Tak Berhakkah Pelangan Tahu dalam Bentuk Apa Dana Refundnya Cair?

Saya pelangan tiket.com, dan melakukan refund 2 kali masa pandemik ini.

  1. Pada tanggal 24 Maret 2020,dengan alasan pandemi covid dan kembali uang 100%. Dimana saya menanyakan hal tsb pada cs tiket.com maupun Citilink.
  2. Pada tanggal 25 April 2020 pada order id: 91787030, kode booking: OI4EJH, no refund: 547662. Dan sesuai prosedur mengisi data berikut nomor rekening. (Di sini asumsi saya akan cair uang karena memang saya batal terbang karena pandemi)

Sesuai proses disuruh menunggu 30 hari kerja.

Status refund saya disetujui maskapai dan dapat email
Namun setelah menanyakan berulang kali pada dan terakhir pada tanggal 3 Juli 2020 dengan jawaban yang sama
Proses mash dalam antrian.

Saya tidak mendapati email dalam bentuk apa dana akan keluar (tetap dalam asumsi dana kembali uang). Pada tanggal 9 Juli email masuk memberikan update refund saya dalam bentuk Emd/voucher. Uang yang dinanti berubah voucher yang dalam waktu 1 tahun kedepan belum tentu dapat saya gunakan untuk terbang.

Merasa kurang puas saya mencoba mengirim surat lewat media konsumen dan dipublikasikan. Dari sekian lamanya menunggu baru ada telepon dari pihak tiket.com mengkonfirmasi saya sudah mendapat email perihal kode emd voucher penganti dana refund saya. Saya sempat menanyakan perihal dana cash namun dijawab itu regulasi dari maskapai.

Dan saat saya coba menanyakan ke maskapai perihal proses refund saya, pihak maskapai telah mengembalikan dana pada tiket.com pada tanggal 29 April.

Yang ingin saya tanyakan selanjutnya.

  1. Tak bisakah saya mendapatkan uang cash, yang lebih saya butuhkan dibanding kode voucher.
  2. Apakah pihak maskapai berbohong?
  3. Kenapa tidak ada pemberitahuan sebelumnya kalo dana refund saya tidak dalam bentuk uang (selama saya menunggu 3 bulan).

Dimana saya juga membaca beberapa kasus.

  • a) pelangan lain merefund dan diberitahukan akan dpt voucher,lalu mereka tidak setuju dan dana bisa diterima berupa uang.
  • b) pelangan melakukan tanggal refund yang hampir sama yaitu tanggal 26 april,dan akhirnya juga kembali dalam bentuk uang.

Mohon segera ada solusi dan penjelasan untuk saya. Dimana saya sangat membutuhkan uang dari pada kode voucher.

Ogtavia Ningsih
Pangkalan Kerinci, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan tiket.com atas Surat Ibu Ogtavia Ningsih

Sehubungan dengan surat pembaca di mediakonsumen.com tanggal 27 Juli 2020 yang ditulis oleh Ibu Ogtavia Ningsih berjudul “Tak Berhakkah Pelangan...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Tak Berhakkah Pelangan Tahu dalam Bentuk Apa Dana Refundnya Cair?

  • 28 Juli 2020 - (12:03 WIB)
    Permalink

    Saya juga sudah tiga bulan menunggu namun selalu masih dalam proses sampai detik ini. Tolonglah tiket.com jangan buat kecewa pelanggan

    • 28 Juli 2020 - (13:22 WIB)
      Permalink

      Yg lebih kecewanya tidak ada pemberitahuan,sebelum akhirnya saya dapat email refund berupa kode voucher. Awal proses ditanya no rekening,dan krn pandemi asumsi sy akan tetap dpt uang. Coba dalam wkt menunggu( 3bulan itu) ada konfirmasi. Misal: refund kamu telah disetujui,namun dlm bentuk voucher,etc dan bla bla bla. Istilahny basa basi untk pelangan. Ini dah nunggu 3bln,asal ditanya mash dalam antrian, eh tiba tiba dganti voucher. Gak enak banget,bayar pake uang dgn ngumpulin susah2 buat mudik njumpai orang tua,lah dg enaknya tanpa pemberitahuan kok di ganti kode kode angka doang.iya kalo gak makin ribet besok terbang krn harus urus ini itu, kalo gak dipake uang tiket hangus gt aja,kan serba gak enak.

      • 28 Juli 2020 - (14:27 WIB)
        Permalink

        Pengamatan saya,
        Pergantian Voucher terlihat menguntungkan bagi tiket.com dan juga bagi maskapai.

        Namun tidak menguntungkan untuk anda.

        Anda lebih berharap pergantian dalam bentuk uang masuk ke rekening.

        Kasus pandemi merupakan pukulan bagi semua perusahaan. Tidak ada yang di untungkan dari peristiwa ini. Semua rugi semua pada titik kehancuran.

        Bila pun terpaksa mereka mengganti dana tiket anda secara utuh, sangat tidak mungkin, mengingat dana anda telah melewati berbagai layanan jasa sana sini.

        Pemberian Voucher harusnya sudah membuat anda gembira.

        Anggap saja.

        Anda tidak kebetulan di hadapkan pada keadaan pembelian tiket saat pandemi merebak.

        Anda adalah orang pilihan.
        Orang pilihan yang beda dari orang lain.

        Yang bisa ikut meringankan penderitaan perusahaan yang terimbas dari peristiwa yang menyedihkan ini.

        Mohon kerelaan dari anda, karena peristiwa ini bukan peristiwa biasa.

        Namun dari itu, apakah anda sudah tahu cara penggunaan voucher yang di berikan ? Pelajari lebih lanjut kemungkinan malah anda menemukan keuntungan dari voucher itu.

        • 28 Juli 2020 - (14:39 WIB)
          Permalink

          Cara mereka membuat sy menunggu dgn tidak ada kepastian membuat sy cukup sulit menerima.
          Dilain kasus mereka memberikan uang pada pelangan,yang sebelum nya mendapat email akan di ganti voucher namun pelangan tidak mau. Dan kasus lain dgn refund pada tgl yg hampir bersamaan dg sy bs mendapatkan refundnya dalam bentuk uang. Sy tidak butuh copy template,yg menjelaskan ini itu berdasarkan sistem. Sy memerlukan penjelasan kenapa dr 2 kasus tersebut bs beda cara penyelesaian nya.

 Apa Komentar Anda mengenai tiket.com?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Tak Berhakkah Pelangan Tahu dalam Bentuk Apa Dana Refundnya Cair?

oleh Octa dibaca dalam: 1 menit
4