Uang Tabungan di Simpedes Bank BRI Hilang

Saya merupakan nasabah Simpedes Bank BRI. Kronologi kejadian:

  • Pada tanggal 21 April 2020 melakukan transaksi transfer ke bank lain Rp300.000 sisa saldo Rp10.237.748
  • Pada tanggal 21 April 2020 melakukan transaksi Tarik tunai Rp300.000 sisa saldo Rp9.937.748
  • Pada tanggal 24 April 020 hari Jumat berniat melakukan transfer ke orang tua sebesar Rp1 juta tapi muncul keterangan saldo tidak mencukupi, selanjutnya melakukan cek saldo dan muncul Rp407.748

Langsung menghubungi call center BRI di 14017 untuk melakukan pemblokiran kartu ATM dan nomor rekening.

Selanjutnya pada tanggal 27 April 2020 mendatangi kantor cabang Bank BRI tempat membuka tabungan, dan rencana akan membuat aduan. Di CS disarankan untuk langsung membuat aduan ke pusat yaitu call center, dan hanya dibuatkan kartu ATM yang baru serta print out transaksi.

Setelah dilihat ternyata benar ada sejumlah transaksi yang sama sekali tidak pernah saya lakukan, berikut transaksinya:

  • 23/04/20 15:50:14 5221843057413937003222 000 Rp3,000,000,_ (pemindahan dana)
  • 23/04/20 15:50:14 5221843057413937003222 000 Rp7,500,_ (admin)
  • 23/04/20 15:50:43 5221843057413937003223 000 Rp3,000,000,_ (pemindahan dana)
  • 23/04/20 15:50:43 5221843057413937003223 000 Rp7,500,_ (admin)
  • 23/04/20 15:51:12 5221843057413937003224 000 Rp3,000,000,_ (pemindahan dana)
  • 23/04/20 15:51:12 5221843057413937003224 000 Rp7,500,_ (admin)
  • 23/04/20 15:51:40 5221843057413937003225 000 Rp500,000,_ (pemindahan dana)
  • 23/04/20 15:51:40 5221843057413937003225 000 Rp7,500,_ (admin)

Saldo terakhir Rp407,748 (saldo sisa setelah dana terkuras)

Selanjutnya sesuai saran dari CS bank BRI saya membuat aduan ke Call Center BRI di 14017 menceritakan kronologi kejadian, dan diterimalah laporan dengan no aduan 28060671 per tanggal 27 April 2020. Setiap 2 hari sekali saya menghubungi pihak call center dan akun IG dari Bank BRI dan mendapatkan jawaban:

“Laporan masih dalam proses tindak lanjut, laporan akan diproses maksimal 20 hari kerja”

Semenjak tanggal 27 April 2020, sampai dengan tanggal 20 Mei 2020, saya tanyakan kembali, dan jawabannya masih tetap sama, masih menunggu tindak lanjut.

Mohon kepada pihak BRI untuk lebih cepat tanpa harus menunggu 20 hari kerja dalam menindaklanjuti laporan saya tersebut, karena ini masalah cukup serius. Berhubungan dengan pencurian data nasabah dan pembobolan uang tabungan.

Sekian dan terima kasih.

Sriyono, ST.
Kota Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Sistem Keamanan Bank BRI:
[Total:466    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Bank BRI atas Surat Pembaca Bapak Sriyono, ST

Tentang keluhan yang disampaikan, Bank BRI telah melakukan investigasi dan menghubungi nasabah untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami. Kasus tersebut merupakan...
Baca Selengkapnya

Loading...

41 komentar untuk “Uang Tabungan di Simpedes Bank BRI Hilang

  • 21 Mei 2020 - (11:58 WIB)
    Permalink

    Itu sama kaya istri saya pak nungu 20 hari sampai sekarang tidak ada keputusan yang jelas alesan mau di tlp ke no pas pengaduan 2 bulan lebih gk ada tlp terus aja desak pihak bank nya saya aja dah kecewa gk ada penjelasan

    • 22 Mei 2020 - (13:27 WIB)
      Permalink

      Saya jg mengalami hal yang sama di bulan January 2020. Semua prosedur yg disarankan BRI sudah saya ikuti. Bahkan sampai sekarang uang saya tidak kembali dan investigasi BRI juga tidak membuahkan hasil. Alasan pihak BRI, karena uang tabungan saya tersebut diambil dari bank yang berbeda alias bukan BRI.

    • 22 Mei 2020 - (14:58 WIB)
      Permalink

      masalah saya sudah terselesaikan om,alhamdullilah dana sudah dikembalikan per hari ini tgl 22/05

      • 9 Juli 2020 - (16:35 WIB)
        Permalink

        Hari ini saldo tabungan suami saya juga lenyap.
        Kami sudah melapor ke bank BRI dan memblokir rekening dan ATM BRI.
        Semoga uang suami saya kembali karna suami saya sudah tidak bekerja lagi alias kena PHK.
        Uangnya kembali 100% atau tidak pak?

