Transfer dari SeaBank ke Bank Jago Gagal, Saldo Terpotong dan Tidak Kembali

Saya adalah nasabah SeaBank. Pada tanggal 23 Oktober 2021 12:37, saya melakukan transfer dari SeaBank dengan nomor transaksi BC173608376750735405 ke Bank Jago. Namun transaksi dinyatakan gagal (reversal) dan dengan instan telah ditransfer balik (refund) oleh Bank Jago, dengan ID transaksi 9630522 tertanggal 23-10-2021 12:38. Hingga saat tulisan ini dikirimkan pada tanggal 26-10-2021, saldo yang telah terpotong tidak kunjung dikembalikan oleh SeaBank.

Saya telah beberapa kali mencoba menanyakannya via live chat pada aplikasi SeaBank. Namun CS-nya terkesan sangat tidak profesional, dengan selalu memutuskan koneksi chat saat semua bukti transaksi telah dikirimkan. Perlu diketahui bahwa koneksi internet saya dalam keadaan lancar sehingga dapat dipastikan bahwa itu bukan karena masalah koneksi internet, tapi sepertinya memang suatu kesengajaan oleh CS SeaBank.

Saya juga telah mencoba melalui jalur email baik via cs@seabank.co.id maupun customer_care@seabank.co.id yang ternyata juga tidak membantu. CS pada jalur email hanya merespon dengan jawaban template bahwa untuk komplain terkait finansial disarankan via live chat atau menghubungi call center 1500130.

Dengan attitude CS seperti itu, saya yakin bahwa menghubungi call center pun hanya akan membuang biaya pulsa dengan sia-sia. Terkesan sepertinya SeaBank tidak ada itikad baik dengan sengaja mempersulit customernya.

Kepada pihak SeaBank, mohon pertanggungjawabannya untuk berbisnis secara etis dengan tidak merugikan customer. Tolong segera kembalikan uang saya. Bank Jago sebagai bank penerima telah menyatakan reversal dan telah mengeluarkan bukti transfer balik berupa ID transaksi, lalu dengan dasar apa uang saya masih ditahan? Saya rasa alasan masih memerlukan waktu investigasi tidak dapat diterima karena semua bukti sudah sangat jelas.

Segera setelah masalah ini clear, sepertinya sudah saatnya saya berhenti jadi nasabah SeaBank. Bagi masyarakat umum, semoga pengalaman pahit saya dapat diambil hikmahnya.

Sekian dan beribu terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat keluhan saya.

Ahmad Fahmi C.
Kab. Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

21 komentar untuk “Transfer dari SeaBank ke Bank Jago Gagal, Saldo Terpotong dan Tidak Kembali

  • 27 Oktober 2021 - (13:25 WIB)
    Permalink

    Klarifikasi dari saya, bahwa baru saja pada pagi hari ini, tanggal 27-10-2021 uang saya telah dikembalikan oleh Bank Jago. Sepertinya yang mengalami kesalahan teknis adalah Bank Jago dan bukan SeaBank. Untuk itu saya mohon maaf kepada SeaBank atas kesalahpahaman ini, dan kasus saya anggap telah selesai. Terima kasih.

    • 27 Oktober 2021 - (20:09 WIB)
      Permalink

      Jadinya tetap jadi nasabah Seabank tidak? Soalnya saya juga simpan uang cukup besar disana tapi selama ini transfer lancar2 saja.

      • 28 Oktober 2021 - (03:33 WIB)
        Permalink

        Ya tentu saja saya tetap jadi nasabah SeaBank, karena masalah ini ternyata bukan kesalahan SeaBank. Dan memang sebelum timbulnya masalah ini (yang sekali lagi bukan karena kesalahan SeaBank) segala transaksi saya di SeaBank juga selalu lancar.

    • 28 April 2022 - (06:50 WIB)
      Permalink

      Ka saya ini semalem gitu juga dri seabank ke neopluss 8,9jt nyangkut . Dri neo sudah refund ini saya harus menghubungi neo atau gimana ? Soalnya menghubungi cs seabank sama aja yg kata kk sebelumnya koneksi chat tibatiba di akhiri begitu aja ..

  • 27 Oktober 2021 - (15:03 WIB)
    Permalink

    Kalau transfer itu tanggung jawabnya di bank pengirim bukan di penerima.
    Karena bank penerima pasif. Ini biasanya dana nyangkut di pihak ketiga pengelola jaringan antar bank semisal Himbara, Bersama, Prima. Jadi Seabank yang harus proaktif menelusuri aliran dana bukan pada Bank Jago.

