Rekening Dibobol via ATM, Tapi Pelayanan Bank Permata Kok Seperti Ini?

Saya sebagai nasabah Bank Permata sudah lebih dari 10 tahun. Kali ini saya menyampaikan kekecewaan yang sangat mendalam karena saya merasa dirugikan oleh Bank Permata, dengan kronologi kejadiannya adalah sebagai berikut:

Pada hari Minggu, 8 Maret 2020 saat itu posisi saya di rumah lokasi di kota Gresik. Sekitar pukul 21.45 saya buka HP ternyata ada pesan masuk notifikasi dari PermataBank yang isinya Tarik Tunai ATM Prima sebanyak 2 kali yaitu jam 20:40:11 IDR 2.500.000,00 dan jam 20:40:50 IDR 1.300.000,00. Seketika itu saya cek kartu ATM Bank Permata saya masih tersimpan didalam dompet saya.

Malam itu juga pukul 22.29 saya hubungi call center Bank Permata menyampaikan pengaduan masalah ini. CS Call Center Bank Permata menyampaikan bahwa ada Tarik Tunai di ATM Prima di Ruko Karang Ploso Malang sebanyak 2 kali transaksi seperti yang tertera di notifikasi PermataBank yang masuk di HP saya. Sesuai kesepakatan saya dengan Cs Bank Permata ATM saya malam itu juga diblokir & akan diadakan investigasi kasus ini dengan biaya sebesar Rp 200.000,00 dalam batas waktu maksimal 1 bulan. Saya diberi nomor pengaduan CHS000151ciq.

Besok harinya Senin, 09 Maret 2020 saya mendatangi CS Bank Permata Cabang Gresik sebagai penerbit ATM untuk menindaklanjuti pengaduan saya ke CS Call Center Bank Permata, jawaban dari CS masih dalam proses di kantor pusat Jakarta

Hari Jum’at 13 Maret 2020 saya ke CS Bank Permata Cabang Gresik untuk penggantian Kartu ATM yg telah diblokir dan menanyakan hasil pengaduan saya, jawabannya sama seperti sebelumnya yaitu masih dalam proses di kantor pusat Jakarta paling lama 2 bulan.

Di saat menunggu investigasi, saya selalu terima notifikasi sms dari BankPermata pada tanggal 16, 23, dan 31 Maret 2020 serta tanggal 2,15 dan 22 April 2020 yang isinya sbb.

Nsbh Yth, Pengaduan No.CHS000151ciq saat ini masih dlm proses penanganan. Kami akan info 5 hari kerja kedepan. Info hub PermataTel 1500111.

Sampailah pada tanggal 22 April 2020 jam 14.36 pihak CS Call Center Bank Permata menghubungi saya untuk menginformasikan bahwa berdasarkan investigasi transaksi penarikan di ATM Bank BNI ruko Karang Ploso Malang pada tanggal 8 Maret 2020 sukses dan normal. Dari 2 kali transaksi tersebut tidak ada indikasi penyalahgunaan dengan alasan sudah memakai pin yang terdaftar dengan Kartu ATM lama yang masih memakai magnetik strip.

CS juga menyampaikan tidak ada indikasi skimming atau trash dengan alasan skimming pasti lokasi transaksinya lebih jauh lagi bukannya di Malang. Dengan dalih semua alasan di atas sehingga tidak ada pengembalian dana ke nasabah. Selanjutnya CS Call Center Bank Permata menyampaikan bahwa proses investigasi sudah diselesaikan dan ditutup.

Sebagai nasabah Bank Permata dengan semua penjelasan yang disampaikan oleh CS Bank Permata tersebut saya belum bisa terima bahkan sangat mengecewakan karena saya sebagai nasabah bank Permata merasa keamanan nasabah tidak dilindungi. Saya sudah berusaha menjaga kerahasiaan data rekening/ ATM secara baik dan tidak melakukan transaksi tarik tunai di ATM BNI Ruko Karang Ploso Malang karena saat itu posisi saya di Gresik dan ATM Bank Permata masih di tangan saya.

Melalui surat pembaca ini saya mohon dengan hormat kepada pimpinan Bank Permata agar dapat mengembalikan hak saya sebagai nasabah. Saya sebagai nasabah sangat berharap Bank Permata memiliki empati dan sikap profesional untuk menyelesaikan kendala yang saya alami karena dana sejumlah itu bagi saya sekeluarga nilainya cukup besar.

