Permohonan Informasi Refund Citilink

Kepada Yth. Citilink Indonesia,

Perkenalkan saya adalah pelanggan setia Maskapai Citilink Indonesia. Pada bulan Februari, yaitu tanggal 8, saya melakukan pemesanan Citilink dari CGK-PLM PP untuk penerbangan 21 Maret-26 Maret 2020, dengan kode booking SFV2FA dengan menggunakan pembayaran kartu kredit BRI JCB. Namun dikarenakan saya sudah tidak ingin menggunakan kartu kredit BRI JCB tersebut, saya memutuskan untuk melakukan penutupan kartu tersebut pada 16 Maret 2020 dan berhasil ditutup oleh Bank BRI.

Namun tidak disangka pada bulan Maret juga puncak Corona dan PSBB yang mengakibatkan saudara saya tidak bisa berangkat karena alasan COVID-19. Akhirnya saya menghubungi call center Citilink untuk mengajukan refund dan diterima dengan baik. Saya dijelaskan oleh call center prosedur-prosedur refund tersebut, dan call center menginfokan bahwa nantinya saya akan menerima surat pengajuan refund yang harus diisi dan dilengkapi sesuai data pemesan.

Sebulan saya menunggu kabar dari Citilink, kemudian saya mendapatkan email berisi surat pengajuan refund dan surat pernyataan, lalu saya isi sesuai data awal pemesanan, disertai surat dari Bank BRI yang menyatakan kartu saya sudah ditutup.

Saya pun kembali menghubungi call center BRI Perihal kartu yang sudah tidak aktif dan soal refund Citilink. CS menginfokan dengan jelas jika kartu kredit sudah tidak aktif, maka nantinya disarankan untuk menghubungi call center Citilink untuk konfirmasi hal tersebut. Biasanya pihak tersebut akan mengembalikan ke limit kartu yang lain (Visa/MasterCard) yang masih aktif.

Namun ketika saya menghubungi call center Citilink pada awal September, saya diinfokan bahwa refund telah berhasil dilakukan pada kartu kredit BRI JCB saya dengan nomor akhir 0408. Lalu saya konfirmasi dan disarankan menghubungi call center bank penerbit kartu. Ketika saya menghubungi bank penerbit kartu, saya seperti disalahkan oleh CS perihal penutupan kartu tersebut. Padahal saya sudah menginfokan dan menceritakan kronologisnya dimana saya menutup kartu sebelum ada pemberitahuan PSBB.

Lalu saya disarankan konfirmasi kepada pihak Citilink kembali untuk di-refund ke kartu kredit BRI saya yang lain, namun Citilink berkali-kali mengkonfirmasi bahwa sudah berhasil di-refund pada Agustus dan CS BRI pun mengkonfirmasi bahwa seharusnya refund tidak berhasil karena kartu sudah tidak aktif.

Saya tidak ada maksud untuk menjelek-jelekan kedua belah pihak, saya hanya ingin menanyakan hak saya; kapan refund tersebut bisa saya terima?

Adnan Balfas
Kab. Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Citilink:
[Total:5    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

Satu komentar untuk “Permohonan Informasi Refund Citilink

 Apa Komentar Anda mengenai Citilink?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Permohonan Informasi Refund Citilink

oleh Adnan Balfas dibaca dalam: 1 min
1