Transaksi di Shopee Tidak Dapat Cashback Seperti yang Seharusnya, Malah Mengancam akan Blokir Akun

Saya dan adik saya mengalami kejadian yang tidak menyenangkan saat bertransaksi di Shopee. Tanggal 5 Mei 2020 saya melakukan pembelian di Shopee memakai voucher cashback yang ada di akun saya. Setelah barang sampai ke alamat saya, saya pun melakukan konfirmasi terima barang. Seharusnya saat itu juga cashback langsung masuk ke akun saya. Namun herannya setelah dicek cashback yang masuk adalah 0 (screenshot terlampir).

Saya lalu menanyakan hal ini ke twitter layanan pelanggan Shopee di @shopeecare. Oleh mereka saya pun dibuatkan laporan dengan nomor 65890376 dan dijanjikan dalam 3 hari kerja akan diberitahu hasil pengecekannya. Namun setelah berhari-hari saya tidak kunjung mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai masalah saya ini.

Lalu pada tanggal 18 Mei 2020 adik saya melakukan pembelian di restoran McDonalds memakai voucher deal yang dibelinya di Shopee melalui akun Shopeenya. Voucher tersebut mengatakan bahwa konsumen akan mendapatkan cashback senilai 50% maksimal Rp 50000.

Adik saya kemudian melakukan pembelian senilai Rp 96000. Seharusnya cashback yang diterimanya adalah Rp48000. Namun ternyata cashback yang masuk hanyalah Rp 24000. Karena merasa janggal, saya pun melaporkan lagi kendala ini dan dibuatkan laporan dengan nomor 66106252. Kali ini pihak Shopee menjanjikan 5 hari kerja akan memberikan hasil pengecekannya, namun sama seperti sebelumnya, sudah melewati estimasi waktu yang dijanjikan, pihak Shopee hanya meminta saya menunggu dan menunggu.

Hingga akhirnya saya dihubungi oleh pihak Shopee pada tanggal 28 Mei 2020 dan mengatakan bahwa transaksi saya telah melanggar peraturan di Shopee tanpa menyebutkan dengan detail jenis pelanggaran yang dimaksud. Pihak Shopee juga mengatakan bahwa ada indikasi device saya telah digunakan untuk 4 akun Shopee dan seharusnya akun saya sudah diblokir.

Tentu saja saya tidak menerima penjelasan seperti itu. Saya merasa pihak Shopee berusaha menakut-nakuti dengan hendak memberlakukan pemblokiran akun jika tidak menerima apa yang sudah ditentukan. Saya tidak takut akun saya diblokir karena yakin sudah bertransaksi sesuai prosedur yang ada, dan saya pun juga memakai voucher yang saya miliki di akun milik saya sendiri.

Sebagai tambahan, saya juga telah melakukan verifikasi data serta menyerahkan scan ktp dan kartu keluarga untuk verifikasi bahwa itu adalah akun milik saya. Pihak Shopee lalu mengakhiri pembicaraan di telepon dan mengatakan akan menghubungi saya lagi di keesokan hari.

Kenyataannya, besoknya pihak Shopee sama sekali tidak menghubungi saya. Mereka malah mengirimkan pesan via twitter bahwa berdasarkan pengecekan cashback atas transaksi adik saya di McDonalds akan diteruskan, dan cashback atas transaksi saya akan dicek kembali. Namun hingga saat ini tidak ada kelanjutannya. Saya menanyakan pun sama sekali tidak dihiraukan/dibalas.

Merasa tidak ada itikad baik dari pihak Shopee untuk menyelesaikan masalah ini, saya pun membuat surat di Media Konsumen. Saya benar-benar kecewa dengan sikap mereka dalam menangani masalah konsumennya. Tanggapan yang sangat lama serta cara mereka menangani sama sekali tidak professional.

Apakah mereka sengaja tidak menanggapi dengan serius dengan harapan konsumen melupakan masalah yang dihadapi? Lalu ucapan yang secara tidak langsung mengindikasikan pemblokiran akun seolah-olah ‘memaksa’ konsumen menerima hak mereka dirampas jika tidak ingin akun mereka diblokir. Semoga surat saya ini bisa menjadi informasi bagi para pengguna Shopee lainnya.

Shiela Hartiningtyas
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee Pay:
[Total:45    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

13 komentar untuk “Transaksi di Shopee Tidak Dapat Cashback Seperti yang Seharusnya, Malah Mengancam akan Blokir Akun

  • 4 Juni 2020 - (09:57 WIB)
    Permalink

    SHOPEE SEKARANG INI SUDAH BANYAK SELLER NAKAL & TIDAK AMANAH, WALAUPUN TOKO SEKELAS OFFICIAL STORE. HARGA LEBIH MAHAL DARI APLIKASI SHOPPING ONLINE LAINNYA D JUGA TIDAK BISA MEMBANTU KELUHAN PARA KONSUMEN YANG DIRUGIKAN…!!!

