Info Reschedule oleh CMO dan CS Astra Credit Company (ACC) Tidak Konsisten

Halo selamat siang, saya nasabah ACC dengan nomor perjanjian 01100102003558720 yang jatuh tempo tanggal 2 setiap bulannya.

Awalnya tanggal 6 April 2020 saya bertanya dengan CMO Kwitang awal saya apakah saya bisa mengajukan proses reschedule terkait corona. Mereka bilang bisa dan syaratnya cuma saya harus datang ke kantor cabang terdekat di kota saya, dalam hal ini cabang yang harus saya datangi di Karawaci dengan membawa KTP. Saya sendiri yang harus datang dan membawa mobilnya.

Lalu pada tanggal 27 Mei 2020 saya datang ke kantor cabang ACC yang di Karawaci. Setelah saya datang ternyata kantornya sudah tutup. Saya tanya ke security-nya kalau saya mau ajukan reschedule gimana, lalu saya dikasih selebaran, yang isinya itu syarat pengajuan reschedule. Di sana tertulis kalau pengajuannya harus melalui website dan maksimal pengajuannya itu harus 2 minggu sebelum jatuh tempo. Padahal, awalnya saya diberitahukan kalau hanya perlu datang saat akhir bulan mendekati tanggal jatuh tempo.

Saya tanya lagi ke CMO Kwitang, yang memang CMO yang mengurus mobil saya dari awal. Saya tanya memangnya harus ya pengajuan lewat website dulu, katanya iya harus pengajuan lewat website. Akhirnya saya ajukan lewat website sampai saya dapatkan nomor tiketnya yaitu ACC0084510. Saya masih konfirmasi lagi dengan CMO itu kalau saya sudah pengajuan dan sudah dapat nomor tiket dia bilang tinggal tunggu dihubungi saja.

Alhasil lewatlah tanggal 2 Juni 2020 saya belum dihubungi juga, dengan inisiatif sendiri saya menghubungi call center ACC untuk menanyakan bagaimana kelanjutan reschedule saya tapi dari pihak call center katanya tidak bisa memberitahukan saya cuma disuruh menunggu dihubungi saja. Tidak hanya 1 kali saya telepon ke call center ACC saya coba hingga 4-5 kali untuk menanyakan setiap harinya tapi jawaban yang saya dapatkan sama mereka tidak bisa memberitahukan hasilnya dan hanya minta saya untuk menunggu dihubungi.

Selama saya menunggu untuk dihubungi pihak ACC setiap hari juga saya diteror oleh telepon dari bagian penagihan, sampai dibilang saya kalau belum bisa membayar harus menitipkan mobil saya ke cabang mereka dan saya tidak perlu membayar cicilan selama 2 bulan dan tidak dikenakan bunga keterlambatan. Tadinya saya berpikir mau menitipkan mobil saya saja sambil menunggu telepon dari ACC, ternyata itu akal bulus dari ACC dimana kalau saya menitipkan kendaraan itu berarti saya bersedia diberikan uang oleh ACC sebesar Rp13 juta dan mobil saya jadi hak milik ACC dan bisa mereka lelang. Padahal saya bayar mobil itu sebesar Rp4,950 juta setiap bulan dan saya sudah cicil selama kurang lebih 28 bulan.

Pada tanggal 12 Juni 2020 ada orang ACC datang dan menjelaskan proses reschedule-nya itu seperti apa dan mereka info kalau mereka ada program persetujuan reschedule itu untuk nasabah yang telah jatuh tempo selama 2 bulan dan tidak ada persetujuan reschedule kalau baru terlambat 1 bulan. Tapi mereka coba untuk pengajuan ulang lagi. Tanggal 17 Juni 2020 saya dihubungi lagi oleh orang ACC dia bilang kalau pengajuan saya ditolak dan tidak dikasih tahu alasan penolakannya apa. Saya disuruh kalau mau menanyakan alasannya harus datang ke kantor pusatnya di ACC Simatupang.

