Pelanggan Indihome Tidak Mendapatkan Layanan Service dan Solusi yang Baik

Saya adalah pelanggan indihome dengan nomor id: 111103114086. Saya ingin menyampaikan keluhan saya sebagai pelanggan Indihome khusus untuk internetnya.

Saya mengalami tunggakan kurang lebih 4 bulan dan sudah saya selesaikan dengan membayarkan ke Plasa Telkom Banda Aceh pada tanggal 28 Januari. Pada saat saya akan melunasi tunggakan pihak kasir menginformasikan kepada saya bahwa layanan internet saya akan aktif dalam di sore harinya.

Kemudian saya kembali mendapatkan telpon dari telkom Banda Aceh di sore hari bahwa saya diharuskan menunggu paling cepat 3 hari dan paling lama 7 hari. Lalu keesokan harinya datang dua orang teknisi untuk mengecek kabel jaringan di rumah saya. Hasilnya katanya kabel saya sudah diputuskan dan sudah diisi slot orang lain.

Kemudian saya coba menghubungi 147 dan menceritakan permasalahan saya. Dari call center mencoba memberikan solusi dengan akan di follow up dengan mendatangkan teknisi kembali. Saya juga mendapatkan chat whatsapp dari pihak Telkom yang menginformasikan kalau saya diperintahkan untuk menghidupkan ONT karena dari pihak mereka ingin mengaktifkan internetnya. Sudah saya ikuti sarannya namun lampunya tetap juga merah.

Akhirnya saya kembali menghubungi call center. Dari percakapan call center dinformasikan bahwa layanan internet tersebut sudah tidak dapat diaktifkan kembali. Karena saya sudah lama tidak membayarkan tunggakan. maka dari itu kabel jaringan saya dinonaktifkan. Disini saya sudah mulai sedikit bingung. Karena dari pihak Telkom Banda Aceh katanya layanan saya bisa diaktifkan. Namun dari call center layanannya sudah di-off-kan atau sudah dinonaktifkan.

Pada tanggal 3 Februari 2021. Teknisi kedua kembali datang ke rumah saya. Mereka kembali mengecek jaringan dan slot. Hasil akhir kata mereka sudah penuh dan tidak bisa dilakukan pengaktifan lagi. kecuali dengan adanya tambahan ODP atau dengan adanya pelanggan yang mengajukan pemberhentian layanan.

Pada tanggal 4 Februari 2021. Saya mendatangi Plasa Telkom Banda Aceh guna untuk menyampaikan informasi yang saya dapatkan. Dari CS saya diinformasikan bahwa nomor saya sudah hangus dan tidak dapat dilakukan pemasangan kembali.

saya sebenarnya cukup kecewa dengan informasi akhir yang saya terima. Kecewa karena dari awal pihak kasir/ CS tidak menginformasikan bahwa layanan saya tidak dapat diaktifkan kembali. Pihak Telkom juga beberapa kali menghubungi saya dan memastikan bahwa layanan saya bisa diaktifkan kembali. Namun ternyata tidak bisa diaktifkan. Seharusnya pelanggan mendapatkan informasi yang lengkap. SLA yang diberikan juga tidak sesuai. sinkronisasi antara frontliner, back office dan teknisi lapangan juga berbeda. Jadi coba Pihak Telkom khususnya Telkom Banda Aceh jangan hanya cepat memberikan surat tunggakan kepada pelanggannya tapi juga berikan pelayanan yang cepat dan memuaskan.

Ada banyak pelanggan yang menunggu slot dengan tambahan ODP di lokasi lingkungan saya dan sudah cukup lama ingin memasang jaringan indihome, tapi rupanya sistem yang saya dengar dari teknisi hanya menunggu pelanggan menunggak lalu kabelnya dicabut untuk dimasukkan slot baru. Saya rasa itu tidak sesuai dengan philosophy to do the best nya Telkom Indonesia “BASIC BELIEF: ALWAYS THE BEST“. Alangkah lebih baik lagi jika Solid, Speed, Smart benar-benar diterapkan ke Frontliner. Jangan hanya dijadikan X-banner di ruang pelayanan.

Riki Handoko
Aceh Besar, Nanggroe Aceh Darussalam


Catatan redaksi (diperbarui 19/2/2021): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom Indihome:
[Total:6    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

6 komentar untuk “Pelanggan Indihome Tidak Mendapatkan Layanan Service dan Solusi yang Baik

  • 5 Februari 2021 - (21:28 WIB)
    Permalink

    Nunggak 4 bulan? 3 bulan itu sudah dicabut, putus kabel. Dan slotnya bisa digunakan orang lain. Kasir itu tahunya dan memang seperti biasanya kalau nunggak dan dibayarkan ya langsung aktif, tp mungkin tdk tau nunggak 4 bulan. Harusnya anda tanya ke cs dl. Dan yg di infokan cs ya memang benar spt itu.

    • 5 Februari 2021 - (21:49 WIB)
      Permalink

      Dibaca dulu keseluruhan mas. Sudah ada penjelasan disitu. Lagipula seharusnya setelah membayar kasir dapat mengarahkan ke CS untuk mengenai informasi selanjutnya. Anak perusahaan Telkom untuk seluler ( Telkomsel) setiap saat mengarahkan seperti itu jika pelanggan mengalami tunggakan di atas 3 bulan. Saya yakin kasirnya juga paham product knowledge sendiri.

  • 5 Februari 2021 - (21:43 WIB)
    Permalink

    Coba kalau dibilang kasirnya, “nampaknya internetnya sudah diputus dan slotnya sudah diisi orang lain”, apakah Anda masih tetap mau membayar tunggakannya? —-canda—-

    Kalau baca-baca keluhan di MK, memang agak sulit memasang baru indihome, apalagi WFH dan belajar online ini permintaan meningkat.
    Dengan kata lain… sabar, pasti ada hikmahnya…

  • 5 Februari 2021 - (21:53 WIB)
    Permalink

    Sepertinya slot di lokasi saya bukan karena WFH mas. Sudah lumayan lama memang slotnya tidak ada penambahan. Padahal yang mengajukan ingin dipasang sudah lumayan banyak menurut teknisi yang datang.

    • 5 Februari 2021 - (22:16 WIB)
      Permalink

      Berdo’a saja Bang, semoga ada provider selain indihome yang masuk jalur rumah abang.
      Dikomplek saya juga begitu, padahal banyak tetangga yang mau pasang indihome, tp ya itu tadi, “slot penuh dan harus menunggu ODP”. Saya tidak tahu ODP itu seperti apa, nampaknya yang kotak besar yang biasa d simpang jalan itu. Kalau benar itu, pantas saja tidak akan d pasang ODP dalam waktu dekat.
      Untungnya ada provider lain yang masuk komplek, dia pakai tiang sendiri memang modal besar nampaknya bikin jaringan.

  • 5 Februari 2021 - (22:34 WIB)
    Permalink

    Bersyukurlah ada provider lain masuk di kawasan Abang. Kalo di tempat saya cuma dia pemain tunggal. Kalo ada provider lain pasti banyak yg beralih ke provider tersebut. Disebut aja nama providernya bang. Mana tau mereka bisa pasang disini juga.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indihome?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Pelanggan Indihome Tidak Mendapatkan Layanan Service dan Solusi yang B…

oleh Riki dibaca dalam: 2 menit
6