Proses Klaim Barang Palsu di Tokopedia Berlarut-larut

Pada tanggal 28 April 2020, saya melakukan pembelian earphone melalui Tokopedia. Namun pada tanggal 30 April saya melakukan komplain kepada penjual karena pada desc. mengatakan barang “Original/Asli”, namun barang yang saya terima ternyata barang OEM atau palsu. Sehingga saya melakukan klaim dan komplain.

Pada tanggal 30 April 2020 hingga 2 Mei 2020 itu adalah proses dimana saya dimintai keterangan dan bukti dari barang tersebut, dan saya bisa membuktikan bahwa barang tersebut tidak sesuai description. Lalu saya diminta untuk mengembalikan barang tersebut kepada penjual.

Pada tanggal 06 Mei 2020 penjual memberi tahu alamat pengembalian, dan pada tanggal yang sama saya kembalikan barang tersebut menggunakan jasa JNE dengan no. resi 014300091884420. Setelah saya tunggu pada tanggal 08 Mei ternyata ada keterangan RUMAH KOSONG. Saya lakukan diskusi dengan pihak Tokopedia mulai tanggal 09 Mei 2020, dan pihak Tokopedia melakukan investigasi dengan JNE hingga tanggal 16 Mei 2020.

Namun yang bikin saya kecewa, kenapa saya diminta untuk mengajukan klaim kepada JNE? Sedangkan saya mengajukan claim kepada Tokopedia BUKAN kepada ekspedisi. Seharusnya pihak Tokopedialah yang ngurusin ke ekspedisi dan penjual. Bukan pembeli yang dibikin ribet seperti ini, karena ini udah berlarut larut hampir 1 bulan!!

Vincentia
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kok saya ikut emosi ya... sampai gitu dungunya Tokopedia... penjual tsb kan rekan dia harusnya dia yg ngurus malah kalau melanggar aturan ya berhentikan

  • Setahu saya oem itu kan original juga ( secara kualitas ) hanya beda tempat diproduksinya saja.
    Kalau mau yg original itu hanya ada di daeler resmi atau produk yg include saat membeli produk baru.
    Cmiiw

  • Jangan belanja lagi di tokopedia. Apalagi sejak kebocoran data. Meskipun transaksi & password aman, tp data lainnya seper nama, email, tgl lahir, no telp, bocor semua..

  • #tokopedia ya....
    gw juga ada kendala ama ne toko... Gak tau dah, dah masuk 2 or 3 bulan keluhan gw ini, ampe lupa itung hari nya.... singkat cerita aja neh.. gw pake OVO PAYLATER, gw dah bayar 3x cicilan, tapi kagak masuk2.... Ampe sekarang balesan email, chat, or tlp dari cs nya, sama aja cuma nanyain keluhan gw 🤦... dah itu gw nya suruh sabar (macam nasehat emak gw 😂😂)
    Abis urusan ini... Yakin gw bakal UNINSTAL TOKOPEDIA.
    oya... Masalah gw ini ngenyangkut : TOKOPEDIA, OVO PAYLATER, TARALITE (yang bisa dinitung jari nge call gw).

    • hahahahaha tokped terlalu bertele tele dalam menyelesaikan masalah . apalagi data udh bocor