Biaya Perpanjangan Tenor Pinjol BantuSaku Sangat Memberatkan

Saya adalah nasabah pinjol BantuSaku yang memiliki utang sebesar Rp2.448.000 dengan nomor HP: 0821142058**. Saya merasa berat dengan tanggal jatuh tempo dan perpanjangan tenor di aplikasi ini, yang jangka waktunya terlalu singkat (hanya sekitar 2 minggu).

Karena dana yang belum mencukupi untuk melakukan pelunasan, sebagai orang yang bertanggungjawab, saya melakukan perpanjangan dan sudah melakukan perpanjangan 3 kali dengan biaya sekali perpanjangan Rp647.000. Jika ditotalkan, saya sudah menyetorkan dana Rp1.941.000 ke aplikasi tersebut, HANYA UNTUK PERPANJANGAN TENOR.

Alangkah terkejutnya saya, sebab perpanjangan tenor tersebut hanya untuk jangka waktu 14 hari (2 minggu), bukan 1 bulan seperti yang saya perkirakan. Karena itu hanya salah satu pilihan (dikarenakan masih kekurangan dana), mau tidak mau tetap saya lakukan untuk menghindari teror dari pihak aplikasi maupun DC. Termasuk untuk menghindari pihak aplikasi menelpon ke kantor yang bisa memalukan saya dan MEMBUAT SAYA DI-PHK karena memalukan perusahaan.

Jika dihitung, total yang sudah saya setorkan sudah mendekati dengan total utang yang harus saya bayarkan. Padahal karena ini hanya perpanjangan, utang pokok tidak berkurang sama sekali.

Saya sudah mencoba berkomunikasi dengan pihak BantuSaku melalui whatssap, tapi belum ada tanggapan dari pihak BantuSaku.

Apakah tidak ada regulasi baku dari OJK selaku lembaga pengawas untuk fintech legal terdaftar mengenai batas waktu perpanjangan tenor, program restukturisasi dan sebagainya? Dikarenakan kondisi pandemi covid yang sudah berkepanjangan, saya kesusahan untuk mengatur finansial saya, yang merupakan anak perantauan dan memiliki tanggungjawab untuk menyekolahkan adik saya.

Saya bukan tidak mau melunasi hutang tersebut. Saya akan tetap bayar sesuai dengan total yang saya pinjam. Namun saya sangat mengharapkan mendapat keringanan restrukturisasi dari pihak aplikasi atau minimal memberikan keringanan cicilan sebanyak 3-4 kali untuk melunasi hutang tersebut.

Hendri
Gresik, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BantuSaku:
[Total:7    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Biaya Perpanjangan Tenor Pinjol BantuSaku Sangat Memberatkan

    • 9 Oktober 2021 - (11:27 WIB)
      Permalink

      Jangan terkecoh dengan Logo OJK. Jika OJK asli pasti seperti ini.

      1. Total tagihan tidak lebih dari 100% dari pinjaman pokok.

      Misal anda pinjam 1 juta. Itu maksimal bunga 1 juta. Sehingga total yang anda bayarkan maksimal 2 Juta.

      Jika lebih dari itu artinya itu PinjoL iLegaL.

      2. Waktu Tagih tidak lebih dari 90 hari kerja.

      Ketika 90 hari ditagih tagih, anda tetap tidak mampu bayar, nama anda akan di Blacklist di BI Checking. Dan DC akan berhenti menagih. Dengan catatan 90 hari itu nomor hp anda selalu bisa dihubungi.

      Jika belum sampai 90 hari anda sudah tidak tahan ditagih tagih, dan anda sengaja menghilangkan jejak. Bertahun tahun anda menghilang dan baru muncul kembali dan tercium DC. 90 hari kerja itu tidak lagi berlaku karena status hutang anda sudah berpindah tangan ke pihak ketiga yang memakai aturan iLegaL.

      3. Kredit Pakai Agunan (sertifikat tanah, mobil, motor), taruhannya adalah yang di Agunkan itu akan lenyap diambil Bank.

      Jika Kredit Tanpa Agunan (KTA) PinjoL, Kartu Kredit dll, taruhannya adalah Harga diri anda Hilang.

      Konsekuensi itu seharusnya sudah anda pahami diawal berhutang.

      4. PinjoL iLegaL. Itu adalah sesuatu yang iLegaL. Jika salah satu dari kalian melapor ke pihak berwajib, maka laporan anda tidak akan di dengar. Malah anda akan di Nasehati,

      Jika Nasabah yang melapor : “Lah Pak, sudah tahu itu iLegaL kok mau maunya sih Pak pinjam disitu, ya salah sendiri toh pak pak “

      Jika DC yang melapor : DC akan di tangkap dan Kantornya akan di Grebek.

