Susahnya Pasang Indihome, Kata Teknisi Karena ODP Terdekat Penuh Ada Biaya Tambahan Kabel

Kepada Yth PT. Telkom Indonesia (indihome)

Tanggal 17 Juli 2021 saya mengajukan pendaftaran pemasangan internet Indihome via sales indihome di sekitar perumahan saya. Tanggal 20 Juli 2021 saya menerima email bahwa Permintaan layanan IndiHome saya dengan nomor MYIR-10346890590001 sedang dalam proses penyiapan jaringan.

Tanggal 21 Juli 2021 pagi hari saya mendapat telepon dari teknisi indihome bahwa hari ini dia akan bertugas memasang indihome, tapi sebelumnya dia akan mencari ODP internet dulu. Sekitar sore hari pukul 16.24 teknisi indihome yang tadi kembali menelpon bahwa ternyata ODP di sekitar rumah saya sudah penuh.

Akhirnya saya menghubungi sales Indihome untuk meminta solusinya. info dari sales tersebut bahwa ternyata masih ada ODP yang kosong, tetapi letaknya sangat jauh dari lokasi rumah saya sehingga nanti akan dikenakan biaya tambahan. Akhirnya karena tidak puas dengan jawaban sales tersebut saya menghubungi call center indihone 147 pada tanggal 22 juli 2021 dengan no tiket: IN 104772852.

Info dari call center nanti akan ditindaklanjuti ke pusat. Namun sampai dengan tanggal 28 Juli 2021 saya belum mendapat konfirmasi apa-apa dan Indihome pun belum dipasang. Akhirnya saya kembali menghubungi call center 147: no tiket IN 105341876, dan sama saja diminta untuk menunggu konfirmasi selanjutnya.

Kepada PT Telkom, mohon ditindaklanjuti permasalahan saya ini, terima kasih.

Anastasia Alfrenia
Bekasi Utara, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pasang Baru IndiHome:
[Total:27    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Telkom untuk Ibu Anastasia Alfrenia

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Ibu Anastasia Alfrenia pada tanggal 28...
Baca Selengkapnya

17 komentar untuk “Susahnya Pasang Indihome, Kata Teknisi Karena ODP Terdekat Penuh Ada Biaya Tambahan Kabel

  • 29 Juli 2021 - (04:45 WIB)
    Permalink

    budaya lama itu gaya perusahaan BUMN pemerintah gagalnya Revolusi mental di BUMN dan lini anak perusahaanya. Akhlak yang parah.

    1
    1
    • 30 Juli 2021 - (08:41 WIB)
      Permalink

      Coba tanya ke telkom business, 3 tahun yg lalu saya pernah mengalamin susah pasang indihome. Setiap pasang yg reguler selalu gagal.. sekali coba pasang telkom business langsung bisa kepasang, jarak narik kabel 400m. Untuk harga indihome reguler & business beda2 sedikit.. tapi untuk penanganan ganggung telkom business lebih baik dari reguler.. pagi lapor gangguan siang udh ada teknisi dateng cek kerumah

  • 29 Juli 2021 - (12:39 WIB)
    Permalink

    Kalau masalah seperti ini solusinya ada tapi susah dicari… Yaitu mencari beberapa orang yg ingin pasang indihome di dekat rumah kita.

    • 29 Juli 2021 - (21:11 WIB)
      Permalink

      Permasalahan yang bapak alami sama dengan saya..saya daftar pasnag tgl 24 juli 2021.tgl 25 juli 2021 teknisi datang ke rumah,setelah di cek alasanya odp penuh.teknisi bilang kalau maksa di pasang resikonya besar,bisa di pecat katanya dengan nada seolah2 saya harus mengeluarkan uang .saya complain ke 147 ,complain diterima tetapi tidak ada pemberitahuan kelanjutanya.saya daftar langsung ke telkom pakai nama istri,infonya dari data siatem ada yg kosong dekat rumah…masa kita pasang indihome aja harus NYOGOK.

  • 29 Juli 2021 - (12:41 WIB)
    Permalink

    Rata-rata begitu..saya aja di gituin..kena bea kabel lbh mahal dr pasaran..itu akal-akalan teknisi..semua org lapantan begitu.dulu ganti meteran listrik juga, kata 123 jgn ksh uang apapun, kenyataan lapangan beda. Teknisinya blg semua sudah beres skrg tinggal uang kopinya saja..kebiasaan org indonesia gak bisa hilang

  • 29 Juli 2021 - (13:27 WIB)
    Permalink

    percaya saya, kalo mau cepet kepasang dan butuh cepat, suruh datang aja mereka wkwkwkwkw. Tanya minta tambah berapa biayanya buat tambah kabel. Saya kemarin kena 200 ribu ( awalnya malah minta 500 ribu) ntah bener apa ngga dan ga ada notanya juga jadi yah sudah lah yang penting beres wkwkwk susah lah kalo ga ada kompetitor ya gini terpaksa pakai indihome… daripada2 pusing mikirin internet ga kepasang-pasang ya ambil aja. Sisa waktu yang ada digunakan buat kerja lagi jadi biar cepet selesai urusannya.

