Modus Tagihan Fiktif Pinjol Ilegal yang Tidak Pernah Saya Pinjam

Sebelumnya terima kasih kepada Media Konsumen atas dimuatnya surat ini. Dengan ini saya ingin bertanya kepada teman-teman dengan kasus yang sama, sekaligus mengingatkan agar jangan sampai terkena seperti saya dan teman lainnya. Walaupun sampai saat ini saya cuekin aja Whatsapp ancaman yang masuk.

Selama 2-3 minggu ini saya bertubi-tubi dikirimi WA tagihan pinjol, yang ketika saya cek tidak ada di Playstore: Dana Pintar, Dompet Besar, SuperRp, dan banyak lagi yang lainnya. Isinya menginformasikan bahwa saya ada tagihan di pinjol-pinjol tersebut, dengan menggunakan nomor Whatsapp yang asing dengan awalan: +55, +91, +93, +554. Gak tau deh nomer negara mana itu ya? Di dalam Whatsapp tersebut ada link (bodohnya saya sempat klik sekali, tetapi tidak terbuka apa-apa).

Saya tidak pernah meminjam di pinjol-pinjol tersebut, dengar pun tak pernah. Tapi was-was aja kalau data saya disalahgunakan dan lain-lain. Memang saya pernah pinjam di beberapa pinjol, tapi yang terdaftar di Playstore dan OJK.

Sayangnya tidak dapat upload banyak gambar, karena banyak sekali pesan Whatsapp yang masuk yang sebenarnya ingin saya tampilkan di sini.

Awalnya hanya mengingatkan, seterusnya mulai mengancam sebar data ke keluarga, atasan dan lain-lain, sampai mengancam mau datang ke rumah (kalaupun ke rumah malah saya tunggu). Saya sudah melaporkan ini ke pihak kepolisian dan semoga dapat membantu (atau setidaknya ada perlindungan hukum).

Saya meminta sarannya dari teman-teman baiknya dibalaskah WA-nya (diladeni) ataukah sudah benar diabaikan saja? Setiap WA-nya masuk saya report+block dan screenshot terlebih dahulu (terlampir).

Postingan ini semoga juga membantu mengingatkan kepada teman-teman agar berhati-hati dan tidak pernah berurusan dengan pinjol apalagi yang ilegal. Jangan sampai sekalipun! Apabila ada pihak yang berwajib membaca postingan ini, mohon saran dan bantuannya.

Salam.

Gilang Pratama
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pinjol ilegal:
[Total:11    Rata-Rata: 3.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

30 komentar untuk “Modus Tagihan Fiktif Pinjol Ilegal yang Tidak Pernah Saya Pinjam

  • 7 April 2021 - (10:08 WIB)
    Permalink

    itu kalau anda klik link, anda disuruh instal aplikasinya,, trus disuruh minjol disitu.. dan dari sekedar instal saja, data2 kontak anda sudah diambil.. modus baru itu

    • 7 April 2021 - (10:17 WIB)
      Permalink

      Saya sempet sekali klii link, tapi ga muncul apa2. Kayanya settingan chromenya ngeblok alhamdulillah.. jadinya gasempet install apa2…abis itubgak pernah klik klik linknya.

  • 7 April 2021 - (10:09 WIB)
    Permalink

    Dana Pintar, Dompet Besar, Superrp…. (Silahkan tambahin lagi daftarnya gan!), sepertinya masih satu sindikat yg sama dengan modus yg sama. Kalo lihat dari domain yg digunakan, sepertinya mereka ini berasal dari Cina tapi beroperasi di Indonesia. Heran, aparat kita kerjanya apa yah?! Yg beginian kok dibiarin aja?! 🤔🤬

    8
    1
    • 7 April 2021 - (10:16 WIB)
      Permalink

      Iya om, kaya percuma lapor sana sini dr kmren, tapi liat postingan disini sebelum saya ternyata udah banyak yang dpaet wa bgituan… jadi rada tenang…hehhehe…. tadinya kepikiran sampe susah tidur, ternyata emang itu modusnya, bikin org snewen kepikiran.

    • 7 April 2021 - (17:08 WIB)
      Permalink

      Ya bang saya juga di teror terus oleh sindikat dana pintar dan pinjol Pjm anda di apk DanaPintar sudah terlambat,hari ini adalah masa tenggang akhir,kami mengendarai mobil putih sedang menuju rumah/tempat kerja anda,untuk menghindari kehilangan pekerjaan atau mempengaruhi lingkungan,dalam hari 1 hari ini kami akan menemukan anda,penagihan secara paksa,semua konsekuensi dengan biaya Anda yg tanggung h**p://izqev.com/nUBJn2

  • 7 April 2021 - (12:10 WIB)
    Permalink

    Sebulan lebih saya terima sms dan whatsapp yg bertubi2..
    Bodohnya yang pertama karena takut diancam saya bayar 2,8jt ke KreditPermata. Padahal saya sdh mengecek mutasi rekening ggak ada duit yg masuk sama skali..
    Stlh membayar.. besoknya saya terima dr SuperRp, DanaPintar dan SmartCredit.
    Bbrp hari ini dari UangMukjizat.
    Entahlah.. tadi barusan saya melaporkan ke waspadainvestasi@ojk.go.id karena sudah sangat menganggu..

