Kasus Penundaan Dana Refund Tiket Garuda Indonesia oleh Traveloka

Saya sebagai pengguna jasa Traveloka merasa diperlakukan dengan tidak adil. Pemesanan tiket pesawat Garuda Indonesia tujuan Jakarta-Lombok untuk 19 April bersama 3 anggota keluarga saya, harus saya batalkan dan masuk proses refund sejak 18 Maret 2020 karena pandemi COVID-19.

Penantian yang awalnya dikatakan 90 hari kini sudah memasuki hari ke-100 tanpa kejelasan, walaupun sudah berkali kali menghubungi Traveloka lewat aplikasi. Hanya jawaban berupa template dari mesin yang menyatakan bahwa mereka masih berkoordinasi dengan maskapai dan diminta menunggu lagi.

Saya pun menghubungi pihak maskapai yang menjelaskan mereka punya kebijakan pengembalian dana refund dalam bentuk travel voucher, yang mana sejak awal sama sekali tidak disinggung oleh Traveloka. Sesuai gambar yang saya sertakan, diawal proses refund dinyatakan menunggu dana refund ditransfer oleh maskapai. Penjelasan bahwa saya terikat aturan resmi pemerintah sebagai tenaga kesehatan yang tidak diijinkan cuti sampai pandemi dinyatakan berakhir, diakhiri oleh maskapai dengan anjuran untuk menghubungi Traveloka sebagai agen traveling tempat saya membeli tiket.

Proses refund tiket di Traveloka Yang Tertunda
Status refund berhenti di Refund Approved sejak 18 Maret 2020 tanpa kejelasan

Respon yang diberikan oleh pihak Traveloka awalnya masih sama, lalu berubah menjadi travel kredit yang pastinya ada masa berlaku juga. Walaupun sudah saya jelaskan secara detil alasan saya menolak refund seperti itu, mereka belum memberikan kepastian kapan dana refund bisa mereka cairkan. Dalam hal ini, perubahan kebijakan dari maskapai berupa travel voucher lalu Traveloka menyatakan travel kredit berarti bentuk pemberian refund yang sesungguhnya ada di tangan Traveloka.

Saya menuntut Traveloka untuk bersikap profesional agar segera mengembalikan dana refund bukan dalam bentuk voucher ataupun travel kredit, karena ada masa berlakunya yang tentu saja tidak bisa sejalan dengan kondisi saya yang tidak bisa cuti sampai Pandemi ini berakhir.

Saya menjalankan kewajiban saya sebagai tenaga kesehatan untuk negara ini, tetapi saya juga menuntut hak saya sebagai konsumen Traveloka untuk segera mencairkan dana refund tiket saya.

dr. Lily Cahyani Tandililing
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:6    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan Traveloka untuk Ibu Lily Cahyani

Kepada Yth., Ibu Lily Cahyani Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Pertama-tama, perkenankan kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Kasus Penundaan Dana Refund Tiket Garuda Indonesia oleh Traveloka

  • 29 Juni 2020 - (21:16 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami Hal yang serupa bu. Saya mengajukan proses refund dari 27 maret. Dan hingga hari ini refund saya belum dikembalikan. Pdahal refund untuk penerbangan keberangkatan sudah ada dalam bentuk voucher. Terlihat aneh karena refund pas penerbangan balik saya belum disetujui,saya pun berusaha menghubungi pihak maskapai. Dan ternyata refund saya sudah diproses pihak maskapai ke traveloka. Saya mengeluhkan hal ini ke maskapai, dan maskapai mengembalikan hal ini ke pihak traveloka karena mereka sudah mengembalikan refund dalam bentuk sebagian dana untuk 1 no tiket. Dan 1 lagi dalam bentuk voucher. Saya sudah menginformasikan berulang kali ke pihak traveloka. Namun jawabannya sama bu, seperti pakai template, yang ujung2nya dibalas dengan kata2 yang sama. “Namun, karena tingginya volume pengajuan refund yang diterima oleh pihak maskapai, pengembalian dana tersebut dapat memakan waktu setidaknya 90 hari atau lebih.” Padahal dari pihak maskapai sudah selesai memproses refund saya ke pihak traveloka. Penerbangan saya jakarta bali (pp). Asli jadi kapok beli di traveloka.

    • 30 Juni 2020 - (17:58 WIB)
      Permalink

      Salam sehat.. Semoga kita tetap bisa menjaga kesehatan mental setelah berurusan dengan masalah refund oleh traveloka. Sampai saat ini, saya masih menunggu kesungguhan pihak traveloka yg menelepon saya di minggu sore (28 juni) setelah surat keluhan saya diposting di mediakonsumen. Pihak traveloka menjanjikan untuk mentransfer dana saya sebesar harga tiket yg saya beli dipotong 10%, dan dikatakan dalam 2 hari kerja. Sampai sore hari ini (sudah 2 hari kerja), tetap belum ada transfer dana yg masuk. Hal ini sudah saya konfirmasi dengan pihak bank dan diminta mengontak kembali merchant yg bersangkutan. Saya pribadi sama dengan anda yang merasa kapok dengan traveloka. Ada baiknya pembelian tiket ke depan langsung berurusan dengan maskapai. Tetap semangat dan semoga segera mendapatkan kabar baik.

        • 12 Juli 2020 - (20:46 WIB)
          Permalink

          Akhirnya dana tiket saya ditransfer juga setelah diulas oleh kompas tv.. Semoga semua yg masih terkendala mendapat refund bisa terlaksana ya.. Amin

    • 15 September 2020 - (10:09 WIB)
      Permalink

      Halo, saya juga mengajukan refund tiket garuda sejak 12 april, sampai saat ini refund saya belum dibalikin juga. Sudah memasuki 5 bulan, namun pihak traveloka tetap belum mengembalikannya dan tetap disuruh menunggu. Mohon masukannya. Terima kasih

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Kasus Penundaan Dana Refund Tiket Garuda Indonesia oleh Traveloka

oleh lily cahyani dibaca dalam: 1 menit
6