Pelayanan Telkom IndiHome Mengecewakan Pelanggan

Saya pelanggan IndiHome yang mulai berlangganan sejak bulan Juli 2020 dengan ID pelanggan 146113115882 atas nama Rafael Driarko Wardono. Karena saya pindah tugas ke luar daerah Jogja, saya kemudian pindah rumah dari rumah dinas kantor ke rumah sendiri, di daerah Gonjen ring road selatan (sebelah utara ring road selatan).

Selanjutnya saya menghubungi telkom melalui nomor layanan 147 pada tanggal 9 November 2020, yang diterima sdr. Fathur, untuk memperoleh informasi pindah alamat, dan diinformasikan bahwa jaringan di daerah yang saya tuju masih memungkinkan dipasang jaringan IndiHome (belum penuh). Pada tanggal tersebut saya dihubungi dan diemail dari Telkom/layanan IndiHome untuk menyerahkan data persyaratan melalui email.

Setelah saya mengirim persyaratan melalui email driarko_wardono@yahoo.co.id, selanjutnya saya menunggu. Pada hari Jumat tanggal 13 November 2020 saya mencoba menghubungi kembali Telkom melalui nomor 147 untuk menanyakan proses pengajuan pindah alamat saya, dan dijawab masih dalam proses dan dibantu dengan percepatan proses.

Namun pada hari itu juga sekitar 2 jam kemudian (sekitar jam 14.00) saya diberitahu melalui Whatsapp oleh CS Witel Jogja bahwa di lokasi rumah saya yang baru (Gonjen Ring Road Selatan) tidak tersedia jaringan (jaringan penuh), berbeda keterangan dengan CS di Nomor 147. Melalui WA tersebut saya mencoba klarifikasi terkait survey atau bukti bahwa jaringan penuh dan solusinya, tapi tidak pernah ditanggapi.

Kemudian saya pergi ke Telkom Plasa untuk memperoleh penjelasan lebih lanjut pada hari tersebut, tapi sudah tutup (sekitar jam 15.00). Saya bertemu dengan sales IndiHome di lokasi tersebut (sdri. I) dan akhirnya saya mengajukan permohonan sambungan baru untuk rumah saya di Gonjen Ring Road Selatan.

Namun pada hari Senin tanggal 16 November saya diberitahu bahwa kemungkinan permohonan saya ditolak karena jarak yang terlalu jauh dari titik terdekat kurang lebih 300 m, dan akan diberikan solusi menggunakan wifi.id, tapi belum ada informasi lebih lanjut.

Yang saya pertanyakan di sini kenapa dalam satu perusahaan/entitas bisnis jawaban terkait suatu masalah bisa berbeda kepada konsumen, dan apakah dengan jarak yang jauh bagaimana nasib konsumen atau calaon konsumen seperti saya yang membutuhkan jaringan internet untuk bekerja dari rumah dan bersekolah dari rumah? Atau apakah saya hanya pelanggan internet IndiHome 20 Mbps yang tidak menguntungkan bagi perusahaan untuk pemasangan baru atau pindah alamat sehingga saya diabaikan?

Mohon ditanggapi oleh Telkom IndiHome, terima kasih.

Rafael Driarko Wardono
Kabupaten Bantul, Provinsi D.I. Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:56    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan PT Telkom Regional IV atas Surat Bapak Rafael Driarko Wardono

Dengan hormat, Terimakasih kepada Mediakonsumen.com yang telah berkenan memuat surat bapak Rafael Driarko Wardono pada tanggal 16 November 2020 berjudul...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Pelayanan Telkom IndiHome Mengecewakan Pelanggan

  • 16 November 2020 - (19:12 WIB)
    Permalink

    Yg jelas kalau pindah alamat indihomenya tidak bisa dipindah mas. Solusinya pasang baru. Nah pasang baru juga tidak mudah. Harus ada odp yg kosong, kalau penuh juga tidak bisa. Kalau masih ada odp kosong dan jaraknya jauh tapi rumahnya sudah dilalui kabel telkom atau dekat tiang telkom saya kira bisa. Nanti minta tambahan kabel tp ya harus bayar lebih. Krn kabel bawaan kl tdk slaah hanya 100 meteran. Kalau jaraknya jauh dan jauh pula dengan tiang telkom ya susah. Misal jaraknya tdk lbh dr 25 meter saya kira bisa. Kalau lbh dr itu ya tdk bisa. Gitu mas kira2.

    • 17 November 2020 - (13:33 WIB)
      Permalink

      kalau tidak bisa dipindah..kenapa sy diberi formulir pengajuan pindah alamat?kalau sudah penuh, kenapa cs yang di call center menginformasikan masih kosong? kalau tidak bisa dengan jarak lebih dari 100 meter kenapa tidak dari awal diinformasikan kepada pelanggan?jadi informasi tersebut seharusnya diinformasikan secara jelas kepada pelanggan atau calon konsumen supaya tidak kecewa kemudian

    • 18 November 2020 - (02:23 WIB)
      Permalink

      Kata siapa gak bisa kalo pindah alamat?buktinya aja saya dari serang ke jakarta bisa tuh …
      Dan 1 hal lagi kalau memang jaringan disana dibilangnya full itu masih belum pasti karna di satu kotak jaringan itu pasti ada pelanggan yg sudah berhenti berlangganan secara resmi ataupun nunggak 2bulan lebih sayapun selalu kawal teknisinya pas saya pindah alamat …
      Dan dari pihak telkompun tidak ada yang namanya untuk penambahan biaya kabel dari 1 jaringan ke rumah kita terkecuaki untuk penambahan alat tv yg letakny jauh dari modem tersebut

  • 16 Juli 2021 - (07:56 WIB)
    Permalink

    benar sekali, agak aneh memang indihome ini, saya mengajukan 2x namun selalu di cancel oleh teknisinya alasanya jaringan jauh, padahal sebelah rumah saya sudah dipasang indihome, klo memang tidak bisa karena jauh kenapa sebelah rumah saya bisa sebelah rumah saya nempel dinding ga ampe 2 meter.. saya area samarinda

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Telkom IndiHome Mengecewakan Pelanggan

oleh rafael driarko wardono dibaca dalam: 1 menit
5