IM3 Indosat Oreedoo Mengubah Paket Internet Sepihak

Dear Media Konsumen

Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan oleh Tuhan. Amiin.

Langsung saja,

Dalam surat konsumen ini, saya ingin menyampaikan keluh kesah dan sekaligus kekesalan saya terhadap salah satu provider telekomunikasi, yakni Indosat oreedoo yang telah melakukan tindak kecurangan–untuk lebih emosional saya sebut saja “penipuan” terhadap konsumen.

Saya pemakai kartu Im3 oredoo cukup lama. Pada tanggal 21 Oktober 2020 saya mendaftarkan paket internet berlangganan sebesar 50gb dengan harga promo sebesar Rp. 100.000/bulan. Namun, pada tanggal 2 November 2020, paket saya tersebut tiba-tiba diubah ke paket Rp. 5000 untuk paket 1gb masa pakai 3 hari, tanpa konfirmasi sama sekali.

Pada saat itu, saya langsung menelpon CS Indosat untuk menyampaikan keluhan saya. CS Indosat menjanjikan akan mengganti kerugian saya tersebut dengan cara pengembalian pulsa. Saya menolak kemudian meminta untuk dikembalikan saja paket saya ke paket semula, karena sisa paket saya sebelum diubah semena-mena oleh Indosat masih sekitar 41gb lagi. Itu jumlah yang cukup besar bagi pemakai internet normal seperti saya. Tetapi dengan alasan sistem mereka tidak mendukung, kerugian saya akan tetap diganti dengan nominal pulsa. Akhirnya saya setuju. Terpaksa setuju. Saya tak punya pilihan, bukan?

CS Indosat bersuara merdu dan sangat ramah itu menjanjikan untuk mengembalikan pulsa saya sejumlah Rp.75.000 dan akan segera masuk ke saldo pulsa saya dengan estimasi masa tunggu tak lebih dari 24 jam. Tapi, setelah batas masa tunggu terlewati, nominal ganti rugi yang dijanjikan tadi tidak terealisasi. Sabar. Tentu saja saya masih bersabar.

Saya berinisiatif untuk kembali menelpon CS indosat–perlu Anda ketahui, menelpon CS Indosat ini tidak gratis. Anda harus siapkan pulsa Rp.1000/panggilan untuk bisa berkeluh-kesah ria pada CS indosat yang ramah tapi tidak solutif itu. Dan seperti mudah diduga, pada upaya kedua ini pun tetap gagal. Pulsa ganti rugi yang dijanjikan oleh CS indosat hanya manis di bibir saja. Saya sangat kecewa.

Dalam kekecewaan itu, saya akhirnya menganalisa dan menemukan modus yang dipakai oleh perusahaan identik warna kuning ini. Beberapa saat sebelum paket internet saya diubah secara gaib oleh Indosat, saya dikirimi sms yang berbunyi penawaran paket internet 1gb Rp. 5000 untuk 3 hari. Sms ini datang berkali-kali dan tidak saya pedulikan.

FYI: untuk pengguna Indosat pasti paham bahwa untuk mengubah paket, Anda harus menjawab/membalas sms tersebut dengan kata “YA” agar paket dapat diubah.

Pada kasus saya, tanpa konfirmasi kata “YA” tersebut, paket diubah. Mungkin Im3 Indosat ini berharap trik mereka dengan mengirim sms berkali-kali tersebut pelanggan bakal kebingungan dan menyalahkan diri sendiri atas keteledoran mengkonfirmasi. Dan mereka bakal mudah berkelit. Oh tidak semudah itu, Bulgosso! A*u sekali ya?

Saya bertanya² pada para pengguna im3 di lingkungan saya, mereka ternyata juga sering dicurangi oleh provider kuning ini. Tidak cuma sekali, tetapi berkali-kali.

Akhirnya, saya tidak terlalu mempersoalkan nominal kerugian saya, jika ini terjadi hanya pada segelintir orang, tetapi jika ini kasus jamak, saya kira institusi dan pihak-pihak terkait perlu memberi teguran keras. Kepada Indosat Oreedoo juga saya harap lekas memperbaiki kualitas pelayanan terhadap pelanggan. Anda dihidupi oleh pelanggan, jadi sebelum Anda kehilangan, jangan Anda kecewakan.

Salam.

Adam Yudhistira
0857832996**
Muara Enim, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:89    Rata-Rata: 4.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “IM3 Indosat Oreedoo Mengubah Paket Internet Sepihak

  • 5 Desember 2020 - (19:44 WIB)
    Permalink

    kadang emang gitu sih pernah ngalamin daftar paket via pulsa pulsanya di potong paket nga dateng, kirim pengaduan di *185# cuma janji manis doang wkwkwkk

  • 5 Desember 2020 - (21:29 WIB)
    Permalink

    Sebagian pesan dari indosat sudah Saya kategorikan sebagai spam alias di blokir dari pesan masuk. Terutama dari pesan INDOSAT, 919, IM3-INFO, dan 808. Tapi yg sulit dihindari yaitu pesan kelas 0 sa popup yg sering muncul tiba². Emang gitu kalau kartu perdana sudah lama dipake. Banyak promo + notif gak jelas. Meski sebagian menguntukan tapi disisi lain merugikan karena terlalu sering muncul.

  • 5 Desember 2020 - (22:21 WIB)
    Permalink

    Kirain cuma saya yg mengalami kejadian seperti ini. Persis ga beda jauh. Cuma kata2 manis yg mereka janjikan. Buktinya nol besar

  • 5 Desember 2020 - (22:53 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami hal yang sama dan saya complain lewat chat cs via aplikasi im3 dan via email cs nya,, syukur deh dalam jangka waktu 2×24 jam paket data saya dikembalikan seperti semula..
    Thx

  • 6 Desember 2020 - (04:59 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama mengalami hal seperti itu, bedanya sy baru isi yg 5Gb/30hari, tiba dapat SMS, dari 505, yg mengajukan pertanyaan ” anda akan terhubung dengan pulsa/kuota darurat,…, Lalu sy klik YA, blasssss langsung hilang kuota sy, tinggal 500mb/hari, berubah jadi kuota harian, sisa 4Gb nya bablas,,,maka nya sy jadikan “blok dan spam semua SMS dari Indosat”

  • 6 Desember 2020 - (12:24 WIB)
    Permalink

    Layanan buruk suka suka mereka saja
    Gonta ganti jaringan dan tidak sesuai perjajian indosat sangat buruk dan merugikan kami sebagai pengguna
    Jangan proses tapi realisasi bukan janji

  • 6 Desember 2020 - (21:44 WIB)
    Permalink

    Ya kalau sudah tidak suka dengan indosat ooredoo sebaiknya jangan komen saja,, patah kan juga kartu indosat nya
    Pakai lah telkomsel 👍👍

  • 7 Desember 2020 - (07:03 WIB)
    Permalink

    Gw juga pernah bbrpa kali mengalami hal yg sama.
    Makanya, sekarang gw ga berani lgi beli paket mahal di Indosat.
    Kamvret emang!

 Apa Komentar Anda?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

IM3 Indosat Oreedoo Mengubah Paket Internet Sepihak

oleh Adam dibaca dalam: 2 menit
17