Transfer dari SeaBank ke Bank Jago Gagal, Saldo Terpotong dan Tidak Kembali

Saya adalah nasabah SeaBank. Pada tanggal 23 Oktober 2021 12:37, saya melakukan transfer dari SeaBank dengan nomor transaksi BC173608376750735405 ke Bank Jago. Namun transaksi dinyatakan gagal (reversal) dan dengan instan telah ditransfer balik (refund) oleh Bank Jago, dengan ID transaksi 9630522 tertanggal 23-10-2021 12:38. Hingga saat tulisan ini dikirimkan pada tanggal 26-10-2021, saldo yang telah terpotong tidak kunjung dikembalikan oleh SeaBank.

Saya telah beberapa kali mencoba menanyakannya via live chat pada aplikasi SeaBank. Namun CS-nya terkesan sangat tidak profesional, dengan selalu memutuskan koneksi chat saat semua bukti transaksi telah dikirimkan. Perlu diketahui bahwa koneksi internet saya dalam keadaan lancar sehingga dapat dipastikan bahwa itu bukan karena masalah koneksi internet, tapi sepertinya memang suatu kesengajaan oleh CS SeaBank.

Saya juga telah mencoba melalui jalur email baik via cs@seabank.co.id maupun customer_care@seabank.co.id yang ternyata juga tidak membantu. CS pada jalur email hanya merespon dengan jawaban template bahwa untuk komplain terkait finansial disarankan via live chat atau menghubungi call center 1500130.

Dengan attitude CS seperti itu, saya yakin bahwa menghubungi call center pun hanya akan membuang biaya pulsa dengan sia-sia. Terkesan sepertinya SeaBank tidak ada itikad baik dengan sengaja mempersulit customernya.

Kepada pihak SeaBank, mohon pertanggungjawabannya untuk berbisnis secara etis dengan tidak merugikan customer. Tolong segera kembalikan uang saya. Bank Jago sebagai bank penerima telah menyatakan reversal dan telah mengeluarkan bukti transfer balik berupa ID transaksi, lalu dengan dasar apa uang saya masih ditahan? Saya rasa alasan masih memerlukan waktu investigasi tidak dapat diterima karena semua bukti sudah sangat jelas.

Segera setelah masalah ini clear, sepertinya sudah saatnya saya berhenti jadi nasabah SeaBank. Bagi masyarakat umum, semoga pengalaman pahit saya dapat diambil hikmahnya.

Sekian dan beribu terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat keluhan saya.

Ahmad Fahmi C.
Kab. Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai SeaBank:
[Total:16    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Transfer dari SeaBank ke Bank Jago Gagal, Saldo Terpotong dan Tidak Kembali

  • 27 Oktober 2021 - (13:25 WIB)
    Permalink

    Klarifikasi dari saya, bahwa baru saja pada pagi hari ini, tanggal 27-10-2021 uang saya telah dikembalikan oleh Bank Jago. Sepertinya yang mengalami kesalahan teknis adalah Bank Jago dan bukan SeaBank. Untuk itu saya mohon maaf kepada SeaBank atas kesalahpahaman ini, dan kasus saya anggap telah selesai. Terima kasih.

    • 27 Oktober 2021 - (20:09 WIB)
      Permalink

      Jadinya tetap jadi nasabah Seabank tidak? Soalnya saya juga simpan uang cukup besar disana tapi selama ini transfer lancar2 saja.

      • 28 Oktober 2021 - (03:33 WIB)
        Permalink

        Ya tentu saja saya tetap jadi nasabah SeaBank, karena masalah ini ternyata bukan kesalahan SeaBank. Dan memang sebelum timbulnya masalah ini (yang sekali lagi bukan karena kesalahan SeaBank) segala transaksi saya di SeaBank juga selalu lancar.

  • 27 Oktober 2021 - (15:03 WIB)
    Permalink

    Kalau transfer itu tanggung jawabnya di bank pengirim bukan di penerima.
    Karena bank penerima pasif. Ini biasanya dana nyangkut di pihak ketiga pengelola jaringan antar bank semisal Himbara, Bersama, Prima. Jadi Seabank yang harus proaktif menelusuri aliran dana bukan pada Bank Jago.

    • 28 Oktober 2021 - (03:41 WIB)
      Permalink

      Saya kurang tahu teknisnya, tapi sepertinya dana sebenarnya sudah diterima oleh Bank Jago sebagai bank penerima lalu dinyatakan reversal dan menerbitkan ID transaksi seolah² sudah direfund (transfer balik), tapi faktanya dana belum ditransfer balik, tidak pernah diterima kembali oleh SeaBank dan masih di Bank Jago. Oleh krn itu Bank Jago lalu mengembalikan dana saya dengan transaksi “Correction Reversal”.

  • 28 Oktober 2021 - (07:44 WIB)
    Permalink

    Yah klo udh beres diapus ajh postingan, jd bkin profile seabank jelek, selama ini sya lancar ajh pke seabank

    • 28 Oktober 2021 - (07:58 WIB)
      Permalink

      Surat pembaca yang sudah di-publish sepertinya tidak bisa dihapus atau disunting lagi oleh penulisnya. Mungkin akan lebih baik jika penulis bikin lagi surat klarifikasi sebagai balasan atas surat pembaca ini. Saya bukan nasabah SeaBank, tapi saya pengguna Bank Jago. Bank ini memang tergolong baru dan masih ada beberapa kelemahan, termasuk untuk tarik tunai di jaringan ATM Bersama saja belum sepenuhnya didukung oleh semua bank anggotanya.

    • 28 Oktober 2021 - (08:03 WIB)
      Permalink

      aowkaowkao, diproses gak di proses, kan tetep ada keluhan. ngapain dihapus. lagian ini bukan mediaseabank.
      akkwkakw

    • 28 Oktober 2021 - (10:46 WIB)
      Permalink

      Aturan di mediakonsumen.com ini memang postingan tidak bisa dihapus meski masalah sudah selesai. Mungkin mas Ahmad Fahmi bisa merilis Surat Pembaca lagi berisi apresiasi mengenai penyelesaian masalah, supaya pihak yang terkait dengan komplain dan masyarakat (netizen) ini juga bisa mengikuti ceritanya.

  • 29 Oktober 2021 - (08:38 WIB)
    Permalink

    Setelah masuk ke Media Konsumen baru ada tanggapan, banyak layanan baru bergerak. Payahhh

    • 30 Oktober 2021 - (10:02 WIB)
      Permalink

      ini uang nya nyangkut di pihak bank jago bukan di SEA bank, saya pengguna sea bank juga, kalo saldo di refund pasti balik langsung di aplikasi nya, tapi kalo di refund nya di rekening penerima ya, tungguin aja max 1×24 jam

      • 30 Oktober 2021 - (18:33 WIB)
        Permalink

        Ya betul, kejadiannya memang begitu. Dalam kasus ini uang nyangkut di Bank Jago (bank penerima), bukan SeaBank (bank pengirim).

 Apa Komentar Anda mengenai SeaBank?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Transfer dari SeaBank ke Bank Jago Gagal, Saldo Terpotong dan Tidak Ke…

oleh Ahmad Fahmi dibaca dalam: 1 menit
15