Rumitnya Syarat Pencairan Bantuan Subsidi Upah (BSU) di Bank BNI

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat surat saya. Langsung saja, istri saya (a.n. Dasiri) mendapatkan notifikasi dana Bansos BSU yang sudah tersalurkan ke rekening baru di Bank BNI dan disuruh datang ke cabang BNI terdekat.

Notifikasi bsu

Lalu saya dan istri saya datang ke BNI terdekat dari rumah, di kantor BNI Serpong di jalan Roda Hias, untuk bertanya terlebih dahulu apa aja syaratnya untuk pencairan BSU. Saat kami datang, ditanya sama security, ada keperluan apa? Lalu saya jelaskan maksud dan tujuan saya. Namun alangkah kagetnya saya, saat tahu bahwa syarat-syarat yang dibutuhkan untuk pencairan BSU:

  1. Harus bawa surat keterangan kerja asli dan fotokopi (ini syarat yang masih wajar).
  2. Harus bawa ID card asli dan fotokopi (masih wajar).
  3. Harus bawa kartu BPJS ketenagakerjaan asli dan fotokopi (ini mulai agak ribet karena kartu BPJS ketenagakerjaan pun berlaku untuk kartu digital).
  4. Hanya bisa dicairkan di cabang BNI terdekat dari perusahaan terdaftar. Ini syarat yang sangat rumit, karena kantor pusat istri saya ada di Sudirman Jakarta, sementara untuk penempatan kerja istri saya di daerah BSD Serpong. Kalau harus ke Sudirman ya jauh juga dan lagi bank BNI masih menerapkan pembatasan antrian di semua cabang, pasti disana pun akan timbul antrean panjang karena yang dapat BSU kan ada banyak.

Saya tidak tahu apakah ini aturan dari BNI pusat atau security itu salah menafsirkan perintah dari atasannya. Kalaupun aturan itu dari BNI pusat, mohon dikaji ulang mengenai aturan terutama yang nomor 4 yang saya sebutkan di atas. Selain untuk menghindari kerumunan juga bikin dana bantuan dari pemerintah cepat sampai ke tangan yang membutuhkan yang kemarin kena dampak PPKM level 3-4 kaya keluarga saya.

Aturan nomor 4 itu menurut saya sangat kaku. Apalagi BNI itu memiliki banyak cabang seluruh Indonesia harusnya bisa dimanfaatkan dan tidak terpusat di satu cabang besar aja. Perintah dari notifikasi BSU pun jelas “Segera datang ke cabang BNI terdekat untuk aktivasi rekening”, bukan datang ke cabang terdekat perusahaan terdaftar

Terimakasih kepada Media Konsumen yang memuat surat saya. ??

Muhammad Supandi / Dasiri
Kab. Tangerang, Banten


Update (18 Oktober 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut oleh pihak  Bank BNI sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Penjelasan BNI Tentang Rumitnya Syarat Pencairan Bantuan Subsidi Upah (BSU) di Bank BNI

Menanggapi surat Bapak Muhammad Supandi / Ibu Dasiri di www.mediakonsumen.com pada tanggal 15 Oktober 2021 berjudul “Rumitnya Syarat Pencairan Bantuan...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai Program Bantuan Subsidi Upah?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Rumitnya Syarat Pencairan Bantuan Subsidi Upah (BSU) di Bank BNI

oleh Dasiri dibaca dalam: 1 menit
50