Sekian Kali Kecewa dengan Pelayanan JNE dan Lazada yang Tidak Sinkron dan Ogah-ogahan Membantu

Saya memiliki pesanan dengan nomor 518346761003003 dengan pembelian ayunan bayi dimana pesanan tersebut merupakan titipan dari teman saya. Saya tahu pengiriman ini akan memakan waktu cukup lama dikarenakan pengirimannya dari Batam dan bertepatan dengan libur panjang akhir tahun. Yang saya sesalkan, penjual telah menginput barangnya ke gerai JNE pada 28 Desember 2020 dan di aplikasi Lazada saya tertera estimasi pesanan tiba adalah 5 Januari 2021.

Pada tanggal 4 Januari, status pengiriman pesanan saya tidak ada perubahan, masih di Mitra Logistik Lazada (JNE) Batam. Tanggal 5 Januari 2021, muncul pemberitahuan bahwa pesanan akan dikirimkan ke alamat penerima yang mana sepengalaman saya di marketplace lain, jika ada notifikasi seperti itu, artinya pesanan akan tiba hari itu juga.

Hingga tanggal 6 Januari 2020, pesanan belum juga tiba ke tujuan. Siangnya saya telepon CS JNE dan CS JNE mengatakan bahwa pesanannya dinyatakan hilang dan saya diminta ajukan klaim di Lazadanya. Dikarenakan tidak ada pemberitahuan bahwa pesanan hilang, maka dari itu saya hubungi CS Live Chat Lazada untuk meminta kejelasan atas transaksi saya. CS Lazada menjawab bahwa pesanan ini tidak hilang karena di web kurir dan aplikasi Lazada tidak ada pemberitahuannya, saya diminta cek email apakah ada email dari JNE bahwa barang tersebut hilang.

Saya minta CS Lazada untuk bantu hubungi JNE nya, malah CS nya bilang

“Kami tidak dapat menghubungi JNE melalui telepon, hanya bisa cek yang ada di sistem saja. Mohon ditunggu hingga 11 Januari 2021 apabila berkenan. Apabila tidak berkenan menunggu bisa tolak saja pada saat kurir datang nantinya Kak”.

Silahkan nilai sendiri atas kualitas jawaban yang diberikan. Tidak ada upaya inisiatif lebih untuk membantu atas kepanikan customernya yang mendapat info pesanan hilang, entah karena CS JNE nya yang tidak teliti memberikan informasi.

Di 8 Januari 2021, teman saya ditelpon oleh penjual bahwa ternyata pesanannya tidak dapat dilanjutkan pengirimannya dikarenakan terkena volume. Yang benar saja, mengapa sudah 10 hari lebih baru ketahuan kena volume? Lalu mengapa kemarin-kemarin diinfokannya berbeda-beda dari Lazada dan JNE nya? Dan mengapa dari penjual yang menghubungi, bukan JNE atau Lazada terutama sebagai perantara jual belinya? Mengingat saya sudah berulangkali komplain terkait transaksi ini. Dan dari pihak Lazada menjanjikan apabila ada perkembangan investigasi maka akan disampaikan melalui Email.

Saya merasa sangat dirugikan secara waktu, 10 hari lebih bukanlah waktu yang sebentar. Kemudian proses pembatalannya juga sangat lama, pengajuan pembatalan memakan waktu 3×24 jam sedangkan dana akan dikembalikan maksimal 5 hari kerja sejak pembatalan disetujui, yang mana dana saya baru akan kembali 8 hari kedepan? Ini sangat wasting time sekali.

Setelah kendala ini terselesaikan, saya tidak akan menggunakan Lazada lagi maupun JNE. Saya pernah mengalami kendala tidak menyenangkan sebelumnya dengan JNE, dimana saya mendapatkan hadiah dari PT ASDP Fery dan dikirimkan melalui JNE. Namun pihak JNE justru mengembalikan hadiah tersebut ke pengirim dengan alasan saya tidak dikenal atau tidak dapat dihubungi. Yang benar saya, puluhan kali saya mengirimkan pesanan ke alamat tersebut selalu sampai, nomor saya juga selalu aktif. Waktu saya komplain ke CS nya, jawabannya hanya klasik sekali, saya diminta agar meminta pengirim untuk mengirim ulang hadiahnya. Tidak ada itikad baik sama sekali. Baik Lazada dan JNE, kita usai disini.

