Saldo Rekening Tabungan Mandiri Saya Tiba-tiba Nol, Tanpa Ada Konfirmasi Sebelumnya

Pada tanggal 5 Juli 2021, saldo rekening tabungan Bank Mandiri saya tiba-tiba jadi nol rupiah. Saya pun langsung datang ke kantor Bank Mandiri terdekat. Katanya uang saya dipotong pembayaran kartu kredit tahun 2007 (14 tahun yang lalu), tanpa ada konfirmasi apapun terlebih dahulu.

Saat saya print buku tabungannya, pemotongan itu tak tercetak di buku. Jadi di buku ada saldonya, tapi di ATM dan Livin’ by Mandiri Rp0, jadi tetap nggak bisa diambil. Padahal itu uang untuk pengobatan orang tua saya.

Saran saya untuk Bank Mandiri, tolonglah sedikit pake hati. Apalagi di musim pandemi gini, saat orang kecil seperti saya tambah susah banget cari uang. Tolonglah, jangan main potong sembarangan sampai saya shocked banget. Uang yang lagiย  saya butuhkan ternyata sisa Rp0. Minimal ada konfirmasi sedikit lah dan kasih kejelasan dengan bukti transaksi yang tercetak di buku tabungan, uang itu larinya ke mana.

Toh kami juga kan jelas waktu buka rekening tabungan pake KTP asli, nggak akan lah sampai kabur. Semuanya kan bisa diselesaikan baik-baik, dengan tidak mengambil tindakan sepihak, yang merugikan secara materi dan imateri juga.

Intinya saya ikuti aturan Bank Mandiri, tapi tolong dong caranya baik-baik, jangan main kuras saldo gitu aja. Terima kasih.

Anne Verena
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank Mandiri:
[Total:178    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Ibu Anne Verena

Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu alami dan terima kasih atas masukannya. Menindaklanjuti pengaduan Ibu, pada tanggal 09 Juli...
Baca Selengkapnya

Loading...

35 komentar untuk “Saldo Rekening Tabungan Mandiri Saya Tiba-tiba Nol, Tanpa Ada Konfirmasi Sebelumnya

  • 8 Juli 2021 - (12:00 WIB)
    Permalink

    ini karna cc atau kta mbak? bisa sampe dihold gitu
    telp mandirinya aja minta keringanan

    • 9 Juli 2021 - (06:38 WIB)
      Permalink

      kt cs nya sih CC tp ngak ada bukti transaksi apapun dibuku tabungannya tau2 saldo nol aja trs ngak ada bukti pembayaran apapun jg yg tertulis yg mengakibatkan saldo jd nol, Trims ya Mas…

  • 8 Juli 2021 - (12:04 WIB)
    Permalink

    Lhah, gak mau kabur tapi udah 14thn kemana aja.
    Bilang masa pandemi, 14thn yg lalu belum pandemi.
    Sudah berbaik hati bank ‘membiarkan’ anda khilaf selama 14tahun.

    20
    2
    • 8 Juli 2021 - (19:42 WIB)
      Permalink

      ya sdh tahu ada utang, wajar klu ga mau dihold jgn di mandiri, simpanya, smp kpn pun trs di hold smp tercukupi nominal utang nya, mk jgn suka utang klu enak pke ga enak byr nya. bnyk org munafik akn suka hutang ga suka byr, bnyk alasan ini itu, yuk bijak dan tggjawab. bank bkn sodara dan bkn nenek nya wajar, pastinya.

      14
      2
      • 9 Juli 2021 - (02:20 WIB)
        Permalink

        Yang wajar aja boss klu koment, kayak gak pernah bemasah dengan utang aja, roda beputar tak do’ain lo bersangkutan dengan hutang

        5
        7
        • 9 Juli 2021 - (06:26 WIB)
          Permalink

          Iya emang bener Sob, mungkin mentang2 mereka skrg lg posisi nyaman, sombongnya tingkat dewa, boro2 respect pada yg lagi kesusahan hari gini malah ngebuly.. silahkan lakukan sepuasnya kalian Bos biar kalian bahagia.. Silahkan tertawa lepas selebar mulut lu pade.. mumpung kalian masih kaya ngak kayak gw.. tp lihat nanti apa kalian masih bisa begitu jika suatu waktu kalian ngalamin yg gw rasakan…

          4
          8
      • 9 Juli 2021 - (17:13 WIB)
        Permalink

        wah orang suci nih.. sptnya seumur hidup ngak pernah ngutang ya pa? ngak pernah munafik lg.. mahluk sempurna rupanya.. salam hormat deh dari Sy…