  • 29 Juli 2021 - (13:35 WIB)
    Permalink

    Kasusnya sama seperti saya sudah di survei sampai saya daftar sekitar 4 kali sudah ada teknisi katanya kejauhan padahal tetangga saya depan rumah saya bisa katanya nunggu pasang tihang

  • 29 Juli 2021 - (14:43 WIB)
    Permalink

    Teknisi memang pada umumnya begitu semua, Alasan ODP Penuh lha, kejauhan narik kabel dari ODP, sampe ditawarin beli kabel untuk slot 1/2, minta 900ribu nego akhirnya 400ribu. Saya pernah teknisi yang pasang minta uang buat kasih ke temennya untuk yang troubleshooting, tapi giliran jaringan putus, teknisi yang troubleshoot malah marah-marah, uangnya dimakan temennya, tapi marahnya ke customer. Jadi setiap modem saya DC dia dateng marah-marah. Lapor sama CS berikut kronologinya. Percuma ngga ada perubahan. Masalah mental sulit berubah. Alhamdulillah ditahun 2021 saya sudah berhenti berlangganan.

    • 29 Juli 2021 - (16:03 WIB)
      Permalink

      kalo disini ada bi*net saya pake itu aja. sayangnya cuma ada indihome. ya sudah lah daripada ga ada samasekali. Kebutuhan internet penting apalagi disaat pandemi seperti ini

  • 29 Juli 2021 - (19:39 WIB)
    Permalink

    Saya malah dari taun 2008 dari jamannya speedy sampai sekarang belum berhasil padahal masih area Jabodetabek.. Waktu speedy di minta 1.5j, skrg selalu info odp penuh, setiap ada odp bahkan rumah yg baru dibangun bisa pasang hahah.. Giliran saya zong

  • 29 Juli 2021 - (22:38 WIB)
    Permalink

    Udeh nunggu PLN ngeluarin produk internet aja, biar nyaho tuh telkom. Berasa gda kompetitor pdhal kompetitor udh mulai muncul. PLN udh punya jaringan sndiri lagi, lebih bnyak pula dari telkom, modyar modyar dah

  • 30 Juli 2021 - (02:03 WIB)
    Permalink

    Bayar aja kabel tambahannya, paling brp duit aja, yg penting wifi on..
    itung2 amal.. gitu aja kok repot..

  • 30 Juli 2021 - (04:40 WIB)
    Permalink

    Tidak semua teknisi sprti itu,di banjarmasin teknisi y baik kerja y.mungkin tergantung atasan yg ga bs mengawasi & menindak oknum teknisi nakal.sudah sifat manusia memanfaatkan kesempatan mumpung ga ada saingan provider lain.

  • 30 Juli 2021 - (04:44 WIB)
    Permalink

    Tidak semua teknisi sprti itu.contoh di banjarmasin,teknisi y baik2.soal y teknisi yg nakal di pecat.

  • 30 Juli 2021 - (11:40 WIB)
    Permalink

    Jgn percaya itu biasa alasan teknisinya minta tambahan uang. Kalau ada tambahan pembayaranpun gak boleh tunai tp nambah di tagihan. Bilang kalau ada penambahan saya konfirmasi ke 147 dulu gituin aja. Saya pasang kabel sampai 200m pun free. Tapi kalau udah ada jaringan provider lain kayak bizn*t memding yg itu aja lbh stabil mahal dikit speed jg lbh cepat

  • 30 Juli 2021 - (13:26 WIB)
    Permalink

    Nah ini case nya mirip kaya case saya, yang saya tulis di media konsumen juga, Odp terdekat penuh ada yang kosong cuma jauh,Cuma klo saya teknisinya ga minta uang tambahan, yang saya binggung itu 1 gang di perumahan saya rumah lebih dari 15 rumah tapi cuma ada 1 odp pake spliter 1:8 harus nya kan seengganya pake spliter 2:16 buat 1 gang, Lebih aneh nya lagi saya coba tanya ke 147 mengenai perkiraan harga kabel kalo lebih dari 100-150 meter itu bisa 8-10 Rb per meter sedangkan kabel drop fiber aja ga nyampe 8 rb per meter.

  • 30 Juli 2021 - (13:42 WIB)
    Permalink

    Sepertinya memang tergantung operator dan wilayah. Saya di Pekanbaru, Riau. Alhamdulillah saya masang indihome aman, karena mungkin dapat petugas yang berintegritas. ODP reguler di dekat rumah saya penuh semua sampai 1 KM terdekat. Ditawarin Indihome Business, karena ada yang kosong tapi harus narik kabel sekitar 400 meter. Kata petugas nya 100 atau 200 meter pertama gratis, kalau lebih nanti bisa dimasukkan sekalian ketika pembayaran deposit atau ke billing bulan berikutnya. Saya okein aja bayar sama deposit di depan harganya juga gak beda ama yang reguler. Saya bayar diawal cuma uang deposit saja + uang tarik kabel itupun langsung ke rekening Indihome.

    Btw, untuk Indihome Business nya eskalasi permasalahan jauh lebih cepat dari pelanggan reguler. Bahkan pernah waktu itu saya internetan lancar saja, tiba2 operator datang. Katanya terdeteksi problem di router saya. Setelah itu di perbaiki. Saya saja tidak sadar kalau ada problem. Alhamdulillah belum ada problem sama indihome saya.

 Apa Komentar Anda mengenai Pasang Baru IndiHome?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Susahnya Pasang Indihome, Kata Teknisi Karena ODP Terdekat Penuh Ada B…

oleh Anastasia dibaca dalam: 1 menit
17