Proses Refund Tiket Sepihak oleh AirAsia Merugikan Konsumen

Saya memiliki 2 tiket AirAsia PP CGK-DMK dengan kode booking: CRTG5Y dan R5764Q, yang issued tanggal 11 Maret 2020 untuk penerbangan pada tanggal 28-31 Maret 2020. Karena adanya pandemi Covid-19 dan pembatalan semua penerbangan rute internasional oleh AirAsia, maka saya sudah 4 kali melakukan perubahan jadwal dengan jadwal terbang terakhir adalah 26-28 Maret 2021.

Tiket_CRTG5Y AA CGK-DMK (26-28 Mar 2021) Victor, Darryl

Karena hingga akhir Maret 2021 untuk AirAsia rute CGK-DMK belum juga beroperasi, maka pada tanggal 26 Maret 2021 saya berinisiatif untuk mengajukan perubahan jadwal kembali melalui Customer Support AirAsia (AirAsia Virtual Allstar/AVA Live Chat). Saat itu saya tersambung dengan petugas bernama Irwan F yang mengatakan bahwa kedua tiket saya sudah ada pengajuan refund dari pihak travel agent.

Karena tujuan menghubungi Customer Support AirAsia adalah untuk mengajukan perubahan jadwal dan tidak pernah mengajukan refund, maka saya meminta untuk membatalkan proses refund tersebut. Namun petugas mengatakan tidak bisa membatalkan proses refund dan hanya dapat meneruskan kepada tim terkait agar dicek lebih lanjut.

Pada tanggal 28 Maret 2021 saya mendapat email jawaban dari AirAsia bahwa kasus pengaduan saya telah ditutup dan dipersilakan menghubungi travel agent untuk memfasilitasi proses refund lebih lanjut. Setelah itu saya beberapa kali mengirimkan email kepada AirAsia untuk meminta penjelasan dari lebih lanjut, namun hingga surat ini saya tulis tidak pernah ada jawaban dari AirAsia. Seolah AirAsia lepas tangan dan pihak konsumen menjadi pihak yang lemah dan dirugikan.

Untuk itu mohon solusi terbaik dan adil serta tanggung jawab dari AirAsia, dimana saya dirugikan karena pembatalan penerbangan oleh AirAsia dan tiket di-refund sepihak tanpa sepengetahuan/persetujuan saya. Dimana dana refund juga tidak bisa saya terima karena pihak ketiga (travel agent) tempat saya membeli tiket sudah tidak bisa dihubungi.

Victor Abdi Negara
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai AirAsia:
[Total:2    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Proses Refund Tiket Sepihak oleh AirAsia Merugikan Konsumen

  • 12 April 2021 - (09:33 WIB)
    Permalink

    Setau saya kalau beli di travel agent, urusannya lgsg ke travel agent nya. Beberapa maskapai enggan berhubungan langsung dengan customer yang membeli lewat travel agent. Entah karena suatu perjanjian dengan travel agent atau yang lainnya. Mungkin untuk beberapa kasus, maskapai masih mau, tapi normal nya akan selalu diarahkan ke travel agent langsung.
    Lesson: Lain kali beli langsung di web resmi maskapai nya saja kak.

    Kalau memang travel agent, ga bisa dihubungin, ya coba didatangin kantor nya kak, atau kalau kantor nya tutup, ya terpaksa harus ke kantor airasia langsung kak. Selama kantor travel agent tidak tutup, urusannya ke travel agent.

    • 29 Oktober 2021 - (14:13 WIB)
      Permalink

      Kalo di komenan ig airasia justru banyak yg ngeluh karena pesan di web langsung, ada yg diatas setahun dan 2 tahun belum balik refundnya, saya pribadi booking melalui traveloka dan kena cancelan sepihak dari airasia tapi refundnya sangat cepat, tidak sampai 1 minggu sudah masuk ke rekening saya dan berupa uang tunai hanya saja memang ada potongan sedikit, mungkin airport tax. Mungkin airasia mengutamakan refund ke perusahaan2 travel yg besar kyk traveloka dan tiket.com terlebih dahulu.

 Apa Komentar Anda mengenai AirAsia?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Proses Refund Tiket Sepihak oleh AirAsia Merugikan Konsumen

oleh Victor Abdi Negara dibaca dalam: 1 menit
2