No VA Berubah-ubah dan Meski Sudah Bayar Tagihan Kredit Pintar, Masih Ditagih dan Belum Dianggap Lunas!

Assalamualaikum wr wb,

Di sini saya mau menyampaikan kekecewaan saya sekaligus mengadu dan menuntut itikad baik dari KREDIT PINTAR perihal kejadian yang tidak mengenakan yang saya alami.

Pada tanggal 24 Februari 2021 tepatnya pada pukul 18.59 WIB, saya membayar tagihan saya pada aplikasi KREDIT PINTAR dengan no VA 395393295052604 sebesar Rp 2.093.000 secara transfer melalu ATM BCA. Namun pada aplikasi masih terdapat tagihan yang jelas baru saja saya bayar.

Saya cek kembali no VA pada Bank BCA berubah-ubah beberapa kali. Kemudian saya melakukan pengecekan kembali ke call centre BCA untuk menanyakan kepemilikan no VA tersebut dan benar no VA yang saya transfer tadi itu adalah Atome Fin KREDIT PINTAR. Lalu saya mengirimkan bukti pembayaran melalui aplikasi tersebut dan mengirimkan email ke cs@kreditpintar.com

Kenapa harus banyak sekali VA tapi tidak satu saja? Apakah ini ada indikasi permainan dari Kredit Pintar?

 

VA berubah-ubah

 

VA berubah-ubah
Ini adalah no VA Kredit Pintar via BCA yang berubah rubah. Semua milik kredit pintar

Keesokan harinya, saya mendapat telpon dari pihak debt collector KREDIT PINTAR dan menanyakan rencana pembayaran. Saya sudah menjelaskan bahwasanya saya sudah mengajukan pengaduan ke KREDIT PINTAR dan sedang diverifikasi. Dalam beberapa waktu saya kembali ditelpon berkali kali oleh no tidak dikenal dan itu sangat mengganggu saya!

Saya mencoba menguhubungi CS KREDIT PINTAR, tetapi layanan dan tanggapannya begitu mengecewakan dikarenakan tidak ada kejelasan sama sekali untuk tagihan pada aplikasi Kredit Pintar tersebut dihapus karena jelas saya sudah membayar. Saya sempat menelpon berkali kali dan bahkan saya sempat disalahkan dengan alasan saya membayar dengan No VA lama. “Loh??”, jelas sekali yang memberikan no VA itu adalah KREDIT PINTAR itu sendiri pada aplikasi. Kenapa malah menyalahkan saya??.

Saya sudah merasa ini adalah penipuan dan pemerasan, ditambah lagi saya merasa kehidupan saya terganggu oleh ini. Saya akan menunggu itikad baik dari KREDIT PINTAR untuk menyelesaikan masalah ini. Jikalau nanti saya sudah merasa sangat terganggu sekali oleh telpon yang masuk berkali-kali dan masih menagih saya untuk membayar dengan denda keterlambatan yang jelas-jelas saya sudah bayar, saya akan melaporkannya kepada pihak berwajib dan OJK. Saya memiliki semua percakapan dari CS KREDIT PINTAR, serta bukti pembayaran dan No VA yang berubah-ubah.

Surakarta, 25 Februari 2021.

Reyhan Devara Saputra
Kota Surakarta, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredit Pintar atas Surat Bapak Reyhan Devara Saputra

Kepada Yth, Bapak Reyhan Devara Saputra, Menanggapi surat Bapak Reyhan melalui Website www.mediakonsumen.com pada tanggal 26 Februari 2021 berjudul “No...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • nomor VA berubah rubah saya rasa wajar sih, karena dari sisi accounting mgkn memudahkan untuk memilah, tagihan periode apa yang dibayarkan. dan juga memudahkan penghutang sebetulnya, karena membedakan tagihan yang belum dibayarkan dan akan dibayarkan, sehingga pelunasan bisa tertata, tidak bingung antara yang dtransfer ini untuk yang bulan sebelumnya atau bulan berjalan.

    menurut saya ini kesalahan anda sih, tapi harusnya KREDIT PINTAR memang seharusnya bisa mengatur agar pembayaran diterima meskipun anda salah menginput VA.
    anda laporkan ke OJK pun saya rasa tidak ada guna, karena tidak ada ketentuan untuk pembayaran harus ke 1VA saja, sementara anda sendiri yang setuju berhutang di KREDIT PINTAR, dalam arti anda setuju untuk mengikuti syarat dan ketentuan

    • Salah menginput VA? Yang benar saja bung, VA itu diberikan oleh KREDIT PINTAR itu sendiri. Kenapa saya harus salah?

      • Maksudnya itu kan tiap bulan bayar, nah tiap bulan itu va nya selalu berubah. Nah yg anda gunakan itu va bulan apa? Gitu. Apa iya tiap menit va nya berubah seperti otp? Krn ini pinjol ya beda dgn marketplace.

