Masalah Jumlah Produk yang Tidak Sesuai Deskripsi di Tokopedia

Hari Sabtu tanggal 09 Juli 2021 pukul 11:24, saya melakukan pembelian produk Nestle Bear Brand di toko Bells Allshop di Tokopedia. Nomor pesanan : INV/20210709/MPL/1393628889. Pembelian ini saya lakukan bantu teman yang sedang cari susu Bear Brand dan pesanan juga langsung saya kirim pakai sameday Gojek ke alamat rumah teman saya yang membutuhkan produknya. Saya pakai kurir Gojek, karena dari penjual hanya mau proses pesanan jika menggunakan kurir Gojek atau Grab.

Sebelum melakukan transaksi, saya cek riwayat penjualan (ada penjualan) dan deskripsi produk. Di deskripsi produk tertera 1 dus isi 30 kaleng. Saat produk terkirim dan diterima teman saya, teman saya komplain kok cuma 24 kaleng, katanya 30 kaleng harga yang dibayar.

Saat saya lakukan komplain melalui Tokopedia, penjual hanya menjawab SALAH DESKRIPSI. Tentu saya tidak terima dan minta kurangnya 6 kaleng dikirim lagi atau dana dikembalikan sebagian senilai harga 6 kaleng. Penjual tetap tidak mau mengirimkan 6 kaleng kurangnya atau mengembalikan sebagian dana saya. Penjual hanya menyarankan refund atau pengembalian produk.

Saya balas chat penjual bahwa saya bisa lakukan refund produk, jika penjual sudah mengirimkan ongkos kirim pengembalian produk menggunakan Gojek atau Grab, ditambah penggantian ongkos kirim yang sudah saya keluarkan sebesar Rp25.000. Sebab harga yang saya bayar di Tokopedia itu termasuk ongkos kirim, bukan hanya harga barang.

Jelas-jelas saya tidak mau ditipu dua kali oleh penjual, pertama dibohongi oleh deskripsi produk, kedua saya tidak jadi beli (kalau produk saya kembalikan), tapi harus menganggung biaya kirim dan biaya pengembalian produk.

Melalui surat ini saya minta Tokopedia membantu masalah ini, karena ini jelas kesalahan dari penjual, tapi kenapa pembeli yang harus dirugikan? Jika deskripsi yang salah, penjual harus berani bertanggung jawab.

Regards.

Enjum Jumhemi
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:9    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

16 komentar untuk “Masalah Jumlah Produk yang Tidak Sesuai Deskripsi di Tokopedia

  • 10 Juli 2021 - (11:15 WIB)
    Permalink

    Buka aja komplain di Pusat Resolusi, ntr kl penjual minta retur barang ya minta dia yang tanggung ongkir balik. Bisa kok karena saya beberapa kali kasus seperti itu di Tokopedia. Penjual yang bayar ongkir retur pasti

    4
    1
    • 10 Juli 2021 - (11:54 WIB)
      Permalink

      Sudah komplaint di pusat resolusi tokopedia. Jwban penjual di diskusi cuma bilang SALAH DESKRIPSI. Saya pun pernah mengalami beberapa hal seperti ini sebelumnya di tokopedia, blibli & shopee, tapi penjualnya bertanggung jawab, inisiatif & meminta masf. Yg ini yg lain dari yg pernah saya alami

      2
      2
      • 10 Juli 2021 - (23:48 WIB)
        Permalink

        Kalau sudah masuk pusat resolusi, kenapa harus ke media konsumen? Di pusat resolusi dibuktikan saja penjual yang salah. Kalau tidak ada sepakat dengan penjual, nanti kan ada admin Toped yang memutuskan. Tinggal diretur atau refund. Pembelinya coba baca-baca lagi ketentuan pusat resolusi.

      • 12 Juli 2021 - (09:24 WIB)
        Permalink

        penjual tak bisa beralasan salah deskripsi, karena saat order terdaftar di Toped, jika kita klik status order kita, akan tertulis kondisi deskripsi saat kita order. Jadi, walaupun penjual memperbarui deskripsi setelahnya, tak akan berpengaruh dengan status deskripsi saat order berhasil. Nah, itulah bukti terkuat agan.

  • 10 Juli 2021 - (11:47 WIB)
    Permalink

    Ini penjual yang engga pinter nulis dan yang sedang menggunakan kesempatan hype-nya bear brand.

    Jangan mau beli sama penjual yg tidak amanah seperti itu dan tugasnya Tokopedia untuk blokir dia. Kasih bintang 1 aja.

  • 10 Juli 2021 - (12:12 WIB)
    Permalink

    Hahaha salah deskripsi.
    itu salah penjual, dan bukan jawaban dan alasan, anda bisa menang di pusat resolusi. asal lengkap dan jangan mau membayar ongkir itu buka masalah anda.

