sekarang
    2. Pasang pesan pakai 2 stb, tp cm d pasang 1, stb ke 2 g pernah datang. ternyta baru ngeh selama setahun lebih saya bayar dengan pemakaian 2 stb, minta di selesaikan dan mnta kompensasi sampai berbulan-bulan g ada kejelasan, akhirnya saya ganti aja pakai yg lain, g urus lagi lah, payah

    Buat yg lain pelanggan indihome ati2, kalau mau tambah2 fitur atau apa lah itu, bisa jadi cm bayar doang kita g pernah d kasih apa2, masalah penyelesaian apalagi ke 147, d jamin g tau apa2, selesaipun mungkin lama

    • 9 Desember 2019 - (05:46 WIB)
      Permalink

      Mereka tuh selalu nyuruh kita dtng ke plasanya klo mo cepet selesai. Tp klo org kerja kan rada susah ijinnya apalg mo akhir taun kaya gini

  • 9 Desember 2019 - (11:53 WIB)
    Permalink

    Telpon rumah saya sejak diganti kabel optik 24 Juli 2019 dan menggunakan modem , sampai sekarang tgl. 09 Desember 2019, telpon rumah tidak bisa dipake untuk nelpon keluar, saya sudah berkali-kali menghubungi 147 atau datang langsung ke kantor telkom di jalan. Mencong-Sudimara Timur-Tangerang dan nama kantor telkom sudah berubah nama menjadi “Indihome”. jawabannya hanya janji-janji saja, padahal tiap bulan saya bayar tagihan (abodemen) sekitar 42.000 ribuan. saya butuh telpon, Semoga pihak telkom membaca tulisan (keluhan saya) ini dan berikutnya ada tindakan untuk memperbaiki. Terima kasih

  • 20 Maret 2020 - (16:14 WIB)
    Permalink

    Saya lebih gila lagi. Dri tagihan 320rb sampai ke 870rb. Sya telf sdh puluhan kali dan akhirnya ke plaza telkom. Disna mrka blg sya membeli internet content. Sewa film hoqq. Kalau sewa film kan hrs di konfirmasi ke no hp sya. Ini sdh benar edan. Sya tdk akan bayar. Mau apapun boleh. Ini sdh penipuan namanya.sebelumnya mrka blg sya beli anti virus. Ada saja mau menipu pelanggan. Kurang ajar betul

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indihome?

Ada 51 komentar sampai saat ini..

Tagihan Telkom Indihome Tidak Sesuai Pemakaian 3 Bulan Berturut-turut…

oleh Merry Cs dibaca dalam: 1 min
51