        • Coba cermati pada gambar, ada tulisan "ANY TYPE OF PAYMENTS ARE AVAILABLE".
          Kalau begitu yang saya lakukan sudah benar karena itu dari pihak kredit pintar itu sendiri. Tapi kenapa dipermasalahkan VA bulan apa dan tiap bulan beda?.

    • Mnrt saran saya klo blom tau / belom prnh membayar tagihan pakai Virtual Account mending bayar ke kasir Alfamart/Indomaret, klo msih ragu Isa tny2 dlu ke kasirnya mslh aman ato engganya, Krn no VA bank Isa berubah ubah dan resiko uang itu nyasar ( meski saldo terpotong pembayaran tagihan tersebut justru a.n org lain Krn no VA yg diberikan ke kita Isa berubah ubah, mngkn Isa jd no VA expired ato gmn sy jg kurang ngerti ) pengalaman sy kmrn sy mau bayar tp Krn msih ragu n penasaran baru pertama kali bayar pakai virtual account, sy GK segera ke ATM to cari info di google dan cs... No virtual account yg di berikan ke sy lwt aplikasi sy catat dlu, trus Krn penasaran sy klik konfirmasi pembayaran. Di situ tertera a.n sy uda membayar ke bank tertentu dgn no VA sekian... Sekilas sy melihat perbedaan no vA tersbt dgn no VA yg sy catat, ternyata memang berbeda, yg ada dlam pikiran sy seandainya waktu sy uda di ATM dan mentransfer uang ke no VA yg sy catat otomatis uang itu GK akan masuk... Akhirnya sy ke Alfamart dan tny2 ttng pembayaran VA, Krn mendapat jaminan uang itu GK akan nyasar, akhirnya sy bayar ke lwt kasir Alfamart... Mga info dr sy bermanfaat...

      • Tapi yang saya anehkan itu, no va itu dari aplikasi itu sendiri yang memberikan. Dan No Va bulan lalu saya coba bayar dari aplikasi BNI bisa. Dan itu sama dengan no VA bulan lalu. Dan atas nama saya mbak. Tetapi justru saya diklaim belum bayar atau salah transfer. Aneh gak? Jelas jelas KP sendiri yang ngasih saya no va. Dan disitu ada keterangan "Any type of payments are available". Akhirnya apa? Saya bayar saja dua kali. Pertama BCA yang tidak dianggap pembayaran, dan kedua saya bayar pakai BNI dengan no VA lama bisa. Ngaco banget ini aplikasi. Sekarang saya lagi minta refund dana saya yang jelas VA BCA itu atas nama saya, bukan atas nama orang lain. Pengen cepat selesai dan mau nutup ini akun. Aduh hati hati deh next time buat semua yang mau pinjam. Korban nyata seperti saya ini. Kapok.

  • Karna no.VA biasanya berlaku untuk 12 jam,seperti di Akulaku jika kita input untuk pembayarannya maka aakan di infokan bahwa kode VA akan berakhir di 23.59 Wib

    • Boro boro diinfokan, sebagai customer ya tetap mengikuti apa yang diberikan oleh aplikasi. Jadi salah aplikasi itu sendiri. Aneh saja kenapa saya masih ditagih, jelas jelas VA tersebut atas nama saya dan diberikan oleh aplikasinya sendiri. Bahkan saya punya foto bekas pembayaran lama melalui bni mobile banking dan jika bulan ini bayar, tagihan bni dengan no VA masih sama. Sudah saya screenshoot. Males banget saya harus bayar dua kali. Kalau bisa saya ajak ketemuan deh debt collectornya. Saya ajak di kantor polisi saja penyelesaiannya. 👎

  • Kalo seperti itu udah terlanjur bayar datang kekantornya atau bisa melalui AFPI asosiasi mereka,,,

    • Bukan solusi namanya ya mas kalau begitu, mahal ongkos saya kesana. Saya tidak mau ambil pusing. Saya biarkan saja, itu masalah KREDIT PINTAR sendiri yang memberikan No VA. Saya sudah bayar kewajiban saya. Kalau masih diperkarakan dan saya disuruh bayar ya monggo datang ke tempat saya, saya ajak teman teman polisi saya untuk pihak tengahnya sekalian di kantor polisi karena ini sudah seperti pemerasan dan penipuan. Ada KUHPnya soal pemerasan, pencemaran nama baik, berbuat tidak menyenangkan, bahkan bisa juga penipuan. Saya mengantongi banyak buktinya.

  • Kalo masalah kredit pintar, anda dah jos
    Gak usah dipanjang lebarin sini bero.
    Biarin aja, bermodal struk bukti dah santai aja.
    Kalo yakin semua dah kebayar ya dah santai aja.

    • Ok bang maksih, memang secara bukti saya sudah aman. VA atas nama saya, dan yang berikan juga aplikasi. Jadi saya tidak ada kesalahan apapun, ini cuman share saja bang kekesalan saya. Sudah bayar kok disuruh bayar lagi.. hadeuh