    • 28 Oktober 2021 - (03:41 WIB)
      Permalink

      Saya kurang tahu teknisnya, tapi sepertinya dana sebenarnya sudah diterima oleh Bank Jago sebagai bank penerima lalu dinyatakan reversal dan menerbitkan ID transaksi seolah² sudah direfund (transfer balik), tapi faktanya dana belum ditransfer balik, tidak pernah diterima kembali oleh SeaBank dan masih di Bank Jago. Oleh krn itu Bank Jago lalu mengembalikan dana saya dengan transaksi “Correction Reversal”.

  • 28 Oktober 2021 - (07:44 WIB)
    Permalink

    Yah klo udh beres diapus ajh postingan, jd bkin profile seabank jelek, selama ini sya lancar ajh pke seabank

    • 28 Oktober 2021 - (07:58 WIB)
      Permalink

      Surat pembaca yang sudah di-publish sepertinya tidak bisa dihapus atau disunting lagi oleh penulisnya. Mungkin akan lebih baik jika penulis bikin lagi surat klarifikasi sebagai balasan atas surat pembaca ini. Saya bukan nasabah SeaBank, tapi saya pengguna Bank Jago. Bank ini memang tergolong baru dan masih ada beberapa kelemahan, termasuk untuk tarik tunai di jaringan ATM Bersama saja belum sepenuhnya didukung oleh semua bank anggotanya.

    • 28 Oktober 2021 - (08:03 WIB)
      Permalink

      aowkaowkao, diproses gak di proses, kan tetep ada keluhan. ngapain dihapus. lagian ini bukan mediaseabank.
      akkwkakw

    • 28 Oktober 2021 - (10:46 WIB)
      Permalink

      Aturan di mediakonsumen.com ini memang postingan tidak bisa dihapus meski masalah sudah selesai. Mungkin mas Ahmad Fahmi bisa merilis Surat Pembaca lagi berisi apresiasi mengenai penyelesaian masalah, supaya pihak yang terkait dengan komplain dan masyarakat (netizen) ini juga bisa mengikuti ceritanya.

  • 29 Oktober 2021 - (08:38 WIB)
    Permalink

    Setelah masuk ke Media Konsumen baru ada tanggapan, banyak layanan baru bergerak. Payahhh

    • 30 Oktober 2021 - (10:02 WIB)
      Permalink

      ini uang nya nyangkut di pihak bank jago bukan di SEA bank, saya pengguna sea bank juga, kalo saldo di refund pasti balik langsung di aplikasi nya, tapi kalo di refund nya di rekening penerima ya, tungguin aja max 1×24 jam

      • 30 Oktober 2021 - (18:33 WIB)
        Permalink

        Ya betul, kejadiannya memang begitu. Dalam kasus ini uang nyangkut di Bank Jago (bank penerima), bukan SeaBank (bank pengirim).

      • 4 Maret 2022 - (09:36 WIB)
        Permalink

        Saya juga jadi korban.
        Saya transfer ke BRI, tgl 25februari 2022, saldo sudah terpotong tapi dana belum masuk.
        Sudah chat cs, katanya suruh nunggu 1x24jam.
        Setelah 1x24jam, saya lapor lagi, suruh nunggu 5hari.
        Setelah 5hari, saya lapor lagi, katanya sudah terkirim cuma pending di BRI. Setelah telpon cs BRI, katanya suruh laporan ke seabank agar dibuatkan surat bilateral.
        Lha saya malah kyk bola pimpong suruh lapor kesana kemari bolak balik.

        Sampai sekarang tgl 4maret 2020, dana di BRI belum masuk, dana di seabank juga belum balik.
        Saya lihat testimoni di playstore bulan februari banyak banget kasusnya yg sama kayak saya. Transfer udah kepotong, uang belum masuk, komplain cs juga saya kyk ulasan Ts diatas.

  • 2 Desember 2022 - (10:58 WIB)
    Permalink

    Lalu apakah skrng sudah balik, atau terkirim ke penerima kk? Soalnya saya mengalami hal.serupa.

    Di pengrm sudah kepotong dan laporan sukses. Tapi di BCA (penerima), blm masuk juga. Sudah dimutasi sampai hari ke 9. Dan jawaban cs selalu suruh menunggu.

  • 24 Juli 2023 - (21:30 WIB)
    Permalink

    Saya juga kak transfer dari seabank ke mandiri gak masuk (dana reversal) tapi saldo kepotong, apa mungkindana pasti kembali yaa kak 😭😭😭 sudah ke pihak mandiri katanya suruh hubungi CS seabank karna mandiri cuma penerima (pasif)

 Apa Komentar Anda mengenai SeaBank?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Transfer dari SeaBank ke Bank Jago Gagal, Saldo Terpotong dan Tidak Ke…

oleh Ahmad Fahmi dibaca dalam: 1 menit
21