      2
      2
      • 13 Oktober 2021 - (10:03 WIB)
        Permalink

        mantaaaap bang isdebest,!!,,pencerahannya ruaaaaar biasa…ukur2 dulu yg mau pinjam..jgn besar pasak drpd tiang.. klau gk bisa ngukur jgn coba2 pinjam kerentenir.. sebab dan akibat,,

  • 8 Oktober 2021 - (14:43 WIB)
    Permalink

    Coba kasbon Kantor aja mas, atau hutang temen, yang penting itu pinjol di selesain dulu
    Gila itu diperes banget, kalo kamu terusin ga akan ada selesainya
    Dan mereka juga ga akan nanggepin toh kamu bayar ato ga bayar mereka juga untung dari biaya perpanjangan tenor kamu

  • 8 Oktober 2021 - (16:05 WIB)
    Permalink

    Perpanjang an mengalahkan pokok dong kalo sekali lagi… Enaak nich lintah darat online.. Panen truzz..

  • 8 Oktober 2021 - (18:59 WIB)
    Permalink

    Galbay aja. Sampe dpt keringanan. Ini diperas sm pinjol. Jgn mau! Tp klo galbay hrs terima resiko di teror sm dc. Tp drpd byr perpanjangan terus ga ada habisnya, dan dia ga akan ksh keringanan klo gak galbay.

    • 10 Oktober 2021 - (09:48 WIB)
      Permalink

      Terimakasih sarannya mbak, iya nih kalau galbay nggak enaknya di teror terus

  • 8 Oktober 2021 - (20:06 WIB)
    Permalink

    Galbay, gagar bayar gpp. Ini dulu ilegal trus nyoba2 ikutan legal, tapi kelakuan tetap kebawa aroma ilegal. Main ancam dan bunga selangit, tanggal jatuh tempo dimana itu belum telat, dia sudah wa dan sms kontak darurat walau Anda respon baik2. Jangan terusin deh daripada terjerumus makin dalam, teror juga pling cuma 1-2 minggu aja, cuekin aja. Dan yang pasti pinjol ini ga masuk SLIK, buktinya saya udah galbay setahun masih mulus tuh di BI checking. 🤭

    • 10 Oktober 2021 - (09:52 WIB)
      Permalink

      Iya mas,
      Itu mas nya di bantusaku juga mas?
      Saya sih dikasih keringanan cicilan tanpa denda aja sdh syukur mas

    • 10 Oktober 2021 - (09:54 WIB)
      Permalink

      Iya mas,tapi diteror terus bikin nggak nyaman.

      Itu mas nya di bantusaku juga mas?
      Saya sih dikasih keringanan cicilan tanpa denda aja sdh syukur mas

      • 10 Oktober 2021 - (12:42 WIB)
        Permalink

        Iya di bantusaku juga, sama pinjol lain 50an. Galbay semua ,emank niat galbay sih. Balas dendam ceritanya. Gpp kok, cuekin aja dan kondar juga dibilangin kl akun diretas jadi kalau ada yg nagih mohon diabaikan. Yang pasti jangan diterusin mas, sebelum makin terperosok jauh. Kuatkan mental

    • 10 Oktober 2021 - (10:15 WIB)
      Permalink

      Betul. Mending galbay aja klo ada dana bayar klo ga ada tunggu smpe ada. Smpw mrk kasih keringanan. Hadepin aja dc2 itu. Ancem doang sih biasanya. Drpd perpanjangan ga ada habisnya. Dan jgn smpe jual aset demi lunasi pinjol atau galob tulob.

  • 9 Oktober 2021 - (04:50 WIB)
    Permalink

    memang rata2 pinjol kan seperti itu bila kita telat bayar bunga makin tinggi, data kontak kita juga disadap kalo mas kerja terus melakukan pinjol bisa dibilang kesalahan besar mending cari pinjaman resmi ke tempat kerja/kawan dekat.

  • 9 Oktober 2021 - (08:44 WIB)
    Permalink

    Jual sawah atau apa
    Jual tanah kuburan jga bisa
    Rumah bisa jga
    Masih banyk yg bisa di jual
    Buat lunasi pinjol
    Begitu resiko nikah sama rentenir

    1
    1
  • 9 Oktober 2021 - (11:02 WIB)
    Permalink

    Semoga segera dapat terlunasi Pak. Dan untuk semua semoga tidak akan (lagi) berhubungan dengan pinjol apapun itu. Ngeri dengan cara main dan bunga kreditnya.

  • 13 Oktober 2021 - (10:45 WIB)
    Permalink

    Kalau blm punya uang ya jgn diperpanjang tenornya mending tebal muka aja. Kalau biaya tenor kayak gini sih gali lubang semakin dalam dan ujungnya malah gak kebayar. Udah terlanjur ya bayar pokok tambahin dikit aja dan udah jgn bayar lagi. kalau itu ilegal mah nama kita aman2 aja gak bakal masuk checklist

 Apa Komentar Anda mengenai BantuSaku?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Biaya Perpanjangan Tenor Pinjol BantuSaku Sangat Memberatkan

oleh hendri dibaca dalam: 1 menit
19