    • 21 Mei 2020 - (19:22 WIB)
      Permalink

      Teman-teman. Jika kita bertindak dengan ancaman hukum, mereka akan bekerja secara lambat padahal ketika menaruh kepercayaan (uang) kepada mereka, dengan cepat mereka menyambut. Ayo kita somasi mereka yang lalai terhadap tanggung jawab nasabahnya. Hubungi WA saya jika memang teman-teman membutuhkan bantuan hukum. 0812943922**. Terima kasih.

      • 21 Mei 2020 - (22:10 WIB)
        Permalink

        BRI oh BRI sejak dulu beginilah nasib kalau menabung di bank kalian… Selalu jadi saran utama kehilangan data, kehilangan uang, perampokan …

        Kenapa keamanan perbankan kalian sangat rentan sekali dengan pembobolan? Lihat tuh bank BCA selalu aman… Contoh lah mereka

      • 22 Mei 2020 - (17:32 WIB)
        Permalink

        jadi takut dan ragu buat nabung di bank dengan nominal besar, jadi yang aman nabung dimana dong 🤔😁

        • 23 Mei 2020 - (02:30 WIB)
          Permalink

          Kalau saya boleh saran, untuk uang dg nominal besar manfaatkan saja fasilitas deposito, ambil yg jatuh temponya tdk terlalu panjang jika khawatir suatu saat dana dibutuhkan, proteksinya yg saya cari dr deposito ini, karena pemilik rekening harus datang ke kantor bank langsung jika ingin mencairkan dana.. cmiiw

      • 22 Mei 2020 - (20:37 WIB)
        Permalink

        Pemindahan dana… berarti uangnya masuk ke rekening lain…dan pastinya ada data pemilik rekening penampung tersebut..kok gak bisa diusut tuntas.. ganti buku rekening karena penuh saja ribetnya minta ampun sampai nama ibu kandung jg ditanya..ini kok yg punya rekening dianggap siluman yg gak jelas…

    • 21 Mei 2020 - (21:47 WIB)
      Permalink

      Terimakasih atas responnya, semoga segera ditemukan hasil investigasinya ya ibu,

    • 21 Mei 2020 - (22:19 WIB)
      Permalink

      Disomasi saja kelalaian BRI ini. Uang nasabah tolong dikembalikan secepatnya. Dimana tanggung jawab hukum anda BRI? Mau dilanjutkan secara hukum agar anda bergerak cepat untuk mengembalikan uang nasabah tersebut?
      Tolong dijawab dengan tindakan nyata!!!

  • 21 Mei 2020 - (13:56 WIB)
    Permalink

    Apakah kartu ATM-nya sudah model ber-chip? atau masih pake magnetic?
    Apakah lokasi pembobolan berasal dari lokasi ATM yg di gunakan sebelumnya?

    • 21 Mei 2020 - (21:49 WIB)
      Permalink

      masih berchip pak, sepertinya kl dilihat dari jml nominal setiap kali penarikan bukan lewat mesin atm pak, dikarenakan sekali tarik bisa rp.3.000.000, setahu saya kalo di atm max sekali tarik 2,500,000

      • 21 Mei 2020 - (22:16 WIB)
        Permalink

        Intinya BRI harus segera bergerak cepat. Ini bukan keluhan biasa. Nasabah butuh uang untuk digunakan membiayai kebutuhan hidup. Nasabah butuh uangnya dikembalikan. Apa perlu disomasi lebih dulu!?

        • 22 Mei 2020 - (00:30 WIB)
          Permalink

          Saya juga merasa was2 karna saya juga tgl 30 April kemarin membuat laporan kehilangan,dan itu tidak sedikit,30 juta.dan sya harus menunggu 20 hari masa kerja.
          Saya sudah lama menjadi nasabah BRI,tp baru kali ini saya merasa kehilangan sebanyak itu.saya TDK melakukan transaksi sama sekali,tp selama 3 hari tabungan saya hilang 30 juta.

