Pencurian Data dan Penyalahgunaan Data Mantan Pelanggan Indihome

Pada sekitar tahun 2016/2017 saya yang ber-KTP Jakarta telah berlangganan Indihome di Kota Semarang selama setahun. dan saya telah berhenti berlangganan.

Namun pada tahun 2020 saya tiba-tiba mendapat tagihan Indihome via whatsapp yang mana tertulis daerah Sumatera, padahal seumur hidup saya, saya belum pernah sama sekali menginjakkan kaki ke Sumatera. Dengan nama yang memang nama saya yang terdaftar ketika berlangganan Indihome di Semarang.

Sempat suatu ketika saya merasa kaget dan ingin membayar tagihan tersebut, karena sampai waktu itu keluarga saya di rumah memang masih berlangganan Indihome. Namun setelah saya perhatikan tagihan tersebut berlangganan daerah Sumatera saya mengurungkan niat saya. Dan komplain pertama ke Indihome via twitter untuk meminta tanggapan Indihome namun saya diabaikan dan hanya diinfokan bahwa nomor pelanggan tersebut memang terdaftar atas nama saya. Merasa ada yang salah dan diabaikan saya mencoba wait and see.

Pada bulan Agustus, saya meminta Indihome untuk memperpanjang kabel Indihome yang ada di rumah ibu saya (terdaftar dengan nama kakak saya) namun saya dihubungi oleh banyak teknisi Indihome, yang mana mengira saya ingin meminta perpanjangan kabel di Sumatera tersebut. Namun teknisi yang di rumah ibu saya (Kubu Raya Kalimantan Barat) tidak perlu meminta alamat, yang mana itu berarti Indihome pun tidak tahu dimana alamat pemasangan Indihome dengan nama saya di Riau. Saya jadi merasa terganggu karena nomor handphone saya pun dihubungi oleh banyak teknisi karena mungkin mereka diwajibkan untuk menyelesaikan permintaan pelanggan.

Setelah saya periksa, tidak pernah ada OTP yang masuk ke nomor handphone saya untuk login aplikasi myIndihome. Yang membuat saya yakin hanya orang dalam saja yang bisa melakukan pemasangan seperti ini (tanpa login myIndihome dan menggunakan data mantan pelanggan). Tentu saja saya hubungi pihak Indihome namun tidak menemukan solusi sama sekali yang malah membuat saya makin merasa dirugikan.

Setelah saya telpon 147 pun hanya dijanjikan bahwa dalam proses dan tagihan tidak akan masuk lagi. namun sampai November 2020 tagihan terus masuk. Dan saya komplain kembali, Indihome hanya meminta saya untuk mengabaikan. padahal tagihan tersebut berisi denda, yang mana Indihome saja tidak tahu dimana pemasangan dengan nomor 111505190255, jadi bila tidak tahu alamatnya, bila ada surat peringatan, kemana akan dikirim tagihannya? Alamat saya sesuai KTP?

Hingga pada akhirnya tanggal 26 November 2020 dengan ada kejadian ini, saya meminta pemutusan koneksi internet yang ada di rumah ibu saya maupun yang di Sumatera (bajakan). Indihome malah meminta saya untuk melunasi tagihan tersebut terlebih dahulu. Saya sungguh merasa dirugikan karena data saya sudah tercuri dan dibiarkan oleh Indihome berbulan-bulan lamanya. Tapi saat ingin melakukan pemutusan pun Indihome masih menagih saya atas pemasangan yang merugikan saya.

Arita Veronika
Kubu Raya Kalimantan Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom Indihome:
[Total:40    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan PT. Telkom Regional 1 atas Surat Ibu Arita Veronika

Yth. Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat pembaca Arita Veronika pada tanggal 27 November 2020 dengan...
Baca Selengkapnya

Loading...

6 komentar untuk “Pencurian Data dan Penyalahgunaan Data Mantan Pelanggan Indihome

    • 27 November 2020 - (16:34 WIB)
      Permalink

      tidak ada yang mau tempuh jalur hukum? saya sudah konsultasi dengan lawyer saya sebenarnya kakak kandung saya yang pengguna indihome dirumah ibu saya juga lawyer. tapi saya merasa surat pembaca adalah salah satu upaya karna hukum adalah jalan terakhir.

  • 27 November 2020 - (15:46 WIB)
    Permalink

    Solusi ampuh dtg indihome plaza. Selesai kan disana dihari yg sama. Paling dioper 1-2plaza..terus gpp bayar aja kalau mau hidup tenang..saya sudah bahas ini di youtube viest tv.
    Saya pilih selesai kan dengan bayar yg penting hidup saya tenang gak ditagih2 dan data saya dihapus indihome.
    Bahasan ini ada di akhir video. Review indihome paket gamer

    • 27 November 2020 - (16:23 WIB)
      Permalink

      saya barusan nonton, dan menurut saya beda kasus kak. kalau kakak memang pelanggan indihome, saya sudah bukan pelanggan indihome. indihome yang terpasang dirumah saya adalah indihome dengan pendaftar keluarga saya. jadi bagaimana bisa saya bayar? kalau akun myindihome(yang berisi KTP dan nomor hp) kakak, saya gunakan untung pasang myindihome tanpa kakak kenal saya, kakak mau bayar?

  • 28 November 2020 - (19:36 WIB)
    Permalink

    Semoga permasalahannya dapat segera ditangani oleh pihak indihome, saya juga ada kasus dengan indihome sejak maret 2020 dimana data email indihome saya berubah menjadi email orang lain, dan kemudian orang tersebut berlanggangan paket seamles id sampai 4 paket per bulan ( per paket harga 10rb jadi total kerugian 40rb per bulan)

    Dan konyolnya setiap bulan org tersebut daftar paket seamless id, padahal saya sudah komplen ken147, datang ke gerai indihome. Tapi sampai saat ini ( november 2020) masij saja orang tersebut dapat mengakses akun indohome saya.

    Sampai saat ini akun indihome saya masih terkonek dengan email orang tersebut. Sungguh memalulan bumn satu ini. Dan customer supportnya sangat payah sekali.

    • 28 November 2020 - (21:11 WIB)
      Permalink

      saya setuju dengan anda soal “memalukan” seakan pekerjanya seenaknya obrak-abrik perusahaan ini seakan milik mereka pribadi. kakak sudah coba untuk post keluhan dalam bentuk surat pembaca? semoga segera selesai. saya sejujurnya tidak pergi ke telkom. karna masih dalam kondisi covid, dan saya merasa saya pribadi sudah bukan pengguna layanan telkom. tapi ternyata menurut pengalaman kakak ke gerai telkom pun tidak membantu. speechless saya

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indihome?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Pencurian Data dan Penyalahgunaan Data Mantan Pelanggan Indihome

oleh arita dibaca dalam: 2 min
6