    3
    1
  • 10 Juli 2021 - (16:06 WIB)
    Permalink

    kmrn baru sy alami. ajukan komplain. memang ongkos retur kita yg tanggung tp nnt diganti koq masuk saldo toped. tp tergantung keputusan admin toped jg

    2
    1
  • 10 Juli 2021 - (18:09 WIB)
    Permalink

    Maaf memang setau saya bear brand White tea/Pack isi 24kaleng untuk yang polos isi 30kaleng/Pack,penjual disini salah memberikan keterangan jadi menurut saya tidak perlu dibesar2xkan selama masih sesuai harga

    5
    2
    • 10 Juli 2021 - (22:24 WIB)
      Permalink

      Ada namanya tanggung jawab penjual karena ibarat kontrak, jika sudah terjadi transaksi, maka jika ada pelanggaran dari salah satu pihak berarti kontrak void dan/atau ada kompensasi.
      Bagaimana kalau anda beli emas antam 100 gram lalu yg datang 10 gram namun anda bayar seharga 100 gram. Kemudian penjual tinggal beralasan, maaf salah deskripsi, ketiknya kebanyakan nolnya. Anda bisa terima?

      2
      3
  • 10 Juli 2021 - (18:33 WIB)
    Permalink

    Jadi lebih mahal harga nya sebab kalau isi ny 24 kaleng itu harga nya di atas 12 rb / kaleng untuk ukuran 140 ml. Saya & kakak saya jual di warung ( saya di tenjo jual 12.500 / kaleng untuk yg ukuran 189 ml, kakak saya di Rangkas Bitung, jual 12.000 / kaleng untuk ukuran 189 ml ).

    Untuk ukuran 140 ml saya jual 9.500 / kaleng. Dari tko di toped yg 140 ml hrg jual 249.999, kalau isi 30 kaleng, harga nya 9.850 / kaleng saya it ok, tapi kalau isi nya 24 kaleng, harga per kelangnya jadi 12.300, itu mahal menurut saya ).

    Saya beli di toped buat teman karena teman tinggal nya di daerah tangerang ( sama dengan lokasi penjual & di deskripsi isi 30 kaleng, sehingga harga lebih mahal dikit, ga masalah. Tapi kalau hrgnya jadi 12.300, itu terlalu jauh selisih harga nya & teman yg nitip juga komplain ke saya ).

    Saya ga kirim dari warung saya karena dari tenjo ke tengerang cukup jauh & saat ini kesulitan sebab adanya ppkm darurat ).

    Saya pegawai salah satu perusahaan ternama di Indonesia tapi juga jualan jadi cukup tau kisaran harga beli & harga jual barang2

    4
    3
  • 11 Juli 2021 - (14:30 WIB)
    Permalink

    Baru tahu ya kalau di tokopedia ada toko seperti itu … tokopedia itu hanya e commerce yang hanya bisa membuat suatu aplikasi dan menampung toko toko yang ingin berjualan . Jangan harap bisa mulus terkadang belanja di Tokopedia . Karena Tokopedia sendiri tidak pernah melakukan pengawasan terhadap seller seller yang mungkin bisa membuat masalah kepada calon buyer . Apalagi jangan bisa harapkan kualitas semua produk yang di jual dari seller bisa di awasi satu per satu kualitas barang yang dijual . Belum ada e commerce di Indonesia yang bisa melindungi konsumen , malah terkadang dari pengalaman saya pribadi pernah belanja di tokopedia kalau memang ada barang yang kurang atau kondisi barang yang di pesan semua ongkir malah di tanggung oleh pembeli , inilah ketidak adilan dari Tokopedia . Dan malah kalau kita menanyakan ke Tokopedia alamat seller akan di protek oleh Tokopedia . Kalau kita ada masalah pun dengan seller kadang tanggapan Tokopedia santai dan menyelesaikan ber hari hari . Semakin besar nama Tokopedia tidak membuat suatu kualitas menjadi baik dalam pelayanan . Jadi selamat mencoba sendiri belanja di tokopedia sangat untung untungan bisa belanja dari seller yang dalam kata semoga jauh dan di jauhkan dari seller yang brengsek dan curang . Dan Tokopedia pun tidak pernah menindak seller yang brengsek . Jadi kalau masih bisa belanja offline lebih baik belanj offline atau toko langganan . Sebetul nya ada kata nilai haram kalau jual barang tidak layak dan jujur dari seller brengsek , nama nya orang mau jualan pasti ada saja yang brengsek dan culas

  • 12 Juli 2021 - (09:54 WIB)
    Permalink

    Terima Kasih atas pendapat, saran & masukannya. Setelah komplaint di pusat resolusi toped & di muat di media konsumen, Allhamdulillah dari pihak tokopedia sudah menghubungi saya by phone & mengatakan dana saya akan di kembalikan senilai 6 X harga / kaleng walau pun pihak penjual tetap tidak menyetujui nya. Sebab berdasarkan penilaian tokopedia, pembeli membeli product berdasarkan deskripsi product & harga yg tercantum, walau penjual tetap berasalan itu hanya SALAH DESKRIPSI.

    Terima kasih saya ucapkan ke media konsumen yg sudah memuat surat saya sehingga keputusan dari tokopedia lebih cepat keluar.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Masalah Jumlah Produk yang Tidak Sesuai Deskripsi di Tokopedia

oleh Enjum Jumhemi dibaca dalam: 1 menit
16