        1
        4
    • 8 Juli 2021 - (21:58 WIB)
      Permalink

      Iya bener sih ,aku kepikiran gitu juga itu bank nya secara gak lgsg masih ngasih kesempatan gitu selama 14 tahun sisa hutangnya gak “ditagih” ,sorry bukan bela bank nya tapi yah gimana

    • 9 Juli 2021 - (06:45 WIB)
      Permalink

      sebaik hati kamu yah..๐Ÿ˜ asal tau aja udah 17th rumah dan nomer hp ku masih tetep ngak pernah ganti…

      • 9 Juli 2021 - (09:29 WIB)
        Permalink

        Ibu saya lucu baca beritanya ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… ibu utang udh 14th knp ga dteng k bank nya buat bayar bu?? Knp harus bank nya yg nyamperin ibu, ibu kan yg punya utang, klo ibu ngerasa bertanggung jawab d selesaikan utangnya bukan nunggu2 bank nagih ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… D biarin 14 th keenakan ya bu? Sekalinya mau d ambil hak bank nya, ibu koar2. Lucuuuu

  • 8 Juli 2021 - (12:08 WIB)
    Permalink

    Apa sebelumnya memang tagihan dari tahun 2007 masih belum lunas ?
    Kalau belum / gagal bayar , ini sudah 14 tahun.
    Ikhlaskan saja percuma gak bakalan dikembalikan ,
    Toh kewajiban harus dibayar kan , apalagi 14 tahun.
    Kalau belum lunas , minimal berkurang hutangnya setelah dipotong tabungan yang dihold tersebut.

    7
    1
    • 9 Juli 2021 - (05:02 WIB)
      Permalink

      Turut prihatin mbak. Saya mengalami hal yg sama thn 2018. Saya telp ternyata debt coll ๐Ÿ˜ค saya bilang itu uang kuliah anak saya, coba kalau itu uang buat pengobatan, menjadi fatal (meninggal) dan itu terjadi pada anda !! Saya lalu kirim surat ke bank dgn catatan akan mengambil jalur hukum/polisi jika saldo tdk dikembalikan. Akhirnya saldo dikembalikan, saya tarik dananya, sisakan semampunya, dan tutup rekening, keluar dari nasabah bank yg sebelumnya saya percaya selama puluhan tahun. Kasihan bank nya tercoreng oleh ulah debt coll yg berseragam bank. Modus ini mirip pengambilan paksa motor krn telat/gagal bayar. ๐Ÿ˜ 

      2
      2
      • 9 Juli 2021 - (08:29 WIB)
        Permalink

        iya benar banget begitu Mas..๐Ÿ˜ข semoga tak ada lg yg mengalami spt Sy, Terima kasih banyak ya Mas udah mau ngerti keadaan Sy.. semoga kebaikan Mas dibalas oleh Alloh SWT.

  • 8 Juli 2021 - (13:16 WIB)
    Permalink

    Buset 14 tahun hutang ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Trus masih ngomongin soal punya hati atau ga
    Dunia emang udah terbalik

    13
    • 9 Juli 2021 - (08:41 WIB)
      Permalink

      loe kali yg kebalik.. silahkan ketawa selebar mulut loe.. selagi loe masih bisa ketawa.. jgn lupa dunia berputar Bro…

  • 8 Juli 2021 - (13:23 WIB)
    Permalink

    setahu saya semua bank seperti ini… tidak hanya bank mandiri saja… jika ada utang di kartu kredit, dan ada uang di tabungannya akan di hold buat kartu kredit kalau sudah nunggak.
    makanya ada salah satu pembaca yang pernah buat comment kalo mau buat kartu kredit di bank jgn buat rekening di bank tersebut.
    kalau memang tidak ada tagihan dari tahun 2007, sudah dimatikan tidak kartu kreditnya? cara tahu sudah matikan atau belum ada surat tertulis dari bank bahwa kartu kredit sudah dimatikan. kalau tidak ada surat tersebut sebetulnya ibu tidak pakai kartu kredit saja belum matikan. pasti ada iuran tahunan yang ditagih…

    • 9 Juli 2021 - (08:48 WIB)
      Permalink

      selama 17th rumahku masih tetep sesuai KTP sampai skrg jg No hp ku, hellooo…???

