Diskriminasi dalam Mendapatkan Layanan IndiHome

Saya telah meregistrasi pemasangan IndiHome dengan nomor MYIR-10208914010002. Setelah disurvey, petugas menyatakan ketersediaan ODP. Tinggal melakukan penarikan kabel dan pemasangan.

komunikasi dengan petugas survey

 

konfirmasi ketersediaan ODP

Namun oleh pihak Telkom Sleman dibatalkan sepihak.

ketika ditanyakan progres pemasangan

Tidak ada komunikasi dan penjelasan teknis apa pun dengan pelanggan. Tidak ada petugas mana pun yang datang untuk memasang dan menjelaskan kendala teknisnya. Langsung muncul status penolakan sepihak dengan dalih yang tidak berdasar. Padahal jelas rumah saya sudah dilewati jaringan fiber optic dan juga sudah ada tiang milik Telkom.
kabel FO melintas di depan rumah

Tiang kiri sebelah kiri rumah

Tiang sebelah kanan rumah, pelanggan terjauh

Terdapat dua tiang di antara area rumah saya sebagaimana terlampir pada bukti. Sebelah rumah yang lebih jauh dari ODP (tiang yang dilingkari merah) boleh mendapatkan layanan. Mengapa saya yang sama persis lokasinya tidak dapat diberikan akses layanan? Saya sangat, sangat, amat kecewa dengan perlakuan diskriminatif untuk mendapatkan akses layanan diatas.

Fatah Manohara
Sleman, DI Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:7    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Diskriminasi dalam Mendapatkan Layanan IndiHome

  • 8 November 2020 - (17:43 WIB)
    Permalink

    Panjenengan le regristasi wonten pundi? Coba datang datang langsung ke plasa telkom, ngomong di dekat rumah saya sudah ada tiang telp, dan dilalui kabel optik. Mungkin itu ditolak krn odp nya terlalu jauh jg bisa. Pasang indihome tdk sepeeti pasang listrik. Ada tiang bisa ditarik langsung.

    • 8 November 2020 - (20:26 WIB)
      Permalink

      1. registrasi di indihome.co.id
      2. Kalau ODP terlalu jauh/tidak sampai petugas survey akan bilang penuh. Atau petugas pemasang yang datang bilang penuh.
      3. Ada 4 titik ODP dengan status 2 kuning dan 1 hijau, 1 merah, semua dalam range 250 meter.
      4. Bapak petugas telkom nggih?

      sayang tidak bisa upload data/gambar lagi jadi tidak bisa menjabarkan lebih detil data terbaru.

      • 9 November 2020 - (03:52 WIB)
        Permalink

        Sanes pak. Cuma pengalaman mawon. Datang ke plaza telkom, anda foto odp nya untuk dijadikan bukti. Terus nanti isi formulir. Nanti kl di survey dan msh ada dan dalam cakupan biasanya cepat dipasang. Saya urus punya adik saya dan saya sendiri tdk smp 3 jam sdh dipasang. Intinya sempatkan datang ke plaza telkom. Mau masalah pemasangan, berhenti langganan, tagihan melonjal dll datangi plaza telkom, bs langsung selesai. Kl cuma online itu sumber dayanya terbatas.

        • 9 November 2020 - (06:26 WIB)
          Permalink

          saya sudah ke kotabaru tapi tutup. Disuruh lewat onlen. K Plasa pun kalau hanya ketemu CS tidak menjelaskan teknis kalau ODP penuh ODP yang mana/nomor berapa , kalau tidak bisa dipasang karena permasalah teknis , sebabnya apa, pengalaman pasang di rumah yang lain jika ada kendala teknis misalnya perlu tiang khusus nanti pelanggan tinggal memenuhi, tapi semua jelas problem nya dan bisa dicari bersama solusinya. Seminggu kemudian saya pasang tiang khusus secara mandiri untuk jalur kabel, kemudian memberitahu petugas akhirnya bisa dipasang petugas. Bukan malah pembatalan sepihak tanpa informasi yang jelas seperti saat ini Kalau memang di survey jaringan penuh, pasti petugas akan bilang penuh. Karena ini pendaftaran registrasi ke sekian kalinya. Jadi saya sudah cukup kenyang mengenai model model teknis d lapangan.

          Pada pendaftaran yang sebelumnya saya sudah ke telkom sleman bahka minta divalidasi ODPnya tapi jawaban nya intinya menolak dan lekas pulang. Saya juga maklum karena CS juga bukan orang teknis, nomor ODP yang kosong/penuh juga tidak tahu. Problem pemasangan teknis juga tidak akan bisa menjawab dengan detil karena bukan petugas lapangan.

          Untuk kali ini, seperti hasil laporan d atas menurut petugas survey ODP sudah divalidasi dan tersedia tinggal tarik kabel. Beda dengan yang sebelumnya.

          Mau tidak mau gerilya mencari informasi, dan saya mendapati salah satu problem nya adalah saya mendaftar paket yang tersedia di indihome.co.id (kebijakan pusat) yang tidak dimaui daerah. Saya belum berani menyatakan pembatalan sepihaknya karena paket yang di daftarkan tidak mau disediakan daerah. Jadi ya jangan harap bisa mendaftar paket paket seperti LFH, 10mbps, dsb yang ada di website resmi kalau di lokal area ditolak. Pun demikiam saya masih ingin menggali problem teknisnya, supaya transparan.

  • 9 November 2020 - (00:43 WIB)
    Permalink

    Telkom dilawan
    Bakul IT terbesar negeri ini broo..
    Konsumen sdh byk, jg antri2
    Komplain… Lewat (EGP)
    .

  • 9 November 2020 - (08:19 WIB)
    Permalink

    iya…EGP sih emang, jawaban nya hanya copas copas sampai saya kumpulin template nya. Kalau kebal jawaban A, ganti jawaban B, terus sampai mentok… ya diulang ulan lagi.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Diskriminasi dalam Mendapatkan Layanan IndiHome

oleh fatah manohara dibaca dalam: 1 menit
6