      • 8 April 2021 - (13:47 WIB)
        Permalink

        Bener2 menganggu.. shari sms dan whatsapp bisa puluhan kali, DanaPintar, SuperRP, UangMukjizat.. yang ada kita baca puyenk sendiri.. pinter banget mereka merusak pikiran sampai2 resah dan jg akhirnyanya membayar karena takut. Di aplikasinya tidak ada data kita sama skali cm no telp. Trus dgn enaknya menagih2 tp gtau uangnya dikirim kemana? Soalnya saya 1x ketipu di KreditPermata dan saya ngecek tidak ada data saya sama skali.. jadinya setelah disms n whatsapp dr app bodong lainnya saya lgsg ss n report.. baru krmn email saya dibalas investigasi ojk, makanya saya laporkan semuanya.. mohon semua yang sudah di sms n whatsapp utk melaporkan.. biar di bantai pinjol ini.. krna sangat2 mengganggu dan meresahkan. Masa iya kita harus ganti no telp cm karna kelakuan para bandit ini?! Percuma no telp di daftarkan segala.. tp ttp tidak menjamin keamanan..

        • 8 April 2021 - (16:38 WIB)
          Permalink

          Anda berhutang di SuperRP Hari ini adalah masa tenggang terakhir.Sore ini kami akan mengantarkan petugas penagihan dengan mengemudi kenderaanB4591AFR,melakukan survei rumah dan pengambilan uang,mempersiapkan bagi mengambil uang tertunda dan biaya transportasi,memberi tahu kepada anggota keluarga dan para pemimpin kantor anda bekerja,Untuk mengelakkan kehilangan kerja atau memengaruhi jiran tetangga,semua konsekuensi akan dibebani Anda sendiri https://bit.ly/3e1J7To

          • 9 April 2021 - (10:52 WIB)
            Permalink

            Mas tolong link sitenya ada yang diubah dong kalo mau copas… Bisa ke klik itu…

    • 18 April 2021 - (08:37 WIB)
      Permalink

      kasus saya hampir sama, sudah empat hari mendapat teror SMS dan WA untuk segera membayar/melunasi ke UangMukjizat dan hari ini ada lagi baru masuk di WA saya ( katanya kami memberitahu anda kemarin bahwa nomor kartu Bank salah,pembaruan saldo: Pinjaman akun anda telah berhasil diterima 1.400.000, harap periksa dalam waktu 3 jam:
      1: https://pjmc.cc/MwbgUGQ
      2: https//pjmc.cc/OZcUs8h
      Tindakan sementara sms/WA saya balas dan hubungi walau yg dihubungi tidak bisa ( hanya fiktif )

  • 8 April 2021 - (04:51 WIB)
    Permalink

    Saya di telpon di sms di wa nda saya gubris,di tagih terus..sempat g tenang tidur,karena di ancam sebar data 😌

    • 8 April 2021 - (13:52 WIB)
      Permalink

      Sama.. waktu itu saya jg sampe gak enak makan gak enak tidur.. 😂 pdhl jelas2 udah ngecek mutasi rekening gad yg masuk.. tp karna kalut n takut dgn ancaman2.. bodohnya 1x membayar. Gtaunya besok2 ditagih2 lg dgn aplikasi lain.. gak mau saya gubris lg.. ss, report n laporkan saja.. biar cepet2 di berantas yuk ramai2 laporkan..
      waspadainvestasi@ojk.go.id

  • 8 April 2021 - (15:11 WIB)
    Permalink

    Anda berhutang di SuperRP Hari ini adalah masa tenggang terakhir.Sore ini kami akan mengantarkan petugas penagihan dengan mengemudi kenderaanB4591AFR,melakukan survei rumah dan pengambilan uang,mempersiapkan bagi mengambil uang tertunda dan biaya transportasi,memberi tahu kepada anggota keluarga dan para pemimpin kantor anda bekerja,Untuk mengelakkan kehilangan kerja atau memengaruhi jiran tetangga,semua konsekuensi akan dibebani Anda sendiri https://bit.ly/3e1J7To

    Another ancaman hari ini.. 🤕🤕 sampe saya kutuk2 yang nagih2!! Saking sebelnya..

    • 8 April 2021 - (15:28 WIB)
      Permalink

      Saya juga dapet…berarti ya nipu doang…masa itu mobil dipake kemana2 wKakkakakakkakak…..

