Tiket.com Tidak Kunjung Mengembalikan Dana Refund yang Sudah Diberikan Citilink 3 Bulan Sebelumnya

Saya mengajukan refund tanggal 26 Maret 2020 melalui WA CS tiket.com untuk pembelian tiket Citilink rute Medan-Surabaya penerbangan tanggal 28 April 2020 dengan kode booking GBDYNM karena pandemi Covid-19. Informasi dari pihak Maskapai, proses refund sudah selesai dan deposit sudah dikembalikan ke Tiket.com hari itu juga tanggal 26 Maret 2020.

Namun sampai sekarang, dana belum diteruskan ke konsumen. Saya telah menghubungi tiket.com berkali-kali melalui WA, email, telpon, tanggal 22 April, 14 Mei, 27 Mei, 8 Juni, dan hanya diminta untuk menunggu serta tidak perlu khawatir karena dana akan dikembalikan 100%. Awalnya berjanji akan diproses dalam 14 hari kalender, kemudian berjanji lagi 30 hari kerja, dan seterusnya.

Sampai pada WA dengan CS Tiket.com tanggal 22 Juni, 24 Juni, dan 26 Juni, saya hanya disuruh menunggu tanpa ada kepastian. Ketika saya bertanya berapa lama, CS bahkan tidak bisa lagi menyebutkan harus menunggu berapa lama lagi, serta tidak bisa menunjukkan bukti apa pun bahwa refund sedang diproses.

Ditambah lagi, akun email yang saya gunakan untuk membeli tiket, sudah di-block oleh Tiket.com sejak 1 Juni 2020. Tidak ada satu email-pun dibalas oleh Tiket.com. Sampai saya menggunakan alamat email lain untuk bertanya, dan baru dibalas oleh Tiket.com.

Apakah memang seperti ini etos kerja dari sebuah travel agent besar seperti Tiket.com? Travel agent seharusnya sebagai perantara antara maskapai dan konsumen. Dalam hal ini Tiket.com telah menerima dana dari Citilink sejak 26 Maret 2020 (tiga bulan yang lalu), tetapi justru ditahan-tahan dan tidak diteruskan ke konsumen.

Mohon tanggung jawab Tiket.com. Terima kasih.

Wenny Kristina
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai tiket.com:
[Total:5    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan tiket.com atas Surat Ibu Wenny Kristina

Sehubungan dengan surat pembaca di mediakonsumen.com tanggal 28 Juni 2020 yang ditulis oleh Ibu Wenny Kristina berjudul “Tiket.com Tidak Kunjung...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Tiket.com Tidak Kunjung Mengembalikan Dana Refund yang Sudah Diberikan Citilink 3 Bulan Sebelumnya

  • 29 Juni 2020 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Kok mirip yah, cuma saya barusan dari 16 Mei refund completed, & sampe sekarang juga belum ada kabar. Belinya di online marketplace yang bekerjasama dengan travel agent ini pula. Ngeri aja kalo mesti nunggu 3 bulan.

    Yakin di masa depan mesti di-black list ini travel agent beserta “cabang2” nya.
    Besok2 bisa lebih dipertimbangkan booking langsung lewat website maskapainya aja mbak.
    Salam arema.

    • 29 Juni 2020 - (11:56 WIB)
      Permalink

      Kemarin (28 Juni) dan hari ini (29 Juni), pihak Tiket.com telah menghubungi saya, dan menyampaikan dana refund sudah diproses. Tetapi saya cek online belum masuk di limit kartu kredit saya. Saya masih menunggu dana refund masuk dari Tiket.com. Saya akan update di sini jika sudah clear.

  • 1 Juli 2020 - (15:08 WIB)
    Permalink

    Terima kasih Tiket.com atas tanggapannya. Dana refund sudah saya terima di limit CC saya. Case closed.

 Apa Komentar Anda mengenai tiket.com?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Tiket.com Tidak Kunjung Mengembalikan Dana Refund yang Sudah Diberikan…

oleh Wenny Kristina dibaca dalam: 1 menit
4