Merasa Tertipu oleh Asuransi CIGNA

Saya Fachreza Muhammad Agus adalah pemegang polis CIGNA HOSPIN – Smart Health Extra sejak tanggal 29 Oktober 2010, dengan nomor polis: HE0000282Y dan pembayaran premi sebesar Rp101.999/bulan yang ditagihkan melalui kartu kredit BCA setiap bulannya.

Dijelaskan bahwa saya akan menerima pengembalian premi secara otomatis, dengan ada atau tidak adanya klaim setelah tahun ke-2 (25% dari total premi yang dibayarkan), tahun ke-5 (40% dari total premi yang dibayarkan) dan tahun ke-10 (60% dari total premi yang dibayarkan).

Namun dalam perjalanannya sangat mengecewakan, karena di ulang tahun polis ke-2, ke-5 dan ke-10 pihak CIGNA harus selalu diingatkan untuk melakukan pengembalian polisnya. Setelah tahun ke-10 (polis berakhir tanggal 29 Oktober 2020) saya mendapatkan kekecewaan besar dari asuransi ini, yang menurut saya sangat tidak profesional dan membuang energi dan pikiran saya yang cukup besar.

Kronologinya:

Tanggal 5 November 2020. Lagi-lagi saya harus telepon ke customer service untuk menanyakan pengembalian premi saya (lama pembicaraan 13 menit 53 detik). Jawabnya harus menunggu 14 hari kerja dan menanyakan nomor rekening saya. Saya berikan semua nomor rekening BCA saya. Padahal mereka sudah pernah menanyakan ke saya dan sudah pernah mentransfer 2x pada ulang tahun polis kedua dan kelima, datanya pun masih ada di database mereka.

Tanggal 13 November 2020.  Saya kembali telepon dan menanyakan kembali. Mereka sampaikan saya harus menunggu maksimal 14 hari kerja dari telepon saya tanggal 5 November 2020 (bukan dihitung dari tanggal berakhirnya polis saya). Maksimal ya (lagi-lagi dihitung dari tanggal 5 saat saya telepon menanyakan untuk pertama kalinya). Kemudian ditanyakan kembali data rekening saya dan saya sebutkan kembali 2 nomor rekening BCA saya.

Tanggal 26 November 2020.  Saya telepon kembali customer service (petugas: Pasha) dengan nomor keluhan: 10011513521. Di sinilah puncak kekecewaan saya. Setelah saya menunggu selama 15 hari kerja sejak telepon saya pertama, disampaikan bahwa transfer belum dapat dilakukan karena nama saya tidak sesuai (dari lahir nama saya tdk berubah dan 2x CIGNA sudah pernah mentransfer saya) dan saya diminta menunggu 14 hari kerja lagi!!!

Beginikah cara kerja/sistem yang berlaku di CIGNA? Di zaman yang serba canggih, tapi dengan entengnya menahan hak saya selama ini dan membuat saya lelah untuk meminta. Bagaimana bila saya tidak pernah menanyakan kembali? Apakah tidak ada system alert atau pemberitahuan kepada konsumennya?

Saya berpikir mungkin kalau tidak saya telepon lagi sampai saya mati pun tidak akan ada pengembalian kepada saya. Saya yakin penipuan ini tidak hanya terjadi ke diri saya, maksimal 14 hari kerja tidak terbukti, tidak ada konfirmasi dan hanya menimbulkan kerugian moril dan materil sebagai balasan dari lancarnya pembayaran premi yang saya lakukan selama ini!

Dengan surat pembaca ini saya minta CIGNA dapat mengembalikan apa yang menjadi hak saya di polis tsb di atas dan dapat mengembalikan semua pembayaran premi di polis saya yang lain, di nomor polis LE000000000305Y (Smart Life Extra, sejak tanggal 28 Desember 2012) agar saya tidak merasakan kekecewaan kembali nantinya.

Fachreza Muhammad Agus
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Asuransi Cigna:
[Total:35    Rata-Rata: 1.9/5]
Penjelasan Cigna Indonesia tentang “Merasa Tertipu oleh Asuransi Cigna”

Bersama ini PT Asuransi Cigna (Cigna Indonesia) akan menyampaikan tanggapan atas keluhan Bapak Fachreza Muhammad Agus mengenai proses pembayaran bonus...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Merasa Tertipu oleh Asuransi CIGNA

  • 30 November 2020 - (18:47 WIB)
    Permalink

    Namanya juga asu mas, ya sabar. Blm pernah ada asuransi apapun jenisnya ketika di klaim langsung oke, pasti berbelit2, banyak alasan untuk lepas tanggung jawab. Dr asuransi yg sudah mendunia atau yg ecek2. Entah ini terjadi di seluruu dunia atau cuma di indonesia saja.

  • 30 Agustus 2021 - (03:16 WIB)
    Permalink

    Kelanjutannya gimana Om? Saya jg yg pengembalian yg 40% harusnya di Nov 2020. Skrg baru sadar. Bsk baru mau urus klaimnya

    • 20 September 2021 - (10:46 WIB)
      Permalink

      Kelanjutannya pada akhirnya sih tetap dibayar dengan menelpon terus, tanyakan dan tanyakan lagi, pegel om, cigna narik preminya rutin and ga pernah lewat tanggal, pas kewajibannya bisa lupa sampai konsumennya mati ga dibayar.. saran saya ya jangan dibeli lg produk asuransi dari cigna, sebarkan aja apa yg dialami om, biar ga ada lagi orang yang tertipu.. habis waktu, tenaga, biaya dan pikiran.. mrk enak2 saja tanpa ada pertanggungjawabannya.. saya mau cancel dan minta batal n kembalikan dana saya yg sudah mrk putarkan jg sudah ga bs, alasannya tunggu sampai selesai.. GA BISA DIPERCAYA INI ASURANSI!!!

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi Cigna?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Merasa Tertipu oleh Asuransi CIGNA

oleh Fachreza Muhammad Agus dibaca dalam: 2 menit
3