Masalah Spare Part Kaca Depan KIA Sonet

Pada tanggal 22 April 2021, tepatnya 2 (dua) minggu setelah serah terima mobil KIA Sonet tipe Dynamic saya, tiba-tiba kaca depannya mengalami keretakan di bagian ujung kiri dekat kap mesin. Saya pun langsung menghubungi sales KIA SILOAM BANDUNG.

Setelah menunggu beberapa minggu kemudian, akhirnya tim investigasi dari KIA PUSAT datang dan memeriksa apa yang sebenarnya terjadi pada kaca depan saya. Diperoleh hasil yang kedengarannya kurang masuk di akal, yaitu ada benturan dari benda kecil yang hanya bisa dilihat menggunakan kaca pembesaran/mikroskop. Sehingga garansi dari KIA PUSAT tidak bisa diklaim.

Meski kecewa dengan penjelasan yang absurd dan agak kurang masuk logika, saya tetap berbesar hati menerima keputusan dari KIA INDONESIA.

Proses berlanjut, akhirnya saya mencoba klaim via asuransi dengan waktu 2 minggu karena harus menunggu STNK asli keluar. Setelah persyaratan masuk dan akhirnya bisa diproses, maka dipesankan lah spare part kaca depan mobil saya dari KIA SILOAM BANDUNG ke Pusatnya di Jakarta.

Yang membuat saya kembali kecewa, sampai dengan saat saya menulis surat pembaca ini, belum ada kabar kejelasan tentang spare part. Saya sudah mencoba menghubungi CS KIA via medsos, tapi satu pun tidak ada yang memberi tanggapan ataupun kejelasan.

Saya berharap adanya feedback yang lebih serius dari KIA INDONESIA tentang spare part kaca depan/atau pun parts yang lain, agar kami sebagai konsumen bisa lebih tenang tentang pelayanan aftersales Kreta Indo Artha/Indomobil (KIA).

Apakah seperti ini komitmen KIA INDONESIA terhadap konsumen Indonesia?

Hendrikus Maturbongs
Bandung, Indonesia

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai KIA Indonesia:
[Total:14    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Masalah Spare Part Kaca Depan KIA Sonet

  • 8 April 2022 - (12:08 WIB)
    Permalink

    Om Hendrikus, apa sparepartnya sudah dapat atau masih belum? kalau sudah dapat, berapa lama baru dapatnya kemaren? saya sangat srek sama ini mobil, tapi ragu dengan after salesnya.

    Saya juga pengguna Kia Sportage, spare part untuk Sportage memang payah, tapi menurut saya karena mobil saya produksi tahun lama (2000). Jadi harapannya, karena Sonet baru, sparepartnya juga tidak susah.

    • 8 April 2022 - (18:54 WIB)
      Permalink

      Hallo om darmansyah,
      Untuk permasalahan spare part kaca ini sudah selesai om.. indent kaca dari kia pusat sekitar 2 bulan dan tercover asuransi, mungkin karena import langsung dari india butuh waktu lama..

      untuk spare part kecil2 yang biasa kita ganti pda saat service di beres aman2 aja om di bandung..
      sampai skrg unit mobil yg saya ambil tidak ada kendala, saya jga berharap dengan adanya pabrik hyundai di cikarang, karena sonet dan creta memakai mesin dan mungkin basis yang sma mdh2an untuk spare part besar indent nya tidak lama dan mudah didapatkan.

      • 29 April 2022 - (11:34 WIB)
        Permalink

        Om, saya jg mengalami masalah spare part yg sama setelah kia seltos saya mengalami kecelakaan. Kemarin anda menghubungi ke jalur KIA mana yah samapai mereka bs merespon utk bantu provide sparepart?
        Any info akan sangat dihargai pak

 Apa Komentar Anda mengenai KIA Indonesia?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Masalah Spare Part Kaca Depan KIA Sonet

oleh Hendrikus dibaca dalam: 1 menit
3