Surat Terbuka untuk XL Axiata yang Selalu Menyedot Pulsa Pelanggan

Saya pengguna provider seluler XL Axiata. Saya sengaja menulis surat terbuka ini, karena sudah geram dengan tingkah operator XL yang sangat merugikan. Saya selalu dapat SMS notifikasi setiap hari, bahwa kuota habis dan dikenakan biaya internet dengan tarif normal Rp1.000/MB.

Padahal sudah jelas-jelas saya pakai Wifi dan koneksi data yang saya aktifkan di SIM 2 dengan operator 3, sedangkan XL ada di Slot SIM 1 HP saya. Setiap hari pulsa saya selalu dipotong Rp1.000. Permainan apakah ini yang sedang dilakukan?

Bukti kalau saya sedang pakai sim 2

Saya gak tahu sejak kapan dan berapa nilai pulsa yang sudah disedot. Apakah seperti ini kualitas operator besar seperti XL? Apakah ini penipuan?

Ini bukti kalau dilihat dari riwayat transaksi di aplikasi MyXL:

Chandra Pangestu
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan XL Axiata atas Surat Bapak Chandra

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Menanggapi keluhan pelanggan atas nama Bapak Chandra melalui Mediakonsumen.com Tanggal 17 Mei 2021 berjudul...
Baca Selengkapnya

18 komentar untuk “Surat Terbuka untuk XL Axiata yang Selalu Menyedot Pulsa Pelanggan

  • 17 Mei 2021 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Setting SIM 1 (XL) ke 2G. Ini salah satu kelemahan dari perangkat 4G yang bisa nguras data walaupun data yg digunakan di SIM 1.

    Selamat mencoba.

    • 18 Mei 2021 - (10:52 WIB)
      Permalink

      Ini yang salah bukan xl tapi kesalahan setting hapenya seharunya jika sim 1 tidak dipakai buat data ya di mode 2g jadi tidak auto nyedot.

      • 18 Mei 2021 - (11:55 WIB)
        Permalink

        Di SIM 2 XL dan ISAT SIM 1
        Data seluler Sim 1(ISAT)
        Akses internet pake WiFi tetap aja pulsa XL disedot ??
        Dulu gk gini dah

      • 12 November 2022 - (18:11 WIB)
        Permalink

        Sama om saya juga, sy pake kartu lain utk data seluler dipotong padshal sudsh seting bukan utk data dan kemudian padahal xl sy pake data seluler tetp juga dipotong sampe habis, tolong dong bapak ibu yang berwenang ini merupakan penipuan konsumen.

  • 17 Mei 2021 - (22:15 WIB)
    Permalink

    Sama, saya juga gitu.
    Saya juga pengguna XL, tp tdk sy pakai buat internet.
    Mo ganti nomor sayang, karna nomor sdh terlanjur banyak yg tahu.
    Nomor XL cm sy pakai buat telpon aja, atau stand by.
    Tp tiap hari pulsa terkuras 250 perak u/ 1MB data, meski sy pakai wifi.
    Gimana ini XL?!

  • 17 Mei 2021 - (23:07 WIB)
    Permalink

    Coba matikan data saja kak saat menggunakan Wifi. Soalnya di fitur Handphone tertentu ada fitur menggunakan data dan wifi bersamaan saat Internet lemot.

  • 18 Mei 2021 - (05:26 WIB)
    Permalink

    Semua pelanggan X*L mengalami ini, tidak ada solusi untuk kasus ini kecuali beli paket data agar tidak terpotong pulsa. Demi mengejar keuntungan sedikit mereka melakukan kecurangan ini. Lihat saja lambat laun semua akan meninggalkan provider ini, tinggal tunggu waktu.

  • 18 Mei 2021 - (06:47 WIB)
    Permalink

    Saya juga salah satu dari pelanggan setia XL dari 2004 yang dicuri pulsanya oleh XL sendiri. Saya lupa dimulai dari kapan, tapi sepertinya dimulai di atas 2010 dan entah sudah berapa banyak yang dicuri karena saya baru mulai sadar pada tahun 2019. Bahkan dalam sebulan bisa diatas 10x saya dapat sms tersebut dan pulsa saya tersedot. Sudah pernah komplain dan diberitahu solusinya dengan cara set kartu di 2g only. Dan sempat berhasil, tapi sewaktu saya ganti HP yang tidak ada untuk setting 2g only, pulsa saya kembali hilang. Ingin menonaktifkan nomornya tapi sayang karena no lama dan sudah diketahui oleh banyak teman dan kerabat. Jadi sekarang saya hanya isi pulsa untuk perpanjang masa aktif dan pulsa nya untuk beli masa aktif. Tidak mau saya sisakan sedikitpun pulsa saya untuk dicuri. Payah emang XL sekarang ini. Semoga pelanggannya banyak yang sadar dan meninggalkan provider ini.

  • 18 Mei 2021 - (09:21 WIB)
    Permalink

    Dulu saya juga pengguna provider sinting ini..bosan dg alasan alasan basi mereka..sampe aku datangin tu gerainya suruh mereka yg seting hp ku.,tp..ya memang bobrok ya tetep ilang pulsaku..aku pikir ngapain ngurus maling..ganti kartu dan kasih tau semua kontak sahabat kerabat..selesai deh..

  • 18 Mei 2021 - (11:02 WIB)
    Permalink

    Saya gak tau mulai dari mana karena mengalami juga tapi sedikit sih..Rp.50/hari.. dilihat rincian pemakaian tertulis internet atau kadang SMS ke nomor yg tidak saya kenal… cuma tukang komentar di MK cukup banyak seperti pasukan nasi bungkus selalu menyalahkan penulis..yg setting HP lah.. seolah cuma dia yang tahu cara setting padahal dungu..mana bisa slot alternatif disetting ke 2G.. tapi tetap dibuat alasan menyalahkan penulis berita… padahal kalau benar XL yg bobrok ya akui saja

  • 18 Mei 2021 - (20:59 WIB)
    Permalink

    Sim card di taruh di hp jadul candy juga pulsanya kesedot, bahkan hp yang dimatikan, apalagi yang ditaruh di hp 3G dan 4G.
    Intinya punya sim card XL harus beli kuota data Internet, dan kalau bisa jangan sisakan pulsa nganggur, itu akan menguap sendiri. Belilah pulsa paling minim, habiskan untuk kuota dan masa aktif 30 hari. Dijamin anda tidak bakal sakit hati dan kesal.
    Kasus anda ini juga bakalan tidak selesai sampai anda ke Booth CS di mana mana juga tidak akan selesai, tidak akan kembali.

  • 19 Mei 2021 - (00:52 WIB)
    Permalink

    Saya sudah ubah ke 2g
    Tp tetap di sedot pulsanya
    Lapor ke myxlcare malah suruh aktifin paket internet..
    Koq malah maksa harus paketin interbet sihh..

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Surat Terbuka untuk XL Axiata yang Selalu Menyedot Pulsa Pelanggan

oleh Tutorial dibaca dalam: <1 menit
18