Nomor Indosat Tidak Digunakan, tapi Dikirim Tagihan

Kepada Indosat Ooredoo,

Kemarin tanggal 28 Juni 2021 saya mendapatkan whatsapp dari nomor tak dikenal, yang mengirimkan foto tagihan pascabayar Indosat nomor 6281586079882 sebesar total Rp414.309. Setelah saya ingat-ingat, saya sadar bahwa nomer tersebut merupakan bundling dari pembelian HP lama saya di Mi Store Cibinong City Mall untuk pembelian unit Redmi Note7 sekitar bulan Maret 2019.

Saat saya ingin membeli HP di Mi Store, saya diinfokan oleh SPG Mi Store bahwa HP harus bundling dengan kartu Indosat atau tidak bisa dibeli. Saat itu juga SPG dari Indosat mendatangi saya dan menginfokan bahwa kartu mendapat gratis paket data dan berlaku selama 1 tahun.

Saya ingat betul bertanya pada SPG tersebut, kalau sudah 1 tahun dan saya tidak mau pakai kartunya gimana? SPG itu bilang kalau gak mau dipakai lagi, ya sudah diamkan saja, nanti mati sendiri.

Saya ingat-ingat lagi sekitar 1 tahun yang lalu saya pernah ditelepon oleh pihak Indosat ke nomor saya yang lain yang menginfokan soal tagihan nomor 6281586079882 tersebut di atas. Saya ceritakanlah soal pembelian HP saya itu, termasuk yang saya tanyakan ke SPG dulu kepada penelepon dan juga saya bilang kalau kartu tersebut tidak saya pakai. Penelepon menjawab “Ya sudah bu, kalau memang tidak dipakai diamkan saja tagihannya tidak usah dibayar”.

Namun kemarin saya kaget saat dapat WA yang mengirimkan tagihan dan saya harus bayar. Saya ceritakan semua kronologi dari awal beli sampai telepon penagih pertama, tapi penagih via WA ini tetap ngotot saya harus bayar karena saya belum melakukan penutupan! Padahal nomernya pun kalau dihubungi sudah tidak bisa (nomor yang anda hubungi tidak terdaftar).

Pertanyaan saya, kenapa saat pembelian dulu saya tidak diinfokan setelah 1 tahun harus menutup tagihan kartu tersebut ke Indosat? Padahal saya bertanya lho pada SPG nya dan dijawab dengan entengnya “Ya diamkan saja nanti mati sendiri nomernya”. Begitu juga dengan penagih di tahun pertama yang menelepon saya, tidak menginfokan untuk menutup tagihan saya, hanya menjawab juga dengan gampangnya “Ya sudah kalau ibu merasa tidak pakai nomernya, tidak usah dibayar, diamkan saja tagihannya”.

Jadi ada 2 orang pihak dari Indosat yang tidak menjelaskan kepada saya secara transparan (padahal saya juga sudah bertanya) mengenai produk yang mereka tawarkan. Menurut saya ini melanggar hak saya sebagai konsumen untuk mendapatkan informasi lengkap tentang produk yang ditawarkan. Entah SPG dan juga bagian penagihan yang tidak di-training dengan baik soal produknya sehingga bisa menyampaikan info yang salah kepada saya, atau ada hal lainnya saya juga tidak tahu. Yang jelas di sini saya merasa dirugikan atas kelalaian mereka.

Saya sudah mencoba complain melalui DM Twitter, tapi jawabannya cuma template-template dan muter-muter terus atau juga ngotot tagihan harus dibayar tanpa peduli semua kronologis yang saya ceritakan. Karena itu akhirnya saya tulis di sini, semoga pihak Indosat dapat merespon dengan baik dan mendengarkan keluhan saya ini, sehingga saya tidak terbebani dengan tagihan tersebut di masa yang sedang sulit ini.

Terima kasih.

Eka Pujiyanti
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indosat Ooredoo:
[Total:21    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Indosat Ooredoo untuk Ibu Eka Pujiyanti

Dengan Hormat, Terkait dengan keluhan yang disampaikan oleh Ibu Eka Pujiyanti, seperti yang dimuat di mediakonsumen.com tanggal 30 Juni 2021...
Baca Selengkapnya

Loading...

4 komentar untuk “Nomor Indosat Tidak Digunakan, tapi Dikirim Tagihan

    • 30 Juni 2021 - (17:26 WIB)
      Permalink

      UPDATE 29-06-2021
      Pihak Indosat atas nama Ibu Ika menghubungi saya atas info dari tim CS Twitter, dan bilang bahwa komplain saya sedang di tindak lanjuti dan mohon tunggu updatenya

    • 30 Juni 2021 - (17:31 WIB)
      Permalink

      UPDATE 30-06-2021 (SOLVED)
      Pihak Indosat atas nama Ibu Ayu menghubungi saya via WA yang menyatakan tagihan sudah dikoreksi dan tidak ada tagihan lagi, sudah dihapuskan menjadi Rp. 0. Terima kasih pada semua pihak yang membantu terselesaikannya kasus ini, dengan ini saya nyatakan KASUS DITUTUP.

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooredoo?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Nomor Indosat Tidak Digunakan, tapi Dikirim Tagihan

oleh Eka Pujiyanti dibaca dalam: 2 menit
4