Pegadaian Tidak Profesional

Saya nasabah tabungan emas digital Pegadaian Surabaya, yang terdaftar di KCP Wonokromo Surabaya. Setelah saya terdaftar, saya menabung emas kurang lebih 1 gram. Berhubung saya ada keperluan mendadak, mau saya jual emas saya secara digital pula.

Kemudian saya mengajukan data-data supaya jadi akun premium, karena untuk proses jual beli, akunnya harus premium. Setelah selesai memasukkan data-data, ada notifikasi supaya menunggu 3×24 jam. Oke saya menunggu.

Setelah saya menunggu 3×24 jam, ternyata akun saya belum berubah premium. Lalu saya mencari kantor cabang Pegadaian di Betro Sidoarjo karena dekat tempat tinggal saya. Oleh KCP Betro, saya disarankan ke KCP Wonokromo Surabaya tempat akun saya terdaftar untuk verifikasi.

Kemudian saya datang ke KCP Wonokromo Surabaya, dimana akun saya terdaftar, dan bertemu dengan CSnya. Di sini mulai terasa janggal. Di KCP Wonokromo pun tidak bisa diverifikasi, dengan alasan proses perubahan itu sepenuhnya dari aplikasi. Kalau aplikasi status belum berubah, pihak KCP Wonokromo berdalih tidak bisa melakukan apa-apa. Padahal data-data sudah lengkap. Bahkan CSnya sendiri yang memasukkan data-data NPWP.

Setelah itu saya disuruh menunggu status di aplikasi berubah baru bisa jual beli. Oke saya tunggu. Lalu saya menghubungi call center Pegadaian via WA. Sudah dicatat nomor pelaporannya (Ariana-110794). Disuruh menunggu lagi maksimal 14 hari kerja. Tiap hari saya WA menanyakan kejelasan akun dan uang saya, dan tiap hari itupun jawabannya tetap sama sampai hari ini dengan kata-kata mohon menunggu karena sudah diproses pihak terkait.

Sampai hari ini akun saya masih belum bisa dipakai jual beli dan uang saya masih di sana kurang lebih 1 gram emas. Sudah kondisi ekonomi seperti ini, ditambah lagi kasus seperti ini. Pegadaian BUMN kan ya? Kok tidak profesional sekali?

Adrianus Sulistyanto Adi Wibowo
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pegadaian:
[Total:60    Rata-Rata: 3.1/5]
Tanggapan PT Pegadaian (Persero) Cabang Wonokromo atas surat Bapak Adrianus Sulistyanto

Terimakasih telah menggunakan Aplikasi Pegadaian Digital Service. Silahkan menggunakan fasilitas atau menu setelah menjadi Akun Premium yang ada pada Aplikasi...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Pegadaian Tidak Profesional

  • 5 Mei 2021 - (20:29 WIB)
    Permalink

    apakah tidak bisa langsung dijual di outlet pegadaian yang dipilih saat mendaftar pak? saya juga melakukan verifikasi akun sejak awal mendaftar kira-kira bulan agustus tahun 2020, sampai sekarang masih menunggu verifikasi. apakah jika mendaftar digital harus dijual lewat aplikasi juga? tidak bisakah langsung tutup buku tabungan ke outlet tempat terdaftar?

  • 5 Mei 2021 - (20:48 WIB)
    Permalink

    Semoga komentar saya membantu

    Coba utamakan proses akun premium nya dulu, biasanya kalo sudah premium sudah bisa untuk di jual maupun di gadai emas nya

  • 5 Mei 2021 - (22:06 WIB)
    Permalink

    Bantu komentar.
    Pegadaian digital service belum sepenuhnya digital, saya pikir masih tahap beta.
    Pengalaman saya, buka tabungan emas manual di cabang, setelah terbentuk CIF, cs/teller cabang membuka akun PDS yg otomatis menjadi premium.

    • 5 Mei 2021 - (22:19 WIB)
      Permalink

      sepertinya ga juga mas, soalnya saya udah buka tabungan manual dengan cetak buku tabungan, tapi tetap saja masih menunggu verifikasi akun premium. pegadaian digital hanya bisa digunakan untuk menabung emas saja sepertinya. kalo transaksi yang lain harus ke cabang tempat didaftarkan. ini menurut pengalaman saya.

  • 7 Mei 2021 - (08:17 WIB)
    Permalink

    Sedikit info, jadi apabila mau mencairkan saldo yg ada di tabungan emas, boleh langsung ke pegadaian Dinoyo, utk tabungan emas nya boleh dicetak emas dlm bentuk batangan, setelah itu baru di jual ke galeri yg ada di pegadaian tsb .
    Utk percetakan memang sedikit agak lama estimasi 30hr baru dpt emas batangan tsb, dan dijual dgn harga pada saat fisik emas sdh diterima .

  • 10 Mei 2021 - (14:11 WIB)
    Permalink

    Trima kasih. Masalah sudah clear. Hari inj saya ke Pegadaian Cabang Wonokromo, langsung ditemui Bu Wiwin Asmen. Dan permasalahan sudah diselesaikan secara baik oleh beliau. Semoga kedepannya Pegadaian Digital Service meningkatkan mutu dan pelayanannya kembali.

 Apa Komentar Anda mengenai Pegadaian?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Pegadaian Tidak Profesional

oleh Adrianus dibaca dalam: 1 menit
8