Sudah 5 Bulan, Dana Refund Citilink Tidak Jelas

Menunggu selama 5 bulan tanpa kejelasan transparasi dana refund, saya berinisiatif meminta bantuan kepada Media Konsumen, kiranya bisa membantu follow up keluhan saya agar segera beres. Saya membeli tiket melalui website Citilink pada bulan Februari 2020. Namun karena COVID-19 saya mengajukan refund tanggal 16 Maret 2020.

Saya mengerti dengan kondisi yang dialami maskapai mungkin kewalahan untuk pengembalian dana. Tapi harusnya pihak Citilink, juga harus memperlihatkan itikad baik tentang progress refund. Saya sudah melengkapi berkas refund sejak tanggal 26 Maret 2020, diinfokan dana akan ditransfer 60 hari kerja. Namun sampai saat ini bulan Agustus, belum kunjung cair.

Saya menelepon CS setiap bulan dan diminta menunggu 30 hari kerja lagi. Sampai sekarang dana tak kunjung saya terima. Setelah itu saya mencoba menelepon pihak Citilink kembali, tapi selalu sibuk. Saya juga mencoba follow up melalui e-mail dan admin media sosial, hasilnya sama, tidak solutif dan tidak transparan.

Setidaknya pihak Citilink bisa memberikan informasi pada pelanggan terkait urutan sudah sampai mana progress refund. Seperti perkiraan tanggal kapan pelanggan menerima dana refund dan juga besaran dananya.

Mengejar kepastian dana refund cair juga membutuhkan kesabaran ekstra, waktu terbuang menunggu respon CS via telepon dan pulsa seluler yang terkuras banyak, pelanggan semakin dibuat rugi.

Saya harap ada kepastian tentang refund yang diajukan. Terima kasih.

Nur Fitrianingsih Hasan
Jayapura, Papua

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Sudah 5 Bulan, Dana Refund Citilink Tidak Jelas

  • 5 Agustus 2020 - (10:59 WIB)
    Permalink

    Semoga pihak maskapai segera memberi kejelasan terhadap keluhan tersebut ?
    Dan semoga segera ada jalan keluarnya.

  • 5 Agustus 2020 - (11:02 WIB)
    Permalink

    Semoga pihak maskapai segera memberi kejelasan terhadap keluhan tersebut ?
    Dan semoga segera ada jalan keluarnya.

    • 5 Agustus 2020 - (16:52 WIB)
      Permalink

      Seharusnya kalau memang butuh waktu, dijelaskan sih urutan refundnya. customernya jangan diphpin. ya Semoga saja segera terselesaikan.

  • 5 Agustus 2020 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Sampai 5 bulan bu? Wah.. Selama itu? Seharusnya kalau memang butuh waktu dijelaskan sih urutan refundnya. Banyak keluhan refund ke maskapai ini saya lihat di sosmed. Semoga segera clear ya bu

  • 6 Agustus 2020 - (09:42 WIB)
    Permalink

    Semoga refund dana segera diproses dan setidaknya dikasih tanggapan untuk menjelaskan lama proses refund dari pihak maskapai.

  • 11 Agustus 2020 - (15:44 WIB)
    Permalink

    Update :
    Terima kasih buat media konsumen dan terimakasih buat Citilink. Keluhan saya mendapat apresiasi baik dari Citilink.
    Sebelumnya saya sudah 5 bulan menunggu dan 1 minggu full melakukan follow up dengan berbagai cara termasuk menulis keluhan di mediakonsumen.com, follow up call center dan follow up di media sosial. Pagi ini refund sudah saya terima dari Citilink 100% tunai melalui transfer bank.

    • 28 September 2020 - (11:59 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah dan selamat ya mba fitria dana refundnya sudah cair. Saya dr awal maret hingga sekarang 28 sept 20 belum juga ada kabar apalagi cair.

  • 28 September 2020 - (11:56 WIB)
    Permalink

    Dana refund saya dr awal maret 2020 hingga 28 september 2020 belum juga ada kabar kejelasan kapan cair yg ada hanya proses menunggu hingga kapan? Saya email menanyakan kejelasan dan kepastiannya juga tidak direspon. Baru 3 kali email lg direspon dengan jawaban yang sama yaitu sedang dalam proses menghubungi CS sama juga jawabannya, Sedangkan infonya 90 hari kerja proses refund. Apakah proses refund dengan waktu yang lebih dari 90 hari kerja itu masih kurang lama?

  • 29 September 2020 - (18:52 WIB)
    Permalink

    saya jg mengalami hal yg sama, sudah 5 bulan lebih belum ada kejelasan. Terakhir saya tanya via chat di web citilink, mereka menjawab bahwa refund saya sudah selesai di proses pada tgl 17 Sept 2020. Tapi, sampai dgn saat ini uang tersebut belum ada masuk ke rekening saya. Lalu, saya minta kode transaksi atau bukti transfer refund saya agar bisa saya cek ke pihak Bank, namun dari pihak citilink tidak memberikan kode atau bukti transfer hanya menyarankan untuk dicek secara berkala tanpa ada kejelasan.

    • 2 Oktober 2020 - (09:38 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah..setelah hampir 22 minggu menunggu dan komplain berkali-kali via call & webchat akhirnya refund tiketnya sudah saya terima pagi ini.

 Apa Komentar Anda mengenai Citilink?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Sudah 5 Bulan, Dana Refund Citilink Tidak Jelas

oleh Fitria dibaca dalam: 1 menit
11