Tokopedia Memoderasi Permanen Toko Saya Tanpa Alasan yang Jelas

Saya adalah penjual yang berjualan di Tokopedia dengan akun hiroteknikid@gmail.com (nomor telepon 08999***888). Pada hari ini, tanggal 10 Juni 2020 akun saya tiba-tiba secara otomatis dimoderasi oleh pihak Tokopedia. Setelah saya baca, ternyata saya dikatakan melanggar ketentuan D no. 1 yang isinya adalah “Penjual dilarang memanipulasi harga barang dengan tujuan apapun”. Berikut beberapa screenshot yang memperlihatkan kondisi toko saya saat ini.

Saya tentu kaget akan hal ini dan langsung menghubungi pihak Tokopedia lewat Twitter @tokopediacare. Pada awalnya saya tenang-tenang saja karena saya tidak merasa melakukan manipulasi harga sama sekali, apalagi manipulasi transaksi. Saya sangat yakin itu hanyalah kesalahan sistem yang menuduh toko saya secara sepihak dan saya yakin setelah dilakukan moderasi manual maka toko saya akan kembali aktif.

Namun tanpa ada konfirmasi dan penjelasan apapun, toko saya yang tadinya hanya dimoderasi berganti status menjadi moderasi permanen yang sepertinya toko saya tidak bisa dipakai lagi. Padahal saya membangun toko ini dari kecil sampai lumayan ramai dengan jujur tanpa melakukan manipulasi apapun.

Saya minta tolong pihak Tokopedia melakukan cek manual sekali lagi dan beritahu dimana manipulasi yang saya lakukan. Beberapa pembaca pasti akan menuduh saya kalau saya melakukan praktek gestun atau semacamnya, namun percayalah saya tidak melakukan itu. Jadi saya sangat yakin toko saya tidak melakukan kesalahan yang membuat toko saya harus dimoderasi permanen. Jika memang saya melakukan manipulasi atau kecurangan, saya rela toko saya dimoderasi permanen.

Intinya tolong pihak Tokopedia konfirmasi kesalahan apa yang saya lakukan kepada saya. Juga jika memang toko saya tidak salah, tolong berikan kompensasi kepada saya yang membuat toko saya tidak bisa berjualan meskipun saya sudah berusaha menjadi penjual yang jujur. Terima kasih.

Niko Laus Horianto
Pademangan Barat, Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya jg org yg mengalami hal serupa. Toko saya dibilang terindikasi memanfaatkan promo, melanggar syarat & ketentuan pasal brp lha gitu. Kl dipikir2 ya, kan baru terindikasi; berarti blm terbukti toh? Kok lsg main dimoderasi permanen pula?
    Pdhl krn imbas corona, toko saya sepi, maka ga buka2 Tokopedia slm 2mingguan. Tiba2 begitu buka, sdh dpt info dr CS bjw toko saya sdh dimoderasi permanen. Ketika saya minta Tokopedia menunjukkan bukti pelanggaran saya, tanggal berapa, jam brp, karena apa, dll; CS mengatakan bhw data tsb bersifat internal. Pdhl saat saya mengatakan apakah mgkn ada kesalahan sistem krn adanya kebocoran data pengguna Tokopedia blm lama ini, CS mengatakan bhw Tokopedia sgt mengutamakan kepercayaan di dalam berbisnis. Lsg saya jawab: "Lha, kl data aja ga transparan dgn alasan bersifat internal, lalu memoderasi permanen tanpa ada peringatan pertama, kedua, ketiga terlebih dahulu, apanya yg mengutamakan kepercayaan dlm berbisnis???"

    Singkat kata, percuma saya komplain ke CS, krn toko saya sdh dimoderasi permanen sehingga saya tidak bisa lg berjualan dgn nomor HP yg sama. Maka saya sdh tidak berjualan di Tokopedia lg. Apps nya sdh saya uninstall dr HP saya. Skrg saya pindah berjualan di Shopee aja.

  • Itu di pesan dari Tokopedia disampaikan "Penjual dilarang memanipulasi harga barang dengan tujuan apapun". Mungkin ada produk yang harganya diubah secara drastis gak pak ? Atau menaikkan harga banyak barang sekaligus ?
    Mereka sedang ketat mengawasi produk yang harganya diubah secara drastis gara-gara covid ini sih. Tapi gak nyangka sampe di moderasi permanen...