Promo Bukalapak Tidak Transparan dan Membohongi Konsumen

Pada tanggal 2 Oktober 2020 saya melakukan pembelian Emas lewat Bukalapak dan mengikuti promo pembelian BukaEmas dengan nomor transaksi 205641853176GLP dan tagihan nomor BL2015GQNUB2INV dengan ketentuan cashback berupa saldo emas sebesar 6% hingga maksimal Rp 65,000. Ketentuan awalnya adalah saldo akan diterima setelah transaksi selesai dan TIDAK ada keterangan jika investor harus menahan atau dilarang menjual selama periode promo berlangsung.

Setelah transaksi selesai ternyata terdapat perubahan ketentuan oleh Bukalapak dimana cashback baru akan diproses apabila tidak melakukan penjualan apapun di BukaEmas selama 30 hari kalender. Yang artinya, cashback masih tertahan apabila investor tidak memenuhi syarat tambahan.

Tentu saja promo ini terkesan menjebak karena tidak sesuai dengan ketentuan awal dan dengan dalih Bukalapak berhak mengubah ketentuan promo sewaktu-waktu, jelas promo ini bersifat tidak transparan dan terkesan ‘menipu’ pelanggan. Seharusnya syarat dan ketentuan tertulis dengan jelas agar sebelum melakukan pembayaran, investor dapat memperhatikan untung ruginya. Mengingat transaksi emas bersifat fluktuatif.

Hal ini bisa jadi pelajaran buat investor lain agar cenderung waspada dalam setiap transaksi apapun di Bukalapak karena pihak mereka bisa saja mengubah ketentuan awal yang tidak tertulis di syarat dan ketentuan promo.

Demikian Surat Pembaca ini saya sampaikan. Besar harapan saya surat ini dapat dimuat agar jadi pertimbangan para investor lainnya.

Tony Trisno
Batam, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:17    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Tony

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kendala promo pembelian BukaEmas yang dialami...
Baca Selengkapnya

Loading...

4 komentar untuk “Promo Bukalapak Tidak Transparan dan Membohongi Konsumen

  • 4 Oktober 2020 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Walaupun kalimat “berhak mengubah s&k se-waktu2 tanpa pemberitahuan sebelumnya” sudah jadi template standar di (hampir) semua promo, setahu saya baru ada 2 korporasi yang pernah “ditampilkan” di sini karena melaksanakan aturan yang “semau gue” tersebut.
    Marketplace ini berarti menjadi yang nomor 3 (setahu saya).

    Terima kasih atas share pengalamannya. Akan saya ingat2 korporasi2 tersebut, supaya kalau tidak terpaksa saya tidak akan ikut promo2 mereka, karena beresiko belakangan ada perubahan s & k, di mana memang pada akhirnya konsumen juga tidak bisa protes akibat sudah ada “s & k karet” tersebut di awal promo nya.

    • 4 Oktober 2020 - (12:23 WIB)
      Permalink

      Iya benar-benar kecewa. Harusnya dijelaskan diawal. Sudah saya laporkan ke tim resolusi cuma sampai sekarang belum ada jawaban dari pihak terkait.

  • 5 Oktober 2020 - (21:48 WIB)
    Permalink

    kalo ini mah jelas2 jebakan.. s&k promo yg sekarang pun tertulis “bonus diberikan 1 hari setelah transakdlsi pembelian”, tdk ada syarat harus disimpan 30 hari.
    jadi klausul berhak merubah s&k cuma akal2an licik BL.. ini memang PENIPUAN!

    share terus saja di setiap postingan media sosial BL, supaya tdk jatuh korban lagi.

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Promo Bukalapak Tidak Transparan dan Membohongi Konsumen

oleh AneGoogle dibaca dalam: 1 min
4