        • 22 Mei 2020 - (02:46 WIB)
          Permalink

          Pihak banking sangat takut dgn namanya reputasi..infokan segera ke medsos lainnya jika 20hari tetap tidak ada tanggapan untuk kembali dana nya..saya mendengar berita ini saja sdh khawatir akan saldo saya di bank tsb..apalagi kalo membuktikan sendiri..sdh pasti saya akan tutup rek saja..apalagi dana kalo mencapai 100 milyar..bisa kebakaran jenggot pastinya pihak banking tsb..lsg ada aksi cepat tanggap pastinya…dr bos2 besar pihak banking turun tangan untuk merayu kembali agar tdk ditarik dananya…

    • 23 Mei 2020 - (10:57 WIB)
      Permalink

      Saya juga terakhir transaksi tgl 8 Mei 2020 hari Jum’at di sebuah Indomaret,itu saya transaksi pakai bank mandiri yg ada logonya link soalnya pas saya transaksi ATM BRI lgi ada ganguan makanya aku pkai bank lain.krna saya buru2 saya gk ngecek ATM di dompet ,smpai hari Minggu ,pas hari minggunya baru ngecek dompet trnyata ATM saya hilang.tpi saya sempet ngecek pakai m.banking hari Sabtu saldo masih utuh,herannya pas saya mau ngecek m.banking hari Minggu jam 10 pagi uang udah mulai berkurang 5 juta dalam 2x transaksi pakai bank BCA .itu ngambil sekitar kurang lebih jam9:30 kalau seumpama ATM hilang dari hari jum’at.pasti ATM udah di temukan orang lain pas hari Jum’at,atau hari sabtu.klu uang mau hilang ya harusnya hari itu jga,ini malah hari Minggu anehh.anehnya jga klu orang gak tau pin saya, orang ngambil uang dengan nomer yg acak belum tentu benar,apa lgi nyampe 3 x ngacak nomer dengan pin salah pasti ATM saya pasti udah ke blokir sendiri.

    • 21 Mei 2020 - (23:44 WIB)
      Permalink

      BCA jg tidak aman. 2 rekening sy, saldonya jg berkurang pdhk samasekali tidaknmelakukan transaksi. sy udh adukan ke KCP BCA stempatbdan masih suruh menunggu proses aduan. menyimpan uang di bank biar aman, tp ternyata byk kejadian saldo nasabah yg hilang. tanggungjawab bank sampe dimana..? cm proses aduan. masihkah aman simpan uang dibank ?

    • 22 Mei 2020 - (08:16 WIB)
      Permalink

      Sama dengan suami saya,uang hilang di rekening BRI, dr bulan maret 2020 dan tdk ada pertanggung jawaban dr pihak BRI

  • 21 Mei 2020 - (17:35 WIB)
    Permalink

    Saya pernah juga kejadian begitu di suruh nunggu 14 hari alhamdulillah baru 7 hari uang di kembalikan pihak bri saya cuma berpikir kl uang itu hilang dan nggak kembali berarti itu bukan rejeki saya cuman numpang aja di rekening kl msh kembali berarti rejeki saya iklas pasrah yg penting sdh usaha ikhtiar lapor ke pihak bri selebihnya kl memang rejeki padti kembali

    • 21 Mei 2020 - (21:51 WIB)
      Permalink

      iyan om..semoga bisa dikembalikan, karena saya yakin bank bri akan selalu berbuat yang terbaik untuk nasabahnya…

  • 21 Mei 2020 - (22:23 WIB)
    Permalink

    Nasabah yang sabar tidak jelas akan dipermainkan oleh oknum yang seharusnya bertanggung jawab. Kita sebagai nasabah maupun konsumen harus tegas untuk menuntut hak kita. Jika secara kekeluargaan diabaikan, lanjutkan tindakan hukum agar oknum yang bermain dengan kewajibannya dapat dipertanggungjawabkan. Perjuangkan hak anda dengan semangat 45 karena anda benar dan mereka salah!!!
    Uang nasabah kok bisa dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Kan bodoh!!!

  • 22 Mei 2020 - (02:37 WIB)
    Permalink

    Trs knp y sekrng klu bukn pemilik rek.gk bisa ngprint ?saya diluar negri saya punya rek,bri ayang sring kirim di rek,atas nama saya sendiri,saya ingin tahu uang yg saya kirim ada masuk tidak,dn brpa saldo saya suruh ortu untuk ngprint tp tidak diperbolhek hrus nunggu pemilik sndiri yg ngprint saya kn jdi was” takut hilng

  • 22 Mei 2020 - (05:05 WIB)
    Permalink

    Kejadian itu jg sm sprt sy,,dan pihak bri sama sekali tidak ngasi solusi hanya tunggu inbestigasi dan waktunya tidak terbatas,saldo sy berkurang dr nominal 500rb,300rb,200rb dng wkt yg beda detik klo di total per bulan ilang 4 jt, itupun terjadi selama bbrp bln,dan yg saya print 2 bln aja,krn liat itikat baek bri dlm.menanganu masalah bagaimana,rupanya tetap sama seperti kasus yang laen,uang tidak kbali dan tidak ada kejelasan,,,,pdhl dr print out sj uda ketahuan hasil klo yg transaksi bukan m.banking saya,jls sdh di bobol rekening sy,,tp msh sj blg investigasi,,mohon kebijakannya lbh tegas lg,,ganti uang nasabah toh profit bri tiap th jumlahnya trilyunan,sy menabung di bri cabang kawi malang,,trimakasih.