      • 9 April 2021 - (13:43 WIB)
        Permalink

        Iya.. mobilnya sampe ke Papua jg.. 🤦🤦 waktu itu pertama x saya dikerjain Kredit Permata, saya sampe kepikiran n galau dan kemudian transfer. Abs transfer baru sadar.. ya Tuhan kok saya bodoh banget.. saya kan di Papua bukan di Jkt.. 🤣🤭🤦. Makanya kesni2 semakin gencar mereka nipu saya udah gak peduli.. ss n report.. kapok gak mau lg dibego2in buka link.. krna didlm app tersebut gak ada data2 kita.. cm ada no telp saja..

  • 8 April 2021 - (15:40 WIB)
    Permalink

    Biasanya pinjol yang dari ojk itu mereka pake akun asli, atau paling ngga, kasih link asli, misal dari dana pintar, ditujukan link ke Web dana pintar, bukan asal link, kalo udah yakin ga pinjem, abaikan saja, itu pemerasan, apalagi kalau nomernya dari luar negri, bah itu mah komplotan biasanya, jangan dibalas langsung block tar mereka lelah sendiri.

  • 8 April 2021 - (15:44 WIB)
    Permalink

    Sebagai pengingat lagi, jangan klik tautan apapun. Biasanya tautan itu scam, suruh kita login pake akun apapun biar keliatan email/no hp dan password kita, lalu mereka lanjut ke aplikasi tersebut pake kredensial kita, dah itu kita ga bisa apa².

  • 10 April 2021 - (11:51 WIB)
    Permalink

    Apakah Dompet Besar jg penipu?? Hari ini saya ditagih2 dompet besar. Ya Tuhan saya laporkan ke ojk n cyber crime jg blm di gubris.. 😭😭 bosen saya nrima sms n wa mulu..

  • 13 April 2021 - (10:29 WIB)
    Permalink

    Iya sama. Gausah diambik pusing mba/ibu. Setiap dpt wa, tinggal ss dan report+blok aja. Anggep aja spam yg masuk. Mindsetnya diubah aja, gausah takut sama wa bgituan. Toh dr awal apa yg ada diisi WA gapernah ada yg kejadian. Cuekin aja. Cyber crime, ojk kayanya gabakal bisa, org nomernya aja cemacem ada india, angola dll 😝😝😝

    • 13 April 2021 - (14:02 WIB)
      Permalink

      Saya baru hari ini dapat SMS dan wa takut kali karna gak pernah tau hal ini , apa mereka mau telpon pihak keluarga juga gak sih ?

      • 14 April 2021 - (08:34 WIB)
        Permalink

        Cuekin aja….acreenshoot, trus report+blok.. gak bakalan, cuma blast wa aja….

  • 14 April 2021 - (23:05 WIB)
    Permalink

    Saya juga diteror oleh pinjol mengatasnamakan dompet cair, pinjaman top dan mega uang.. Setelah saya debat dengan dc nya saya mendapat alamat nya di jalan bendungan walahar gedung bri 2 lantai 14 jakarta pusat benhil…kemungkinan ini memang kantor pinjol ilegalnya… Setelah saya sampe kesana mereka lalu tidak bisa dihubungi…. Mohon untuk pihak berwajib dan ojk untuk menyelidikinya karna kasihan dengan korban yg lainnya..

  • 17 April 2021 - (12:15 WIB)
    Permalink

    sama saya juga di teror dan di ancam oknum dana pintar,,memg sangat meresahkn,,harus cepat di laporkan kepihak berwajib biar cepat tertangkap penipuan,,biar tidak ada korban yg lbih bnyak lagi

  • 18 April 2021 - (08:43 WIB)
    Permalink

    pinjol ilegal meresahkan dan dapat merusak nama baik seseorang, bagaimana mereka bisa tau kita pinjam di pinjol yang resmi mohon pihak yg terkait dapat membantu menyelesaikan masalah ini terimakasih.

  • 5 Juli 2021 - (14:43 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama…kreditmas dan sekarang tambah lagi,Dompet uang…
    Bener bener bikin resah aja…
    Pinjam tidak , dana ga ada yang masuk , TIBA TIBA TAGIHAN JATUH TEMPO DAN KENA DENDA..PENAGIHAN DENGAN CARA MENGANCAM INGIN MENGHUBUNGI PIHAK KELUARGA..MENDING DATANG AJA,SAYA TUNGGU..BUKTI SUDAH DI SIAP KAN…TINGGAL KE JALUR HUKUM SAJA ..

 Apa Komentar Anda mengenai Pinjol ilegal?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Modus Tagihan Fiktif Pinjol Ilegal yang Tidak Pernah Saya Pinjam

oleh Gilank04 dibaca dalam: 1 menit
30