Tidak Bisa Pasang IndiHome Buat Fasilitas Belajar Daring Anak-anak karena ODP Penuh

Kepada Yth.:

  • KEMEN BUMN, Bapak Menteri Erick Thohir, B.A., M.B.A.
  • KEMENDIKBUD, Bapak Menteri Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A
  • PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
  • PT Telkom Indonesia, DEVISI REGIONAL 5 JAWA TIMUR
  • PT Telkom Indonesia, WILAYAH TELKOM SIDOARJO, (PLASA TELKOM SIDOARJO)

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Dalam masa Pandemi Covid19 seperti saat ini, jaringan internet/IndiHome/wifi sangat dibutuhkan masyarakat, utamanya buat belajar daring anak-anak. PT Telkom Indonesia sebagai salah satu BUMN diharapkan bisa membantu seluruh lapisan masyarakat NKRI dengan mudah, cepat dan tanggap. Seperti halnya bagi saya warga masyarakat Desa Kedondong Rt/Rw 05/02, Tulangan, Sidoarjo, yang ingin pasang baru IndiHome buat fasilitas belajar online anak-anak, sudah hampir 2 bulan belum bisa terealisasi.

Berawal pada bulan Februari saya daftar di Plasa Telkom Tulangan. Tanggal 4 Maret 2021 baru mendapat registrasi pendaftaran dari IndiHome: MYIR-10308819100001. Beberapa hari kemudian Teknisi IndiHome datang ke rumah saya dan mereka mengatakan IndiHome tidak bisa dipasang karena slot ODP full/penuh. Jika ingin lanjut pemasangan harus menunggu apabila ada salah satu pelanggan yang berhenti berlangganan (masalah batas waktu menunggunya, entah berapa tahun lamanya, mereka tidak bisa memastikan).

Keesokan harinya saya datang ke Plasa Telkom Sidoarjo mengajukan permohonan pemasangan ODP baru. Pihak Telkom Plasa Sidoarjo mengatakan tidak bisa, sebab penambahan ODP baru tersebut kebijakan Telkom Pusat.

Lalu saya menghubungi layanan Telkom pusat (147), mereka menginformasikan bahwa Penambahan ODP baru tersebut merupakan wewenang Wilayah Telkom (WiTel) setempat, alias Plasa Telkom Sidoarjo itu sendiri. Lalu saya balik datang lagi ke Plasa Telkom Sidoarjo mengajukan permohonan penambahan ODP baru itu lagi. Di sana sempat terjadi perdebatan kecil. Usai itu baru permohonan saya didaftarkan.

Beberapa hari tetap tidak ada kabar. Saya datang lagi ke Plasa Telkom Sidoarjo dengan menyerahkan Lampiran Surat Permohonan dari Pemerintah Desa secara resmi, bahwa saya benar-benar membutuhkan jaringan internet/IndiHome/Wifi untuk fasilitas belajar online anak-anak di rumah (daring). Namun meski sudah melampirkan surat permohonan dari Pemerintah Desa setempat pun, sampai sekarang belum ditanggapi dengan pasti dan belum terealisasi sama sekali.

 

Padahal di lokasi sini pun letaknya sangat strategis, ada di pertigaan jalan desa. Tiang dan kabel Telkom pun sudah ada sejak dahulu. cuma hanya tinggal pasang slot ODP itu saja:

https://maps.app.goo.gl/yfVqkYX9QxGvw7taA

Apa begitu sulitkah memasang box kotak kecil ODP tersebut, hingga kesannya seperti sengaja dipersulit berbelit-belit?? Bila masyarakat sudah mengadu lewat Pemerintah Desa, tetapi tetap tidak begitu ditanggapi, lalu apa artinya PT TELKOM INDONESIA sebagai salah satu BUMN di negeri ini??

