Biaya Perpanjangan Tenor Pinjol BantuSaku Sangat Meresahkan

Saya adalah nasabah fintech pinjaman online BantuSaku yang memiliki utang sebesar Rp1.360.000 di aplikasi tersebut, terdaftar dengan nomor HP 081229938**. Permasalahan saya adalah, saya merasa resah dengan jatuh tempo dan perpanjangan tenor di aplikasi ini, dengan jangka waktu yang terlalu singkat (hanya kisaran 2 minggu) dan (sepertinya) tidak terbatas.

Kronologinya:

Per tanggal 28 Juni 2021 adalah tanggal jatuh tempo tagihan pertama saya yaitu sebesar Rp1.224.000. Karena dana yang belum mencukupi, maka saya memutuskan untuk melakukan perpanjangan tenor dengan biaya Rp360,000. Namun alangkah terkejutnya saya sebab perpanjangan tenor tersebut hanya untuk jangka waktu 14 hari (2 minggu), bukan 1 bulan seperti yang saya perkirakan.

Dalam jangka waktu kurang lebih 2 minggu berikutnya, tepatnya tanggal 12 Juli 2021, karena dana masih belum mencukupi, maka saya kembali memperpanjang. Logikanya, kalau dana saya sudah cukup/sesuai nominal tagihan, tentunya saya tidak akan melakukan perpanjangan lagi kan? Sampai saat tersebut, saya memang belum melakukan komunikasi dengan pihak BantuSaku, karena saya masih berharap bahwa dalam 2 minggu ke depan, tentu saja saya masih bisa mengumpulkan uang yang cukup untuk melakukan pelunasan.

Namun di 2 minggu berikutnya sampai akhir bulan Agustus, ternyata usaha jualan kami di pasar terganjal PPKM. Saya kembali kesulitan untuk melakukan pelunasan, mau tidak mau, maka saya kembali melakukan perpanjangan tenor pada tanggal 27 Juli 2021 dan 11 Agustus 2021, masing-masing sebesar Rp360.000.

Jadi, perpanjangan tenor yang sudah saya lakukan adalah sebanyak 4 kali; SETIAP 2 MINGGU SEKALI = Rp360,000 ATAU setiap 1 bulan sekali = Rp720,000. Totalnya selama 2 bulan sejak akhir Juni sampai pertengahan Agustus, saya sudah menyetorkan dana sebesar Rp1.440.000 ke aplikasi tersebut, HANYA UNTUK PERPANJANGAN TENOR.

Terlepas dari aturan di dalam aplikasi tersebut yang mau tidak mau harus saya sepakati, menurut saya (sebagai orang miskin), jumlah ini cukup fantastis dan mengejutkan. Mengingat jumlah utang saya yang lebih kecil daripada jumlah total perpanjangan tenor yang telah saya setorkan ke BantuSaku. Udah gitu, waktunya singkat (hanya kisaran 2 minggu). Jadi jika selanjutnya selama 2 minggu ke depan lagi, saya belum mempunyai dana yang cukup untuk pelunasan, lantas saya harus terus menerus melakukan perpanjangan tenor?

Per tanggal 26 Agustus 2021, sudah ada tagihan kembali, dan lagi-lagi saya belum mempunyai dana yang cukup untuk melakukan pelunasan. Ya gimana saya mau melunasi, sedangkan waktu jatuh tempo perpanjangan tenornya saja sangat singkat? Duit baru dikumpulin sebentar, sudah ditagih aja lagi (kembali ke poin 4 di atas).

Poin-poin berikutnya yang ingin saya soroti adalah:

  1. Saya sudah mencoba berkomunikasi dengan pihak BantuSaku melalui email, tapi tanggapan dari pihak BantuSaku adalah bahwa saya belum memenuhi persyaratan untuk melakukan restukturisasi. Jadi saya harus memenuhi persyaratan yang bagaimana untuk mendapatkan keringanan/kebijakan/restukturisasi dari aplikasi tersebut?
  2. Apakah tidak ada regulasi baku dari OJK selaku lembaga pengawas untuk fintech legal terdaftar mengenai batas waktu perpanjangan tenor, program restukturisasi dan sebagainya? Sebab saya sebagai masyarakat kecil yang berpenghasilan harian dan hanya cukup untuk makan sehari-hari terutama di kondisi pandemi seperti saat ini, jelas merasa dirugikan.