  • 22 Mei 2020 - (14:57 WIB)
    Permalink

    Assalammualaikum wr wb,
    Pertama tama saya ucapkan banyak terimaksaih kepada pihak mediakonsumen.com,sebagai wadah untuk pengaduan masyarakat, yang kedua saya ucapkan banyak terimakasih kepada Pihak bank BRI yang telah menanggapi dan menyelesaikan masalah saya dengan sudah mengembalikan dana ke rekening saya, perhari ini jumat tanggal 22 Mei 2020 kurang lebih pukul 14.20 sejumlah uang yang hilang, kedepan kejadian ini akan menjadi pembelajaran buat saya sebagai nasabah untuk lebih berhati hati lagi dalam bertransaksi, dengan demikian no aduan saya ter tanggal 27 april 2020 no.28060671 sudah close dan terselesaikan dengan baik, terimakasih juga kepada bapak/ibu yang sudah berkenan menanggapi keluhan saya di mediakonsumen.com.

  • 22 Mei 2020 - (15:02 WIB)
    Permalink

    Wuih mantaaaap! BTW, dari pihak BRI mengakui atau bagaimanakah ceritanya?
    Apakah karena Skimming atau bagaimana?
    Boleh tahu ending dari sisi BRI-nya.

    • 22 Mei 2020 - (19:16 WIB)
      Permalink

      iya pak teddie..alhamdullilah….atas respon dari BRI….hasil investigasi kena kejahatan skimming pak.

  • 22 Mei 2020 - (21:31 WIB)
    Permalink

    Gan pengalaman temen ane pernah ngalamin kasus gini terus dia lapor ke banknya, alhamdulillah uangnya dibalikin. Coba laporan dulu gan, bank bri pasti usut kasus kaya gini kok. Semoga segera selesai ya. Jaman sekarang banyak banget orang orang jahat

  • 22 Mei 2020 - (22:03 WIB)
    Permalink

    Punya saya juga lebih lucu…. pinjaman sudah lunas 3 tahun yang lalu… agunan sudah d kasih kan…kenapa rek BRI saya yg lain d blokir… alasannya karena ada tunggakan pinjaman…yg sudah saya selesaikan dan agunan yg sudah d kembalikan….saya sebagai nasabah merasa sangat d rugikan karena uang saya ikut ke blokir …. padahal dengan kondisi yg lagi pandemi. Uang itu sangat berharga sekali

    • 8 Agustus 2020 - (16:10 WIB)
      Permalink

      Saya pun mengalami hal yg serupa.. saya mengalami kerugian 76 jta.. setelah saya laporkan pihak bank BRI menjanjikan tuk pengembalian dana.. muda2han pihak BRI benar2 mengembalikan dana tersebut

  • 25 Agustus 2020 - (21:30 WIB)
    Permalink

    Ternyata bukan hanya saya yang mengalami keluhan yang sama, saya baru baru ini kehilangan saldo di tabungan simpedes Bri, pertama saldo saya berkurang 50k, dalam beberapa hari ini, tidak terlalu saya pikir kan, tapi untuk yang ke dua kalinya saldo saya tiba tiba berkurang lagi sebesar 40k, padahal saya tidak melakukan transaksi, saya jadi heran kok tiap dua hari saldo saya berkurang, kejadian nya hari ini selasa 25 -08-2020, apakah memang begini cara kerja nya bank bri, sudah tidak ada keamanan nya lagi untuk para nasabah.. Mohon bantuannya !

  • 20 September 2020 - (15:22 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru ngalamin hari ini, beberapa Minggu yang lalu saya melakukan transaksi tf sesama bank BRI, saldo terakhir 4juta, tadi saya melakukan penarikan tunai 700ribu tapi sisa saldo saya menjadi 1,4juta. Ini bagaimana ya sarannya biar uang saya kembali?

    • 21 September 2020 - (17:56 WIB)
      Permalink

      Sy juga mengalami hari ini, setelah sy cek saldo sy, semuanya habis 21,5jt padahal sy gk pernah melakukan transaksi sama sekali. Sy sudah melapor ke pihak BRI dan disuruh nunggu 20hari. Semoga uang sy bisa kembali, soalnya cuman itu tabungan sy…

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Bank BRI?

Ada 41 komentar sampai saat ini..

Uang Tabungan di Simpedes Bank BRI Hilang

oleh Nanang dibaca dalam: 1 min
41