Kepada pihak-pihak terkait, kami mohon segera ditindaklanjuti. Terima kasih.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Supriyanto
Desa Kedondong RT/RW 05/02, Tulangan
Sidoarjo Jawa-Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT Telkom Regional 5 Jatim Balnus untuk Bapak Supriyanto

Kepada Yth: Yth. Redaksi Surat Pembaca MEDIA KONSUMEN Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah memuat surat komplain pelanggan atas nama...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Tidak Bisa Pasang IndiHome Buat Fasilitas Belajar Daring Anak-anak karena ODP Penuh

  • 12 April 2021 - (17:16 WIB)
    Permalink

    Ma’af Bapak Donny,, sayangnya tidak ada provider lainnya selain indiHome,. andaikan saja ada provider lainnya pun saya tetap akan pilih indiHome milik Telkom indonesia yang bagian dari BUMN itu sendiri
    Harap di ketahui,, Lokasi desa tempat tinggal saya ini dekat dengan Kecamatan atau Plasa Telkom kecamatan. jarak tempuh perjalanannya tak sampai 15 menit.
    Jadi Telkom itu sudah ada sejak zaman dahulu di wilayah ini, makanya banyak yang pakai indiHome produk dari BUMN tersebut.

    Sekali lagi Ma’af ???
    Dan Trima Kasih

    • 12 April 2021 - (20:32 WIB)
      Permalink

      Perlu diketahui pak, pasang odp tidak semudah pasang listrik, cantol langsung nyala. Perlu dipastikan kapasitas jaringannya, jgn smp pelanggan lama terganggu. Dan itu prosesnya tidak sederhana.

      Dan saat ini mungkin telkom hati2 melayani pelanggan baru, krn ini mungkin hanya sementara, bsk kl anak2 sudah masuk sekolah dipastikan rame2 minta pemutusan layanan.

      Dan yg buat saya bingung, untuk apa minta permohonan ke desa, memangnya ini blt, bansos, pkh?

  • 12 April 2021 - (22:23 WIB)
    Permalink

    Ma’af sebelumnya, Saya mau tanya.. Apa Bapak @Hery Mulyono ini Orang Telkom atau SuB Telkom??
    Jika Bapak bukan orang Telkom, Ma’af Coment Bapak tdk perlu saya tanggapi..??

    Namun Jika Bapak Orang Telkom, Maka akan saya jawab

    ( Apa pun alasannya…
    memasang Box kotak ODP tersebut, tentu dampak resikonya tak Sesulit, seberat,& sebahaya memindahkan Tiang beton Kabel listrik PLN tegangan tinggi itu bukan???
    Dulu waktu mmbangun rumah, saya juga mengajukan Permohonan Pemindahan Tiang beton kabel PLN tegangan tinggi ini pada PT PLN(persero) Porong, lewat surat Pemerintah desa.
    tidak sampai dua minggu, pekerjaan pemindahan Tiang beton tersebut sudah kelar semuanya.

    Lha ini Permintaan pasang ODP,, pakai surat prmohonan resmi dari Pemrintah Desa saja sulitnya mintak ampun sprti ini.
    Apa lagi yang tidak pakai surat dari pemerintah desa. gimana malahan jadinya, hayoooo..??!!

    Betul tidak pak??
    ???

  • 12 April 2021 - (22:56 WIB)
    Permalink

    Wabil Khusus @Media Konsumen

    Saya mengucapkan Banyak Terima Kasih Kerna telah berkenan memuat artikel yang saya alami..
    tadi sore skitar pukul 16:00,sudah di respon cepat oleh Pihak Plasa Telkom Sidoarjo, Beliau orangnya baik.., saya suka.
    Beliau juga kasih solusi, untuk smentara bisa pakai telkomsel orbit dulu. Namun saya lebih memilih indiHome kabel optik ini saja, menunggu sampai proses pemasangan ODP dapat terealisasi.

    Sekali lagi..
    Saya ucapkan Trima Kasih yang sebanyak-banyaknya
    .. Sukses Selalu untuk Media Konsumen…
    & Jangan pernah berhenti dalam ikut berpartisipasi membangun Negeri..

    Semangat…???

 Apa Komentar Anda mengenai Pasang Baru IndiHome?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Tidak Bisa Pasang IndiHome Buat Fasilitas Belajar Daring Anak-anak kar…

oleh Supriyanto123 dibaca dalam: 2 menit
5