Susi Ariani S.
Yogyakarta


Update (7 September 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tanggapan dari pihak BantuSaku sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BantuSaku:
[Total:6    Rata-Rata: 1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Biaya Perpanjangan Tenor Pinjol BantuSaku Sangat Meresahkan

  • 26 Agustus 2021 - (11:20 WIB)
    Permalink

    Kejamnya.. Itu namanya bukan BantuSaku.. BantuJugrug.. Udah total perpanjangan sm ajaa dg pokok , namanya bunga 100% dong. Wah lintah darat, enak drpd bisnis penghasilan gk pasti ini tinggal pinjami dpt duit plus modal kembali..

    • 26 Agustus 2021 - (15:17 WIB)
      Permalink

      Saya merasa ketidakmampuan saya untuk membayar justru dimanfaatkan dgn dalih “perpanjang tenor”. Ini bisa dikatakan memeras dgn gaya (berlabel fintech dibawah perijinan OJK).

      • 26 Agustus 2021 - (20:59 WIB)
        Permalink

        Kasihan lihat ibu.jgn tunjukin rasa takutny.lawan/jawab balik.teror itu cma di hp doang bu.jgn byr lgi.ibu udh di peras itu

    • 10 September 2021 - (20:19 WIB)
      Permalink

      Hi ibu saya juga mengalami kejadian yang sama di aplikasi uatas dan bantusaku
      Dimana ditulis pinjaman 45 hari nyata nya 14 hari sudah harus membayar pokok atau perpanjangan hampir setengah pinjaman pokok per 2 minggu..lalu 2 minggu kemudian ditagih kembali utk biaya pelunasan atau perpanjangan lagi

      Mohon bantuan media konsumen

      Terima kasih

  • 26 Agustus 2021 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Rentenir pinjol (online) lebih kejam dari lintah darat. Anda sudah jadi mangsa empuknya, mereka sangat senang dengan perpanjangan tenor, mereka untung besar, utang pokok tetap utuh, malah bisa membengkak jika dikenakan bunga.

    Perpanjangan tenor itu sebuah kekeliruan Anda, seharusnya Anda tidak perlu perpanjangan tenor, cukup dikenakan denda saja. Jika gak salah, aturan Pinjol, jika utang Pinjol macet, jumlah total denda, tidak melebihi dari utang pokok. Meskipun Anda terlambat bayar hingga setahun, jumlah denda tidak lebih besar dari utang.

    Jika Anda terus memperpanjang tenor, utang pokok Anda tetap, malah bisa membengkak jika mereka nambah bunga siluman, Anda bisa bangkrut. Jika gak mampu bayar, biar saja macet, mungkin Anda harus kembalikan 2x lipat, tapi itu lebih murah daripada Anda perpanjang tenor terus menerus.

    Semoga cepat selesai dan jangan berhubungan dengan rentenir online, hidup bisa tragis!

    • 26 Agustus 2021 - (15:19 WIB)
      Permalink

      Saya takut krn diteror terus Pak. Belum tanggal jatuh tempo/baru H-2 sudah ditagih2 terus, satu hari bisa sampai 9 nomor, ada yang baik2 tapi ada juga yang bernada mengancam. Jadi terpaksa saya melakukan perpanjangan terus. Kalau saya biarkan, kemungkinan besar keluarga saya yang diusik. Itu yg saya hindari.