Saran saya untuk Lazada, perhatikan Copywriting dan UI/UX nya, kalau memang pesanan belum akan dikirimkan ke alamat penerima secara real time hari itu juga, jangan berikan notifikasi seperti itu. Itu sama saja dengan membohongi pelanggan. Perbaiki juga SOP CS kalian. Saran saya untuk JNE, perbaiki lagi kualitas pengiriman dan CS nya. Sudah beberapa kali kecewa dengan jawaban CS yang ogah-ogahan membantu.

Septiyani Kusuma Dewi
Banyumanik, Semarang 50269


Update (13 Januari 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tanggapan dari pelaku usaha terkait sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lazada Indonesia:
[Total:11    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Sekian Kali Kecewa dengan Pelayanan JNE dan Lazada yang Tidak Sinkron dan Ogah-ogahan Membantu

    • 11 Januari 2021 - (03:38 WIB)
      Permalink

      JNE lagi JNE lagi, gak ada yang lebih buruk apa pelayanannya selain JNE…🤔🤔🤔😢😢😢

      1
      2
  • 10 Januari 2021 - (18:11 WIB)
    Permalink

    kalau kena informasinya Dari penjual itu wajar Kaena Paket Di Antar oleh penjual ke gerai JNE,

    Kecuali Barang Tersebut Di Ambil Oleh kurir dari tempat penjual Sesuai perintah dari aplikasi(pembuatan Resi Otomatis macam apk shopee) maka yg di hubungi pertamakali itu cs dari aplikasinya,

    setahuku begitu, maaf kalau salah.

    • 12 September 2021 - (17:49 WIB)
      Permalink

      Kalo barang lazada setau aku, kalo udh ada resi minta pertanggung jawabannya sama kurir yang mengirim kak, yaa berarti komplan ke jne, kalo komplen ke lazada mau pun cs ga bakal di bales. Soalnya udh urusan jne

  • 10 Januari 2021 - (22:52 WIB)
    Permalink

    Saran sata hati2 kalo mau make lazada maupun JNE udah jelek nama nya dah gx bs di percaya apalagi kalo ad masalah kabur semua. Kalo tetap ngotot ya resiko tanggung sendiri

    1
    2
    • 11 Januari 2021 - (11:12 WIB)
      Permalink

      Saya pakai jne ,aman aman aja,lebih 100 kali belanja di marketplace manapun selalu pakai jne.itu mah tergantung marketplacenya aja

    • 12 September 2021 - (17:47 WIB)
      Permalink

      Bener banget nih, lazadanya mah bener, dari jne nya yang ga jelas. Barang kita seenaknya aja di perlakuin

  • 11 Januari 2021 - (08:22 WIB)
    Permalink

    Saran saya kak… Kalau kakak belanja online jangan di Batam deh bakalan lama dan super duper ribet karena harus pengencekan lewat bea cukai lah ini lah itu lah ditambah lagi adanya pajak dll. Kakak bisa beli di pelapak mana pun tapi saya sarankan jangan di Batam kecuali memang kakak beli barang langsung ke tokonya.

  • 12 September 2021 - (17:44 WIB)
    Permalink

    Betul betul mengecewakan jne, saran saya belanja di lazada jangan pakai jne, pengiriman lama, respon tidak jelas, eh sampe rumah barang ancur lebur.. duh lazada masih aja sih kerja sama dengan jne, yg udh jelas kurir lama doang tapi pelayanannya buruk buat apa, pindah aja ke kurir lain. Makasih, cukup kecewa.

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Sekian Kali Kecewa dengan Pelayanan JNE dan Lazada yang Tidak Sinkron …

oleh Dewi dibaca dalam: 2 menit
15