    • 4 Juni 2020 - (11:06 WIB)
      Permalink

      betul sekali, saya setuju terkait hal ini. Meski official store pun tetap harus hati-hati. Tetap harus pintar dalam membaca ulasan pembeli. Dan faktanya, harga di official store malah lebih mahal.

    • 10 Juni 2020 - (22:48 WIB)
      Permalink

      kembali lagi ke orangnya mas. Kalau buat saya sebagai ibu rumah tangga harus pintar mengatur keuangan. Mungkin buat orang lain tidak mempersoalkan cashback, tapi berbeda dengan sebagian yang lain yang cashbacknya bisa dipakai untuk kebutuhan yang lain.

  • 5 Juni 2020 - (11:19 WIB)
    Permalink

    Yah aneh saja
    Kan tertera dengan jelas cashback maksimal 50ribu,
    Dan biasanya juga pasti nya yang d dapat di antara 20-30ribu, gk mungkin 50ribu

  • 5 Juni 2020 - (21:54 WIB)
    Permalink

    Sy tidak bisa membayangkan “jenis” customer ini megang Kartu Kredit, trus rugi ratusan ribu/jutaan Rp krn bayar Anual Fee.
    Prihal Cashback (max 50rb) aja di Up di media, yang jelas secara finansial tidak mengalami kerugian utk voucher MCD. nominal dan barang yang didapat sama kan ? Buset, ribet.

    • 10 Juni 2020 - (22:54 WIB)
      Permalink

      Tolong bedakan mas masalahnya. Kalau berlangganan kartu kredit, pastinya sudah tahu kan berapa biaya bulanan yang harus dibayar. Jadi kalau saya berlangganan kartu kredit, pastinya sudah siap membayar biaya tersebut.
      Lha ini saya sudah membeli voucher, ternyata setelah digunakan, vouchernya tidak berfungsi seperti seharusnya. Sebagai konsumen saya rasa wajar jika mengajukan komplain. Toh saya sudah membayarnya. Ini bukan masalah nominalnya. Jadi menurut masnya, kalau nilai cashbacknya kecil, tidak usah diup ke media, tapi kalau nilainya jutaan, baru diup ke media. Begitukah? Tidak logis sekali. Kalau saya hanya diam saja, berapa banyak lagi yang akan dirugikan oleh seller yang nakal seperti ini?

      • 14 Juni 2020 - (12:23 WIB)
        Permalink

        Intinya kan tetap dapat cashback mbak. Duh ribet banget hidup lo, voucher yang lo beli juga harga seribu doang. Udah mbaknya makan nasi pecel aja, jangan gaya2an makan McD tapi giliran nggak dapat cashback malah ngomel-ngomel.

  • 10 Juli 2020 - (20:49 WIB)
    Permalink

    Di dalam 1 pernyataan penulis menyampaikan “transaksi saya telah melanggar peraturan di Shopee tanpa menyebutkan dengan detail jenis pelanggaran yang dimaksud” di kalimat berikutnya penulis menyampaikan “Pihak Shopee juga mengatakan bahwa ada indikasi device saya telah digunakan untuk 4 akun Shopee dan seharusnya akun saya sudah diblokir” itu kan berarti dijelaskan detail pelanggarannya ?

    Kalo Anda dan Adik Anda menggunakan 1 HP yg sama, login dan logout dengan 1 device itu memang melanggar kebijakan Shopee. Karena ada beberapa orang membuat beberapa akun Shopee untuk memanfaatkan Cashback dan Gratis Ongkirnya di dalam 1 HP.

  • 10 Juli 2020 - (21:29 WIB)
    Permalink

    Ya supaya tahu juga, saya coba buka S&K Shoppe cash back di websitenya, disini jelas tertulis: Berlaku untuk 1 (satu) kali checkout per pengguna per periode promosi via aplikasi Android/iOS Shopee. Apabila Shopee mendeteksi bahwa 1 (satu) pengguna memiliki beberapa akun aktif, maka seluruh transaksi yang dilakukan oleh beberapa akun aktif tersebut akan dianggap dilakukan oleh 1 (satu) pengguna. Shopee berhak untuk membatalkan pemberian cashback/ diskon, atau jika diperlukan, membatalkan transaksi atau membekukan akun, apabila ditemukan indikasi penyalahgunaan voucher oleh pengguna.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Pay?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Transaksi di Shopee Tidak Dapat Cashback Seperti yang Seharusnya, Mala…

oleh Shiela Hartiningtyas dibaca dalam: 2 min
13