      • 10 September 2021 - (20:22 WIB)
        Permalink

        Sama ibu saya mengalami hal yg sama

        Malah sebelum jatuh tempo tenor 1 data saya sudah di sebar ke kontak foto sewaktu pengajuan di whatsapp mau disebar oleh debtcollector bantu saku

  • 26 Agustus 2021 - (12:06 WIB)
    Permalink

    Tagihan 1,3 juta, udah bayar 1,4 juta, tapi masih belum lunas. 😈

    Btw dana yg ibu terima waktu awal pinjam berapa dan tenornya berapa lama? 🤔

    • 26 Agustus 2021 - (15:21 WIB)
      Permalink

      Iya Pak, dalihnya perpanjangan tenor. Perpanjangan tenor cm 2 minggu, saya baru kumpulin uang sedikit, sudah ditagih aja lagi, gimana mau lunas kalo begitu?

      Dana yang saya terima cuma 1 juta.

      • 26 Agustus 2021 - (15:27 WIB)
        Permalink

        Nah ini juga masalah tenor, tenornya judulnya 45 hari tapi trnyta 30 hari sdh harus kembalikan pokok sekitar 98% dan 15 hari kemudian bunganya atau sekitar 20%. Mencekik sekali. Dan hal tsb baru bisa kita ketahui setelah pengajuan di aplikasi.

  • 26 Agustus 2021 - (13:56 WIB)
    Permalink

    Kalau uang yang anda setor sudah lebih dari pokok pinjaman anda lebih baik tidak usah dibayar, yang penting anda kuat mental dengan teror2nya, blokir semua nomer tidak dikenal.

    • 26 Agustus 2021 - (15:25 WIB)
      Permalink

      Tadinya saya berpikir begitu Pak, tapi kok saya diteror terus krn dalih mereka, jumlah 360,000 itu hanya biaya perpanjang tenor, pokok sama bunganya masih jalan terus. Lama2 bangkrut saya kalo begini, setiap 2 minggu sekali sudah ditagih. Duit baru terkumpul sedikit, udah ditagih trs tanpa ada keringanan. Mengajukan keringanan gak direspon dgn baik. Saya sudah perpanjang 5X, total yang saya setorkan ke aplikasi tsb jadi 1,800,000. Mengerikan. Saya ingin segera lepas tapi tetap saja di aplikasi pokok utang saya tidak berkurang.

      • 26 Agustus 2021 - (17:00 WIB)
        Permalink

        Ga dibayar gpp kok pak. Teror jgn digubris, jgn dibalas jgn dibuka wa. Tlpon jgn diangkat.. aman kok. Saya sendiri buktinya, ga masuk SLIK juga kok kl pinjol ini. Nyante aja, pling rame neror seminggu aja kok

        • 26 Agustus 2021 - (17:07 WIB)
          Permalink

          Iya Pak, saya sudah setor 360,000 per 2 minggu cm utk perpanjang tenor, lama2 bangkrut saya terjerat utang yang gak habis2. Kalau diabaikan, mereka mengancam akan mengakses kontak saya, itu yg saya hindari.

          • 26 Agustus 2021 - (17:34 WIB)
            Permalink

            Bohong itu bu, dy ga bisa akses kontak hp. Cm kontak darurat aja yg pas daftar ficantumkan. Ga ada DC lapangan juga kl pinjol ini. Percaya deh bu, saya buktinya udah setaun. DC kl nagih ancem nya macem2, ngawur tapi. Diancem rek bank diblokir lah dll, aneh. Tp semua kosong… Fokus kerja cari duit bwt mkn, jgn dikasih ke pinjol. Udah lunas pokoknya.