22 Juni 2020 saya dikontak lagi oleh orang ACC yang berbeda lagi kalau reschedule saya bisa diajukan ulang. 26 Juni saya di WA oleh orang ACC yang sama yang menghubungi saya untuk pengajuan ulang reschedulenya saya dikasih tahu kalau pengajuan saya di-approve dan saya harus datang hingga akhir Juni 2020. Dikarenakan saya harus bekerja dan saya bisa cuti kerja itu di tanggal 29 Juni saya bermaksud ke KC ACC untuk membereskan reschedule-nya saya. Sudah saya diomelin lewat Voice Note WA kalau dibilang saya memperlambat prosesnya mereka.

Tiba-tiba saat saya mau datang dia bilang kalau dia salah info dan saya harus datang itu tanggal 3 Juli 2020. Saya bilang kalau saya tidak bisa datang di tanggal tersebut dan saya bisa datang setelah lewat tanggal 10 Juli 2020. Dia bilang kalau proses exreschedule itu baru bisa diproses pada awal bulan juli dan mereka tunggu kedatangan saya sebisa saya. Tadinya saya mau datang itu tanggal 13 juli 2020 saya sudah pengajuan cuti ke kantor saya, eh semua berantakan karena di 10 juli 2020 saya ditelepon oleh orang ACC yang berbeda lagi kalau mereka sedang tidak ada persetujuan utk keterlambatan 2 bulan dan program yang sedang berjalan itu persetujuan reschedule dengan keterlambatan 4 bulan.

Saya bilang kalau gitu saya tidak usah bayar 4 bulan saja agar disetujui ternyata mereka mencoba untuk menipu saya mereka tetap meminta saya bayar 1 bulan dulu. Padahal notabene saya sudah menunggak selama 2 bulan, kalau saya bayar 1 bulan dulu berarti saya masih ada tunggakan 1 bulan lagi dan bunga keterlambatan saya yang 1 bulan pertama tidak dibayarkan akan tetap bunga berbunga.

Saya bilang kalau saya sudah cukup sabar mengikuti semua prosedur dan program yang berubah-ubah setiap saat. Dan orang penagihan terakhir tersebut bilang kalau memang program reschedule dari ACC selalu berubah-ubah. Saya nasabah yang bayar selalu tepat waktu kalaupun saya telat bayar 1 atau 2 hari saya akan langsung bayar biaya keterlambatannya hingga ternyata saya masih ada kelebihan uang di ACC sebesar Rp90 ribu. Memang tidak banyak tapi itu kan bukti kalau saya tidak pernah bermasalah dengan pembayaran saya. Tapi kenapa disaat saya mengajukan reschedule dikarenakan saya juga terkena dampak akibat pandemi corona ini saya tidak mendapatkan apresiasi dari ACC? Yang mendapatkan apresiasi malah nasabah-nasabah yang memang bermasalah dengan pembayaran sejak lama.

Saya sangat kecewa dengan pelayanan ACC, dan saya sangat merasa tertipu karena ACC tidak konsisten dengan program yang dijalankan dan juga dengan peraturan OJK yaitu tentang restrukturisasi kredit sebagai dampak covid-19 di POJK No. 11/POJK/03/2020.

Saya masih memiliki bukti voice note dan chat dari seluruh pegawai ACC yang telah saya sebutkan diatas. saya berharap masalah yang saya alami ini bisa ditampilkan oleh media konsumen. Padahal ACC itu perusahaan besar milik Astra tapi apakah begini caranya perusahaan besar milik Astra untuk membantu nasabah yang terkena dampak pandemi covid?

Terima kasih.

Salam,

Yunitha Prayunitha
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai ACC Finance:
[Total:34    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

Satu komentar untuk “Info Reschedule oleh CMO dan CS Astra Credit Company (ACC) Tidak Konsisten

 Apa Komentar Anda mengenai ACC Finance?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Info Reschedule oleh CMO dan CS Astra Credit Company (ACC) Tidak Konsi…

oleh Yunitha Prayunitha dibaca dalam: 4 min
1