Pengajuan Kesenggangan Pembayaran Kartu Kredit Citibank akibat Pandemi Covid-19

Yth. Pihak Citibank
Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya Kurniawan, usia 28 Tahun, pekerjaan karyawan swasta. Saya memiliki kartu kredit jenis Visa Platinum dan Ready Credit, dengan 6 angka nomor terakhir untuk Visa Platinum 51-2142. Saya ingin menjelaskan kenapa saya menulis dan mengirim surat di Media Konsumen ini. Karena saya sudah 1 bulan tidak bekerja, usaha saya pun yang terletak di Pasar Teluk Gong tidak boleh beroperasi akibat pandemi virus corona ini, sedangkan gaji saya pun dipotong hingga 45%.

Saya sudah mencoba menghubungi pihak Call Center untuk meminta kesenggangan waktu, setidaknya sampai semua normal. Namun saya diarahkan ke nomor telepon 021-7519200 oleh pihak CS, hingga saat ini nomor telepon tersebut tidak dapat dihubungi. Saya pengguna kartu kredit dari Citibank hampir 5 tahun, tidak ada sedikitpun saya sampai tidak pernah melakukan pembayaran walau hanya sebulan.

Namun pada saat ini saya benar benar pasrah dan jujur SAYA SAAT INI TIDAK MAMPU MEMBAYAR karena kondisi yang sulit yang hampir dialami oleh semua orang, efek dari pandemi corona. Saya mohon sekali kebijakan dari pihak bank untuk menuruti kebijakan yang ditentukan oleh presiden dan pihak OJK.

Semoga surat ini adalah jalan keluar untuk saya bisa mendapatkan kesenggangan pembayaran sampai waktu dan kondisi yang benar benar pulih.

Best Regards,

Kurniawan
0821100077**
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai permohonan ini:
[Total:18    Rata-Rata: 3.7/5]
Tanggapan Citibank atas Surat Bapak Kurniawan

Dengan hormat, Terima kasih atas perhatian Bapak Kurniawan terhadap Citibank. Menanggapi surat pembaca yang ditulis oleh Bapak Kurniawan di mediakonsumen.com...
Baca Selengkapnya

Loading...

9 komentar untuk “Pengajuan Kesenggangan Pembayaran Kartu Kredit Citibank akibat Pandemi Covid-19

  • 23 April 2020 - (22:21 WIB)
    Permalink

    Saya juga bernasib serupa dengan bapak, mungkin hanya di media ini saya bisa melimpahkan keluhan serupa.. usaha saya dibidang jasa persewaan perlengkapan upacara / pesta juga tidak bisa jalan krn dampak ini, penghasilan tidak ada samasekali.. saya mengajukan unt keringanan dari ready kredit citibank, disuruh menghubungi 021-7519200, dan sangat sulit unt dihubungi sampai sekarang. Reputasi pembayaran saya selama 10 tahun dengan citibank juga lancar tanpa kendala.
    Saya hanya berharap citibank bisa membantu nasib nasabah²nya yg setia dng citibank krn dampak ini.

    • 26 April 2020 - (13:47 WIB)
      Permalink

      Smoga segera selesai ya pak thoriqqq dan pak kurniawan.saya pun ada cc citi dan ready.baru bs bayar mnimum sja.tp sudah alhmdllh yg pntg kebayar..smoga citibankkk bs ikut prog pemerintah perihal keringanan ya

  • 24 April 2020 - (14:07 WIB)
    Permalink

    sebelum corona yg punya kartu kredit bangga kaya orang sukses padahal pas pasan sekarang ada korona kelihatan semua yg punya kartu kredit pada bingung bayar dulu punya kartu kredit = orang sukses sekarang punya kartu kredit = orang susah

    • 26 April 2020 - (13:45 WIB)
      Permalink

      Bukan gitu juga kali pak. Kita juga klo bisa gamau pny utang gamau pnya kartu kredit. Tapi namanya hidup ga selamanya mulus pak.kalau bapak hdupnya tanpa CC dan tanpa hutang alhmdllh pak. Patut menjadi contoh yg baik. Kami ini yg terbelit sperti ini jg ada alasan nya.

      • 27 April 2020 - (23:58 WIB)
        Permalink

        Hi bapak galifat.
        Saya balas ya komen anda,
        Pertama gak selamanya pengguna kartu kredit di gunakan untuk poya poya untuk ajang pamer dll nya.

        Persepsi anda salah besar, saya gunakan kartu kredit saya untuk buka usaha saya yang ada di pasar Teluk gong. Ingat pak gak selamanya anda berada di atas hidup bagaikan roda berputar dan saya harap anda akan merasakan gmn ketika anda berada di bawah.

