Kebijakan Tokopedia Menutup Modal Toko, Tidak Sejalan dengan Pemerintah di Tengah Pandemi Covid-19

Bulan Mei 2020 menjadi hal terberat bagi kami khususnya yang memiliki toko di marketplace Tokopedia, dimana kami selaku pemilik toko mempunyai cicilan Modal Toko yang disediakan oleh Tokopedia. Permodalan toko kami diambil dari fitur yang diberikan oleh Tokopedia yaitu Modal Toko. Akan tetapi pada saat Pemerintah dengan gencar membantu usaha-usaha MICRO supaya tidak berada di ambang kebangkrutan, Tokopedia malah sebaliknya, dimana kebijakan yang diambil oleh Tokopedia sangat tidak manusiawi dan sangat tidak masuk akal.

Kebijakan tersebut melakukan pembekuan saldo yang ada di Modal Toko, dimana ketika pemilik toko yang seharusnya dapat menarik Modal Toko pada aplikasi Tokopedia, saat ini ditutup sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan. Sedangkan baik toko offline atau online kami yang bergerak dibidang kuliner atau semacam kue sangat bergantung pada permodalan tersebut mengingat pada bulan Maret dan April situasi berat kami lewati, dan Mei mulai beranjak bangkit sedikit demi sedikit. Akan tetapi Modal Toko yang biasanya bisa kami cairkan malah dengan tidak manusiawi ditutup.

Hal ini sangat merugikan kami selaku pengusaha kecil yang berimbas pada toko kami yang tutup, dan dua karyawan yang tidak bisa bekerja lagi dengan kami.

Selain itu Tokopedia pun bekerjasama dengan Ovo PayLater, dimana kebijakannya harus membayar full saldo yang sudah dipakainya tanpa adanya cicilan atau minimum pembayaran seperti yang sebelumnya.

Jelas ini sangat bertentangan dengan kebijakan Pemerintah, di satu sisi pemerintah memperjuangkan para pedagang kecil supaya tidak mengalami kebangkrutan atau menambah dampak yang lebih parah dalam menghadapi Covid 19 ini.

Kiranya dalam tulisan ini khususnya untuk TOKOPEDIA dapat lebih membantu Pemerintah untuk mewujudkan apa yang menjadi program pemerintah dengan tidak membuat kebijakan yang semena-mena sehingga menimbulkan kerugian bagi pemilik usaha kecil seperti saya. Dan membuat kerugian beberapa pekerja saya yang dengan sangat terpaksa harus saya berhentikan.

Dan semoga dapat dibantu oleh team Media Konsumen supaya TOKOPEDIA dapat mengembalikan sebagaimana fungsi sebelumnya pada Modal TOKO di TOKOPEDIA. Karena kami sangat yakin para pelaku usaha di Tokopedia mengalami hal yang sama, sehingga makin banyak lagi dampak yang serius ditimbulkan, tidak hanya dengan dampak kesehatan bagi kami, melainkan dampak ekonomi bagi kami dan para pekerja kami.

Informasi:

Amar Bank menunda cicilan sampai dengan bulan Agustus 2020
Adira Finance menunda cicilan sampai dengan akhir Juni 2020

Eko Supriyanto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Kebijakan Tokopedia Menutup Modal Toko, Tidak Sejalan dengan Pemerinta…

oleh ekosupriyanto3 dibaca dalam: 1 menit
36