          • 26 Agustus 2021 - (20:44 WIB)
            Permalink

            Resikonya berhubungan dengan
            Rentenir online

        • 26 Agustus 2021 - (17:43 WIB)
          Permalink

          Apa mereka juga hubungin kontak darurat Bapak? Kalo iya berarti keluarga saya yg saya daftarin di kontak darurat pasti bakalan diteror dong Pak? Itu yang saya hindari. Sedangkan saya mau bayar lunas juga bagaimana? Penghasilan bersih tiap minggu rata2 cm 200-250ribu, aturan kalo perpanjang tenornya 1 bulan, itu bisa saya lunasi, dgn estimasi diambil dr penghasilan bersih bulanan saya 1 jutaan, tinggal tambah dikit sdh lunas. Lha ini? Br 2 minggu berjalan, udh ditagih terus, tidak ada pilihan utk cicilan atau apa, sungguh2 pilihannya cuma pelunasan atau perpanjang tenor pdhl perpanjang tenor cm singkat sekali, 2 minggu. Mati saya lama2, bagaimana mau bertahan hidup. Benar2 terjerat.

          • 26 Agustus 2021 - (18:17 WIB)
            Permalink

            Iya, pas tgl jatuh tempo ( belum telat ) itu kontak darurat sudah dihubungi.. intinya ibu, kalau ficuekin yg nagih capek sendiri. Hub kontak darurat juga cm bbrp hri aja, krn ga ada yg respon. Kl direspon smakin mnjadi. Berikan pngertian kpd no kontak darurat, suruh abaikan kl ada yg nagih. Bilang sja data ibu diretas. Kalau ga mau cara itu ya bayar lunas, tapi ga mampu toh ? Jadi terserah ibu, saya kasih saran aja krna saya sudah mengalaminya

  • 3 September 2021 - (14:54 WIB)
    Permalink

    Saya juga punya tagihan di apk ini untuk yg prtama pinjaman saya bisa bayar sblum jatuh tempo.saya pikir dgn tenor 45 hari itu cukup lama ternyata hany 15 hari saja
    Gila ini apk bikin manipulasi yg hebat
    Tenor 45 hari ujungnya cuma 15 hari gede lagi binganya
    Semoga ibu dipermudah rizki dan bisa segera terbebas apk sprti ini.pinjaman kedua saya ini akan jatuh tempo bbrapa hari lagi tapi saya sdng tdk berkwcukupan dana.mau diperpanjang tetapi melihat saran bpk yg berkomentar itu hanya menambah bunga saja
    Y sudah mending galbay saja

    • 10 September 2021 - (21:01 WIB)
      Permalink

      Mohon petunjuk nya mbak saya sedang mengalami di aplikasi uatas juga sama seperti ini

  • 3 September 2021 - (15:20 WIB)
    Permalink

    Wah senasib ya mbak….memang benar2 mengejutkan dan parahnya lagi seperti ter-struktur dengan rapi pdhl diawasi OJK. Oleh krn itu saya mempertanyakan pula ke OJK, sebenarnya regulasi pinjol legal ini bagaimana? Krn kan mereka berada di bawah naungan OJK. Sy sdh mencoba berkomunikasi lagi dgn pihak Bantusaku mbak, kemungkinan ada restukturisasi tp tentunya memakai syarat2. Syarat2 itulah yg sedang sy pelajari spy sy tdk terpeleset dan dipermainkan. Mungkin mbak jg bisa mencoba berkomunikasi ke pihak aplikasi, jika mereka punya hati, pasti akan membantu kita. Semoga mbak berlimpah rejeki ya mbak, terbebas dr utang piutang dgn pinjol2 nakal, keuangan pun lancar dalam menghadapi pandemi ini dgn sabar, lapang, ikhlas dan tetap semangat. Amin. Terima kasih jg atas supportnya…

    • 10 September 2021 - (20:59 WIB)
      Permalink

      Saya juga heran bu mengapa ojk kesan nya tidak mengetahui aplikasi uatas dan bantusaku yg hanya formalitas menulis pinjaman 45 hari nyatanya setelah uang cair harus melunasi 14 kemudian bersama bunga atau perpanjang tenor yg sangat tidak masuk akal utk 2 minggu saja..lalu harus bayar lagi

 Apa Komentar Anda mengenai BantuSaku?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Biaya Perpanjangan Tenor Pinjol BantuSaku Sangat Meresahkan

oleh Susi S dibaca dalam: 2 menit
23