        Dan untuk yg lainnya terima kasih. Saya mau share saya di hubungi pihak call center dimana pihak cs hanya memberikan waktu 1 bulan hingga 27 mei. 2020 walaupun 1 bulan saya tetap berusaha apabila saya mendapatkan uang pasti saya akan bayar dan apabila kondisi masih seperti ini. Saya sudah terus terang bahwa saya tidak sanggup dan akan sanggup apabila kondisi ekonomi akibat virus corona sudah mulai pulih kembali.

        Saya berterima kasih juga dengan pihak citibank.

  • 20 Mei 2020 - (00:00 WIB)
    Permalink

    @Galipat, bank tidak akan menyetujui pengajuan kartu kredit bagi orang susah. Menggunakan kartu kredit untuk transaksi tentu ada alasan lainnya.
    1. Ada cashback dengan ssejumlah nominal belanja yang ditentukan.

    2. Ada reward berupa poin atau milles tergantung jenis kartunya. Reward bisa ditukarkan dalam voucher atau hadiah sesuai ketentuan masing2 bank.

    3. Sebagai dana modal untuk usaha.

    4. Untuk menyicil barang yang di inginkan.

    Transaksi menggunakan kartu kredit memang ada keuntungan. Sedangkan pembayaran cash tidak ada potongan diskon apapun. Jika ada uang cash juga masih bisa digunakan untuk mengemban usaha yang masih berjalan.

    Jika anda berpikir bahwa yang punya kartu kredit hanyalah orang susah itu adalah salah. Dengan kartu kredit maka kita tidak perlu membawa banyak uang tunai. Memang lebih mudah dan lebih efisien. Tahukah anda bahwa orang sukses maupun orang kaya menggunakan kartu kredit untuk transaksi di banyak merchant dengan cara mencicil belanjanya pakai kartu kredit? Mengapa demikian? Bukankah mereka adalah orang kaya? Anda harus tahu bahwa orang kaya adalah orang yang lebih pandai menghitung kerugian dan keuntungan menggunakan kartu kredit (inilah contoh orang berpikiran luas). Kartu kredit sangat berguna jika tahu cara penggunaan dan tahu membayar tagihan.

    Anda tahu sendiri karena masalah covid-19 banyak sekali orang yang gagal bayar. Namun anda menJUDGE pengguna kartu kredit adalah orang yang susah. Saya kira seorang pengusaha yang terdampak pada covid-19 ikut merasakan susah karena usaha yang berubah menjadi sepi dan berakibat kekurangan penghasilan.

    Apakah orang kaya memiliki Hutang? Tentu saja ada!! Jika ada orang kaya yang masih berhutang apakah dia termasuk orang susah?? Mohon dijawab dengan bijak. Jangan memberi menulis seperti orang buta.

  • 2 Juni 2020 - (19:05 WIB)
    Permalink

    dear teman2 yg terlilit utang kartu kredit .. saya hanya mau share kisah tmn sy yg memiliki pengalaman serupa intinya gini.. hadapi saja klo ada yg datang ato menelpon terima lalu bicarakan baik2 bhw anda memang tdk berniat kabur ttp ingin melunasi tp blm punya uang nya mnta d masukan ke program keringanan tp memang bth wkt tmn sy dah 2th tag citybank smp skrg dpt penawaran 70% pelunasan.. artinya pasrah terima tp ttp berikan kepastian untuk membayar semampunya.. en toh kita di kartu sbnrnya ad asuransi & sop dr bank pun ada terkait pelunasan kredit macet , srn tmn sy ga perlu pake jasa pengacara yg pke biaya 13-15% / limit lbh baik hdpi sndri en toh mrka hanya mediator sj sbnrnya bank lbh senang berhubungan langsung dgn nasabah nya.. sy pernah alami pke pngcra jg.. srt skrg jg sy cb mo hdpi sndri .. tetap lah berkomitmen kita akan membayar ga akn bs lgs lunas tnp pembayran sdikit pun dr kita namun cb kita kumpulkan sedikit2 jk ada uang klo dh ckp trus d ksh keringanan bs lgs bayar bayarkan lah.. itu pesan dr tmn sy yg prnh kelilit utang tp saay d datangi pihak bank ttp menerima dgn baik.. jika macam2 adukan ke polsek setempat jg bisa.. maka dr itu bersemangatlah yg lalu biarlah berlalu terima semua kesalahan kita lalu cb bangkit utk melunasi nya walopun ga bs seluruh nya… smga alloh mempermudah urusan hutang riba kita semua .. jika sdh d mudahkan jgn lah memakai jasa bank lagi.. silakan nonton yutube dr para ustads saat menghadapi utang.. bisa d jadikan refrensi.. maaf ya panjang smga intinya bisa di ambil hikmah utk langkah selanjutnya…

 Apa Komentar Anda mengenai permohonan ini?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Pengajuan Kesenggangan Pembayaran Kartu Kredit Citibank akibat Pandemi…

oleh Kurniawan dibaca dalam: 1 min
9