Terima kasih.

Ernan Nurwidyatmoko
Gresik, Jatim


Catatan redaksi (diperbarui 19/6/2020): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai PermataBank:
[Total:22    Rata-Rata: 4.1/5]
Tanggapan PermataBank atas Surat Bapak Ernan Nurwidyatmoko

Berkenaan dengan Surat Pembaca yang ditulis oleh Bapak Ernan Nurwidyatmoko, berjudul “Rekening Dibobol via ATM, Tapi Pelayanan Bank Permata Kok...
Baca Selengkapnya

Loading...

10 komentar untuk “Rekening Dibobol via ATM, Tapi Pelayanan Bank Permata Kok Seperti Ini?

  • 28 April 2020 - (08:13 WIB)
    Permalink

    Ikut prihatin pak, smg masalah ini ada solusi pengembalian dana yang telah tertarik, bukan oleh si pemilik. Amin YRA.

  • 28 April 2020 - (21:56 WIB)
    Permalink

    Semua bank sama.. kita tidak tahu kronologi transaksi Krn tidak dibuka.. tapi tetap aja dianggap transaksi berhasil sukses.. dan kasus closed (sepihak)

  • 5 Mei 2020 - (14:49 WIB)
    Permalink

    Semoga cepat selesai permasalahannya karena menyangkut kredibilitas bank permata,dana yang dititipkan nasabah adalah tanggung jawab 100% pihak bank,kalau case ini berlarut2 tak berujung uang nasabah kembali,akan sangat merugikan nasabah bila kejadian ini berulang2,ujung2nya kepercayaan masyarakat drop dan pindah ke bank lain yang lebih secure dan terpercaya.

  • 5 Mei 2020 - (17:28 WIB)
    Permalink

    Waduh… kalau seperti ini nasabah jadi merasa gak aman dong, kartu atm di gresik…bisa dibobol di malang.
    Bagaimana perlindungan terhadap nasabah?? Sebaiknya diganti uangnya, biar nasabahnya merasa nyaman & aman

    • 7 Mei 2020 - (19:45 WIB)
      Permalink

      Pihak bank Permata seakan menutup mata & tidak mau repot. Kehilangan dana di rekening yg bukan karena kelalaian nasabah murni tanggung jawab bank atas kelemahan sistemnya dan bukannya malah berdalih secara sepihak dengan menyebut tidak ada indikasi skimming. Semoga bank Permata bisa menjaga kredibilitasnya seperti bank bank yang lain yg pernah mengalami kasus serupa dengan secara bertanggung jawab mengembalikan dana yang merupakan hak nasabah

  • 5 Mei 2020 - (17:44 WIB)
    Permalink

    semoga masalah yang bukan berasal dari kelalaian nasabah dapat diselesaikan tanpa merugikan nasabah

  • 6 Mei 2020 - (05:07 WIB)
    Permalink

    Prihatin atas masalah yg bapak alami.
    Semoga Bank Permata mengembalikan dana nasabah yg ditarik bukan oleh pemiliknya supaya nasabah tidak skeptis terhadap bank Permata.

  • 6 Mei 2020 - (05:16 WIB)
    Permalink

    Alangkah baiknya kasus ini bisa ditindak lanjuti secara mendalam. Mengapa kasus ini bisa sampai terjadi. Kelalaian nasabah ataukah sistem dari Bank yang bersangkutan. Serta konsekuensi pertanggung jawaban pada nasabah sehingga tidak ada pihak yang merasa dikecewakan ataupun dirugikan.

  • 6 Mei 2020 - (21:22 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin pak.. Bank itu sebenernya tempat penyimpanan uang paling aman dan praktis… Kalau seperti ini gimana ? Semoga pihak bank segera menyelesaikan masalah ini dan bisa mengembalikan dana nasabah yang ditarik orang lain..

 Apa Komentar Anda mengenai PermataBank?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Rekening Dibobol via ATM, Tapi Pelayanan Bank Permata Kok Seperti Ini?…

oleh Ernan Nurwidyatmoko dibaca dalam: 2 min
10