    • 9 Juli 2021 - (10:49 WIB)
      Permalink

      Kalo memang betul ada hutang, ya mau diapain lg ? Namanya jg hutang, suatu saat musti dibayar. Pada kasus anda, 14 thn kemudian. Coba diingat ingat lg jumlah hutangnya brp, kalo lebih besar drpd dana yg hilang, anggap aja anda masih untung. Sekalian cek hutang dr cc lain, jangan sampai dana di bank lain jg “hilang”

    • 9 Juli 2021 - (11:16 WIB)
      Permalink

      Bu.. saya mengalami hal yang sama.. saya juga dana tabungan di rekening mandiri saya juga di hold oleh pihak bank mandiri secara sepihak.. dengan alasan dana nya di hold karena masi ada tunggakan kartu kredit.. sabar ya bu.. saya juga merasakan hal yang sama.. ekonomi sedang sulit ditambah hal seperti ini juga..

      2
      1
  • 8 Juli 2021 - (15:53 WIB)
    Permalink

    mau konfirmasi gimana?
    masa bank nya telpon ibu,

    “bu setelah ini kita akan hold dana ibu ya, jadi 0 ya, tapi jangan ditarik dulu lho bu sebelum kita hold, boleh ya bu ya?”

    anda kira2 jawab apa coba

    13
    • 9 Juli 2021 - (08:54 WIB)
      Permalink

      ya boleh dong asalkan kau bahagia.. lakukan saja sesuka hatimu toh hanya kau kan yg punya kuasa penuh???

  • 8 Juli 2021 - (18:44 WIB)
    Permalink

    ga bisa telpon doang, apalagi email …. siapin mental ama duit trus datengin cabang terdekat, kalo tagihan Anda masih kurang ya biar ga dikira tidak diajari tanggung jawab ama yg bully anda di kolom komentar ini… bayar aja, trus kalo trauma di hold tutup rekening anda dan buka rekening2 baru di bank lain

    7
    1
    • 9 Juli 2021 - (08:59 WIB)
      Permalink

      Trims ya Mas sarannya.. soal yg ngebully ya biarin aja kagak ngaruh.. toh mereka jg belum tentu orang bener Sy berani taruhan untuk itu…

      1
      5
  • 9 Juli 2021 - (00:39 WIB)
    Permalink

    Mungkin dulu pernah dikonfirmasi lewat DC (14 tahun gitu loh).
    Pernah juga sih terjadi pada teman kantor saya. Transferan gaji langsung nol.
    Relakan saja, itu juga bukan hak mu lagi.

    1
    1
  • 9 Juli 2021 - (13:34 WIB)
    Permalink

    Terkait postingan Sy disini tentang hold Rek. Tabungan Mandiri Sy, alhamdulillah hari ini sudah bisa diselesaikan dg baik oleh pihak Bank Mandiri dan hold atas Rek. Tabungan Sy udah dibuka lg sehingga Rek. Tabungan Mandiri Sy sudah bisa dipergunakan lg seperti biasanya, Sy ucapkan Terimakasih pada pihak Bank Mandiri dan stafnya, jg pihak Media Konsumen yg telah memfasilitasi kami, serta ternyata banyak orang2 baik disini yg sudah mendukung sy dan sudi memahami keadaan Sy sekarang, Semoga Alloh SWT yg membalas semua kebaikan anda semuanya, sekali lg Sy ucapkan banyak terimakasih.

    2
    2
    • 1 Agustus 2021 - (12:28 WIB)
      Permalink

      Saya mengalami permasalahan yang serupa. Bisa tolong bantu bagaimana solusi dari bank mandiri?

  • 10 Juli 2021 - (00:56 WIB)
    Permalink

    Jadi begini, bank itu meminjamkan uang misal lewat kartu kredit, sifatnya adalah bisnis. Beda sama kita minjemin temen yg sedang membutuhkan. Setiap kita pakai CC, Amex misal, ada charge sekitar 3% dari total transaksi yg sebagian masuk sebagai keuntungan bank. Kalau mau untung ga ada yang free risk. Risikonya ya gagal bayar nasabah. Itu udah dikalkulasi dan disediakan alokasi dana bad debt ini untuk setiap periode. Utang CC yg udah 14 tahun itu udah dianggap lunas dan dibayar dari dana alokasi bad debt tadi. Jadi nggak masuk akal kalau diminta bayar apalagi dengan cara seperti itu. Saran saya laporkan ke pihak berwenang dengan didampingi RT setempat.

    • 10 Juli 2021 - (09:24 WIB)
      Permalink

      iya benar banget Mas.. Terimakasih banyak atas dukungan dan sarannya ya Mas…

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mandiri?

Ada 35 komentar sampai saat ini..

Saldo Rekening Tabungan Mandiri Saya Tiba-tiba Nol, Tanpa Ada Konfirmaโ€ฆ

oleh Anne Verena dibaca dalam: 1 menit
35