Pesan Barang di Akulaku Melalui Merchant New Shop Watches, Nomor Resi Tidak Valid

Sebelum saya menceritakan kronologi pesanan saya di Akulaku, saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya Novan Suwardi, saya adalah pelanggan akulaku. Akulaku sangat membantu saya dalam kehidupan sehari-hari di kala waktu tertentu. Namun, pada tanggal 13 Maret 2021, saya mencoba untuk memesan handphone Samsung A51 melalui merchant: NEW SHOP WATCHES.

Saya melakukan check out pesanan dengan cara cicilan sebanyak 12 bulan. Pertama saya tidak curiga sama sekali karena sebelumnya saya juga pesan barang melalui akulaku namun barang tetap sampai ke saya tanpa kendala.

Kecurigaan saya muncul ketika seller NEW SHOP WATCHES merubah status pesanan saya dari “sedang dikemas” menjadi “dalam pengiriman melalui ekspedisi sicepat dengan no resi 001125274717. Saya sering belanja online dan saya tau betul resi yang baru di-input tidak akan muncul apabila saya melacak resi melalui online di hari yang sama. Biasanya akan terlacak di hari berikutnya. Namun, keesokan harinya pada tanggal 16 Maret 2021, saya memutuskan untuk mengecek kembali dan hasil dari pengecekan nomor resi tersebut adalah “INVALID”.

Saya mencoba menghubungi merchant, namun merchant sangat slow respon dan sekalinya memberi jawaban hanya “mohon tunggu ya kak”. Sangat mengecewakan.

Saya mencoba tenang dan menghubungi pihak ekspedisi sicepat pusat dan jawaban dari CS Sicepat juga sama yaitu nomor resi tidak valid. Kemudian di hari yang sama saya mencoba menghubungi CS Akulaku, dan CS Akulaku menyarankan saya untuk tunggu selama 14 hari kerja sesuai dengan ketentuan akulaku yang bilamana dalam 14 hari status pesanan di aplikasi akan berubah dengan sendirinya menjadi “SUDAH DITERIMA”, namun apabila barang masih belum di terima bisa kembali menghubungi CS Akulaku untuk dilakukan proses pembatalan secara manual.

Namun ini sudah 1 minggu saya tunggu barang yang saya pesan tetapi tidak sampai dan NOMOR RESI masih invalid. Saya tidak keberatan apabila memang akulaku mewajibkan saya untuk membayar tagihan yang sudah tercatat kemudian me refund uang yang saya sudah setorkan sesuai perkataan CS Akulaku asalkan limit saya bisa kembali seperti semula dan pesanan saya di merchant NEW SHOP WATCHES dibatalkan seecepatnya. Saya hendak bertransaksi ulang di akulaku namun limit saya habis karena disalah gunakan oleh merchant tidak bertanggung jawab.

Demikian surat aduan saya buat, saya harap dapat menjadi evaluasi agar Akulaku bisa menjadi lebih baik ke depan dengan memilih merchant mana yang tidak merugikan semua nasabah Akulaku.

Terima kasih dan saya menunggu respon dari pihak Akulaku.

Bukti screenshot saya dengan seller terlampir.

 

 

 

Novansyah Suwardi
Tegal, Jawa Tengah


Catatan redaksi (diperbarui 1/4/2021): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:3    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Novansyah Suwardi

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Novansyah Suwardi pada tanggal 20...
Baca Selengkapnya

Loading...

13 komentar untuk “Pesan Barang di Akulaku Melalui Merchant New Shop Watches, Nomor Resi Tidak Valid

    • 22 Maret 2021 - (19:18 WIB)
      Permalink

      betul kebanyakan seller di Akulaku itu dropshiper dan reseller kayanya.. sementara dia cari barang, ngasih resi ke kita yg gak jelas..kadang kurir pribadi itu yg bikin kesel, nomornya gak bisa di hubungi pula.. sebagai pelanggan tentu kita juga sudah ngajuin puluhan kali untuk ada sistem kurir yg mau kita pilih bahkan kita ingin pelanggan harus bisa kasih rating penjual.. ini rating nya ngaco semua.. bintang 5 tapi pelayanan bintang 1

  • 24 Maret 2021 - (09:39 WIB)
    Permalink

    Ternyata ada yg lebih dulu. Aku pesen tgl 18 maret sampe sekarang barang belum sampai juga, resi tidak valid dan setelah hubungi CS Akulaku tanggapannya sama.
    Padabal dlu pernah credit juga, tapi seller yg berbeda dan Alhamdulillah aman serta sampai ke ruman.

    Ada kabar lagi ga ya dari saudara novan suwardinya? Ingin tau kabarnya sekarang gimana yg udah seminggu lebih. Karna aku baru seminggu:(

  • 31 Maret 2021 - (21:23 WIB)
    Permalink

    oalah saya bisa bantu jelaskan. jadi klo dari screen shot pict diatas. ada tombol sudah diterima. klo barang udah diterima baru klik itu. klo belum di terima jgn klik tombol hijau(sudahnditerima). klik lacak saja.

    setiap barang yg dikirim itu biasanya ada dua tombol yg muncul, lacak dan sudah di terima. selama kita gak menekan tombol sudah di terima, kita aman.

    mengenaimresi invalid, saya setiap pesen, pasti resinya invalid, udah 5x invalid tp barang selalu sampai rumah dengan selamat.

  • 30 April 2021 - (15:12 WIB)
    Permalink

    Sama saya jg keta tipu sma bgdt sma mas novan nya itu tgl 16 april… Kemaren dan sekarang settus nya barang sudah di tfima tpi gx sampe… No resi vaild… Yg lebih gx enak nya lagi… Pihak akulaku hanya membalas omongan saya itu… Kami hanya bagian pendanaan… Masalah ketipu itu urusan ada sma penjual… Parahh day

  • 25 Juni 2021 - (22:07 WIB)
    Permalink

    Saya juga pesan barang ditempat yang sama tanggal 8 juni 2021 sampai sekarang 25 juni 2021 barang belum saya terima, masa di sistem nya barang sudah di terima kan aneh. Mohon bantuannya dong team akulaku mengenai hal ini

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Pesan Barang di Akulaku Melalui Merchant New Shop Watches, Nomor Resi …

oleh Odin dibaca dalam: 2 menit
13