Klaim Asuransi Perisai Plus Kartu Kredit BNI Tidak Ada Kejelasan dan Bertele-tele

Ibu saya meninggal pada tanggal 11 Desember 2020, beliau pemegang credit card BNI konvensional. 2 hari setelah ibu saya meninggal dunia, saya menghubungi BNI Call perihal tagihan kartu kredit almarhumah Ibu saya. Pihak Customer Service menginfokan bahwa kartu kredit dilindungi Asuransi Perisai Plus dan saya diminta untuk mengurus klaim.

Saya menanyakan berkas apa saja untuk klaim asuransi, saat itu pihak Customer Service BNI memberitahu persyaratannya adalah Akta Kematian, Scan Kartu Kredit, Kronologi Kematian, KTP dan KK Nasabah beserta ahli waris, surat keterangan ahli waris, surat klaim dan surat kuasa. Pada tanggal 5 Januari 2021 semua berkas sudah lengkap dan dikirim via email istri saya ke bnicall@bnico.id dan saya mengirimkan hardcopy semua berkas pada tanggal 7 Januari 2021 ke Gd. Plaza BNI BSD Lt.10 Serpong, Tangerang Selatan.

Satu minggu setelah pengiriman berkas tidak ada notifikasi baik balasan email (selain balasan otomatis maupun telepon). Saya telepon kembali ke Customer Service BNI Call, dan setiap 1 minggu sekali kami follow up ke BNI Call dan pihak Customer Service BNI Call hanya menjawab “Sedang Dalam Proses, diharap untuk menunggu” (selalu seperti itu jawaban mereka) dan di-follow up juga melalui email (lagi-lagi jawaban otomatis) yang jawab.

Anehnya lagi pada tanggal 30 Januari 2021 pihak penagihan kartu kredit menelepon ke handphone almarhumah ibu saya untuk mengingatkan bahwa tagihan jatuh tempo. Dengan pemahaman berarti tagihan kartu kredit ibu saya tetap berjalan sampai hari ini. Yang jadi pertanyaan, apakah tidak ada komunikasi antara BNI Call dan BNI Life? Apakah info dari customer tidak dilanjutkan ke pihak terkait.?

Hari ini tanggal 10 Februari 2021 saya menelepon BNI Life dan dengan jawaban “Mohon menunggu akan dikonfirmasi, mohon bersedia menunggu 1-2 menit”. Sudah 15 menit tidak ada jawab dan saya hanya mendengar lagu BNI Life.

Tidak adakah kepastian resmi dari pihak BNI Life pencairan klaim asuransi hari/tanggal/bulan atau bahkan tahun?! Secara BNI itu Bank besar yang di bawah naungan BUMN.

Baru kali ini saya mengurus klaim asuransi terlama dan harapan tidak pasti. Asabri dan BTPN tidak separah ini! Orang sudah meninggal dunia malah diperlambat dan diberi pengharapan tidak pasti. Saya ingatkan bahwa almarhumah Ibu saya membayar premi di setiap tagihan kartu kredit!! Jadi tidak gratis asuransi BNI Life itu diberikan!!

Saya sebagai ahli waris kecewa dengan pelayanan BNI Life seperti ini dan tolong beri pelatihan etika berbicara dan mendengarkan keluhan konsumen kepada semua Customer Service BNI.

Bank Besar yang di bawah naungan BUMN tapi pelayanan seperti ini. Semoga dengan saya menulis keluhan ini,pihak terkait atau perusahaan mawas diri dan untuk calon konsumen BNI, mungkin bisa berpikir lagi untuk menggunakan jasa asuransi pengelolaan keuangan di sini.

Fikry Nugroho
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BNI Life Insurance:
[Total:21    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan BNI Life atas Surat Bapak Fikry Nugroho

Yth. Bpk Fikry Nugroho, Menanggapi keluhan Bapak Fikry Nugroho di Mediakonsumen.com pada hari Kamis tanggal 11 Februari 2021 perihal “Klaim...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Klaim Asuransi Perisai Plus Kartu Kredit BNI Tidak Ada Kejelasan dan Bertele-tele

  • 13 Februari 2021 - (00:50 WIB)
    Permalink

    Masalah asuransi lagi. Hukum asuransi dii Indonesia itu gak kuat. Gak ada jaminan klaim pasti dibayar. Masalah nama baik perusahaan itu urusan belakamg. Yang penting bagi mereka kita bayar premi. Pas saat ada klain, cari celah supaya gak bayar. Parah…

 Apa Komentar Anda mengenai BNI Life Insurance?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Klaim Asuransi Perisai Plus Kartu Kredit BNI Tidak Ada Kejelasan dan B…

oleh Fikry Nugroho dibaca dalam: 2 menit
2